aneka teh

Aneka Teh yang Dikenal Baik untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini, ada banyak aneka teh yang beredar dipasaran dengan berbagai jenis maupun merk. Diantaranya, adalah jenis-jenis teh yang konon memiliki manfaat khusus, untuk memelihara kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, jenis teh apa saja yang baik dikonsumsi secara rutin?

Beberapa Negara, masih menempatkan acara minum teh dalam jajaran tradisi tertinggi. Berbeda dengan Indonesia, yang menempatkan minum teh bukan hanya sekedar tradisi dalam strata sosial tertentu atau untuk acara-acara tertentu.

Melainkan menjadi satu kebutuhan, yang juga dapat menghangatkan suasana.

Manfaat daun teh asli memang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Konon, kandungan antioksidannya yang tinggi, kafein, dan polyphenol, membuat macam-macam teh banyak dimanfaatkan sebagai herbal.

Meskipun ada beberapa jenis teh yang beredar dipasaran, namun hanya beberapa yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.

Aneka Teh yang Tinggi Antioksidan

Antioksidan di dalam tanaman teh menjadi incaran banyak orang karena membuat tanaman ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Hanya saja tidak semua jenis teh di pasaran memiliki kandungan baik tersebut. Supaya bisa mendapatkan teh yang seperti ini maka Anda bisa memilih beberapa jenis teh berikut yang kaya antioksidan:

Teh Putih

Dari berbagai jenis aneka teh tinggi antioksidan, bisa dikatakan teh putih ini memiliki kandungan paling tinggi. Teh putih diambil dari pucuk tanaman teh yang masih menggulung dan kemudian melewati proses pengolahan yang pendek.

Bagian luar teh putih terlihat memiliki bulu-bulu halus yang menjadi sumber antioksidan.

Berbeda dengan jenis teh lain yang diambil dari daun yang sudah membuka, dan khususnya teh hitam yang melewati proses fermentasi. Membuat antioksidan di dalamnya tidak setinggi teh putih.

Jika teh hitam dan teh hijau mengalami proses pengeringan atau pemanasan, hal ini tak terjadi pada jenis teh putih. Teh putih lebih cepat kering, meskipun didiamkan begitu saja ditempat yang kering. Jadi, proses pengeringannya hanya perlu diangin-anginkan saja.

Menariknya teh putih ini termasuk dalam jenis teh yang paling mahal. Hal ini tak lepas dari jumlahnya yang sangat terbatas. Bagaimana tidak, para pemetik teh harus bekerja ekstra jeli saat melakukan pemetikan daun teh.

Yakni hanya memetik pucuk tanaman teh dan tentunya hasil panen lebih terbatas dibanding teh jenis lainnya.

Setelah melalui serangkaian tahapan pemetikan dan pengeringan tanpa proses fermentasi. Daun teh putih akan disortir kembali untuk memastikan kualitas yang terbaik yang berlanjut ke proses selanjutnya, yakni dikemas.

Proses yang sangat ‘lembut’ ini membuat kandungan terbaik daun teh, seperti theanin, kathekin, gallic acid, dan polyphenol khusus ECGC, jauh lebih unggul dibandingkan jenis teh lainnya. Tak heran jika teh putih dijuluki sebagai The King of Tea.

Rasa dan aroma dari teh putih sedikit berbeda. Warna kuning keemasan, aromanya harum dengan rasa yang ringan namun ada sisi manisnya.

Meskipun ada banyak jenis teh, teh putih memiliki rasa yang paling ringan dan dari segi manfaat juga lebih tinggi.

Aneka Teh Tinggi Antioksidan Jenis Teh Hijau

Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang juga baik untuk kesehatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan teh dari jenis ini.

Jika selama ini yang banyak diketahui tentang teh hijau adalah untuk melangsingkan tubuh. Ternyata ada manfaat lain yang akan Anda peroleh jika rutin mengkonsumsinya.

Yaitu, Anda tak akan mudah terserang flu karena memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Sebuah penelitian mengemukakan, bahwa dengan mengkonsumsi dua cangkir teh hijau setiap hari, akan mengurangi resiko terserang flu hingga 70%.

Teh Oolong

Berbicara tentang macam-macam teh, tak lengkap rasanya jika tak mengupas tentang teh oolong. Meskipun tak setenar teh hitam ataupun teh hijau, namun di beberapa komunitas pecinta teh.

Jenis teh ini masuk ke dalam jajaran teh terfavorit yang baik untuk kesehatan dan cita rasanya juga memanjakan lidah.

Teh oolong diolah dengan cara yang sama dengan jenis teh hitam, hanya saja dengan proses fermentasi sebagian. Itulah mengapa kandungan polyphenol-nya masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh hitam.

Sehingga, manfaatnya untuk kesehatan jauh lebih unggul, setingkat dibawah teh putih.

Sementara untuk sensasi rasa maupun aroma lebih mirip dengan teh hijau, namun rasa sepatnya lebih ringan. Jika diseduh biasanya warna air nampak kehijauan dan semakin sedap ketika ditambahkan madu.

Hindari penambahan gula untuk memastikan zat baik dan bermanfaat di dalam teh ini hilang atau berkurang.

Secara umum, semua jenis teh memiliki manfaat yang cenderung berbeda-beda untuk kesehatan. Meskipun ada beberapa jenis teh yang memiliki manfaat serupa untuk kesehatan, misalnya teh hijau dengan teh putih.

Keduanya bisa membantu menurunkan berat badan untuk mencegah beragam masalah kesehatan.

Secara umum teh memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, menstabilkan kadar gula dalam darah maupun kolesterol, hingga sebagai anti-aging alami.

Namun, setiap jenisnya memiliki proses pengolahan dan bagian tanaman teh yang diambil berbeda. Hal ini membuat jenis-jenis teh memiliki kandungan berbeda dan mempengaruhi manfaatnya yang ikut berbeda-beda.

Apabila ingin mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan, disarankan mengkonsumsi teh dengan antioksidan tinggi. Pilihannya sudah dijelaskan di atas dan sebaiknya memilih yang kualitasnya tinggi.

Silahkan mempertimbangkan teh premium dari Daun Seduh karena merupakan teh dengan grade I.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: