apa itu teh hijau

Apa Itu Teh Hijau, Ciri-Ciri, & Manfaatnya? Berikut Penjelasannya

Teh hijau merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan menjadi minuman favorit penduduk Indonesia setelah kopi. Budidaya teh hijau juga menjamur di berbagai wilayah tanah air, sehingga pertanyaan mengenai apa itu teh hijau cukup mudah untuk didefinisikan atau dijawab.

Manfaat yang begitu besar dari konsumsi teh hijau secara rutin membuat tanaman ini banyak digunakan untuk pengobatan.

Bahkan beberapa penyakit kardiovaskular bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi teh hijau. Berikut adalah ulasan singkat teh hijau yang penting diketahui.

Mengenal Apa Itu Teh Hijau

Teh hijau adalah sebutan untuk daun teh yang masih berusia muda atau berada di bagian pucuk tanaman teh siap panen.

Biasanya, daun teh hijau digunakan untuk beberapa manfaat penting bagi kesehatan, di antaranya seperti menurunkan berat badan, menghilangkan stres, atau menstabilkan kadar kolesterol.

Teh hijau populer dengan sebutan green tea dan bisa disajikan dalam bentuk minuman hangat ataupun dingin.

Namun, cara penyajian dengan menggunakan air hangat lebih disarankan bila ingin mendapatkan manfaat dari daun teh hijau kering tersebut.

Ciri dan Bentuk Daun Teh Hijau

Disebut daun teh hijau dan dijual dengan harga lebih mahal membuat banyak orang penasaran perbedaan teh hijau dengan teh biasa.

Berikut ini adalah ciri-ciri teh hijau yang bisa dilihat dari khasiat, lokasi tumbuh, bentuk teh hijau, dan juga kandungan zat di dalamnya.

1. Lokasi Tumbuh

Teh hijau memiliki nama latin Camellia sinensis yang bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi serta curah hujan stabil.

Keberhasilan pertumbuhan teh hijau juga harus memerhatikan tingkat kesuburan tanah. Itulah sebabnya, tanaman ini banyak dibudidayakan di kawasan puncak.

Indonesia memiliki beberapa daerah yang memproduksi teh dalam jumlah lumayan. Sebut saja seperti Bandung dan juga Bogor.

2. Tidak Melewati Proses Fermentasi

Setelah dipetik, proses produksi tanaman teh hijau hingga layak dikonsumsi ternyata tanpa melalui fermentasi.

Tahap yang dilakukan hanyalah pelayuan, penggulungan, pengeringan dan penyortiran.

Inilah alasan yang membuat tampilan fisiknya tetap terlihat hijau meski agak pudar karena sudah melewati proses pelayuan dan pengeringan.

3. Kandungan Teh Hijau

Selain polifenol, daun teh hijau kering juga mengandung kafein, vitamin, dan mineral yang berfungsi dalam peningkatan metabolisme tubuh.

Jika membeli produk teh hijau maka bisa mengecek informasi gizi atau keterangan yang tercantum pada label.

Sehingga tidak perlu datang ke laboratorium untuk melakukan pengecekan sendiri.

4. Bentuk Fisik

Bentuk teh hijau sebelum dikeringkan pada umumnya berbentuk eliptis memanjang, berambut halus, pangkal meruncing, serta bergerigi.

Baru setelah dilayukan dan bahkan sudah sampai ke tahap pengeringan maka fisiknya mengalami perubahan.

Apalagi pengolahan teh hijau juga dicacah sehingga nampak seperti serbuk kasar dan bentuk daunnya yang tercacah masih terlihat.

Manfaat Teh Hijau

Setelah mengetahui apa itu teh hijau, tentu penting juga untuk memahami manfaat dari tanaman ini bagi kesehatan.

Pakar kesehatan juga menyarankan teh hijau untuk dikonsumsi secara rutin saat seseorang mengalami gangguan tidur atau semacamnya.

Lalu, apa saja manfaat teh hijau lainnya? Berikut detail informasinya:

  • Teh hijau dapat menjaga sistem kardiovaskular, membuat jantung tetap dalam kondisi stabil karena peningkatan metabolisme. Mengonsumsi teh hijau dengan porsi yang cukup akan menghindarkan Anda dari penyakit serangan jantung.
  • Daun teh hijau kering yang diseduh dengan air hangat dan dikonsumsi tanpa tambahan pemanis mampu mengontrol kadar gula darah. Hal tersebut membuat risiko penyakit diabetes pun bisa dicegah.
  • Kandungan antioksidan dalam daun teh hijau bermanfaat melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Khasiat ini juga berhubungan dengan penurunan tingkat kolesterol jahat dalam aliran darah. Maka dengan mengonsumsi teh hijau, Anda tak perlu takut kolesterol tinggi.
  • Mengkonsumsi teh hijau dengan takaran tepat bisa membantu proses pembakaran lemak. Program diet akan lebih cepat menunjukkan hasil bila dilakukan secara rutin. Oleh sebab itu, banyak wanita yang mengkonsumsi teh ini dalam program diet mereka.
  • Bagi seseorang yang mengalami stres serta gangguan pola tidur, sebaiknya mengonsumsi teh hijau hangat dua jam sebelum beranjak tidur. Meski mengandung kafein, teh hijau ternyata mampu menstimulasi otak dan memberikan efek relaks bagi tubuh.

Itulah beberapa gambaran dan definisi singkat tentang apa itu teh hijau, seperti apa bentuk teh hijau, hingga ciri-ciri teh hijau beserta manfaatnya.

Dengan mengetahui kegunaan teh hijau, diharapkan manfaat tersebut bisa dirasakan untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Tak kalah penting juga adalah memperhatikan bagaimana menyeduh teh hijau tersebut. Supaya kandungan baik di dalamnya tidak rusak dan terserap oleh tubuh. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: