apa itu teh putih

Apa itu Teh Putih? Berikut Informasi Lengkapnya untuk Anda

Jika Anda bertanya apa itu teh putih? Maka bisa dikatakan wajar, karena jenis teh satu ini perlu diakui tidak terlalu populer. Jumlah yang yang mengenalnya pun lebih terbatas kecuali memang suka menelusuri dunia teh.

Teh putih dikenal juga dengan sebutan white tea, jenisnya ternyata beragam disesuaikan dengan tingkat kualitasnya.

Pemanfaatannya juga terus berkembang dan saat ini diketahui dimanfaatkan beberapa rumah sakit untuk membantu program kehamilan beberapa pasangan yang berkonsultasi.

Fakta Menarik Terkait Apa Itu Teh Putih

Selama ini masyarakat luas sepertinya hanya mengenal teh hitam dan teh hijau. Padahal jenis teh tidak hanya terbatas pada dua jenis tersebut melainkan ada lebih banyak.

Negara Jepang dan Cina bahkan memiliki jenis-jenis teh lebih beragam. Nama yang berbeda berasal dari proses pembuatan dan manfaat yang berlainan, sehingga sangat layak untuk diketahui lebih dalam.

Salah satu jenis teh yang sangat tepat untuk dikenal lebih dalam karena unik dan kaya manfaat adalah teh putih alias white tea. Sering juga disebut silver needle untuk jenis teh putih paling bagus dan paling mahal.

Agar lebih mengenal teh satu ini, simak berbagai fakta menariknya di bawah ini:

Asal dan Cara Pembuatan Teh Putih

Pada dasarnya, teh putih berasal dari jenis tanaman yang sama dengan jenis teh yang lain, yaitu Camellia sinensis. Teh jenis ini berasal dari pucuk daun teh yang terkadang mengandung kuncup bunga dan kuncup daun teh yang dikeringkan setelah dipetik langsung.

Intinya teh putih diambil dari hasil panen pucuk tanaman teh yang masih menggulung. Proses pembuatan teh putih cukup unik karena tidak mengalami proses penyangraian ataupun proses oksidasi, sehingga aroma dan rasa teh putih terasa lebih nikmat.

Diduga teh putih berasal Dinasti Song dari Cina di tahun 1279-690 SM. Awalnya teh jenis ini hanya dikonsumsi oleh keluarga kaisar dan diproduksi dalam jumlah terbatas.

Karena kenikmatan rasanya, di tahun 1891 teh putih mulai diekspor dari Cina ke berbagai negara Asia dan Eropa yang memiliki tradisi minum teh. Di sinilah awal mula teh putih mulai populer sebagai minuman yang enak dan alami.

Proses pembuatan teh putih pun terbilang cukup panjang dan lebih rumit dibandingkan dengan jenis teh yang lain. Dalam pembuatan teh putih, daun teh diambil dari daun yang masih kuncup atau yang masih tergulung dan masih terdapat bulu-bulu halus di daun tehnya.

Proses pengeringan daun teh juga langsung dilakukan setelah daun teh dipetik tanpa terkena air dan tidak mengalami proses oksidasi. Proses pengeringan daun teh ini dilakukan selama beberapa hari.

Karena tidak mengalami proses oksidasi, teh putih memiliki cita rasa yang lembut dan memiliki harga yang cukup tinggi.

Memiliki harga yang cukup mahal, daun teh putih kering bisa dibeli dengan kisaran harga Rp1.500.000,- hingga Rp2.000.000,- untuk satu kilogramnya. Berbeda dengan jenis teh lain yang hanya dijual dengan harga Rp25.000,- per kilogramnya.

Meskipun memiliki harga yang mahal, teh putih banyak digemari masyarakat karena cita rasanya yang nikmat dan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari teh putih.

Harga yang mahal juga bisa disebabkan karena ketersediaannya masih terbatas, mengingat hanya pucuk tanaman teh yang masih menguncup yang diambil. Satu perkebunan teh tentu hanya akan menghasilkan panen lebih sedikit dibanding jenis teh lainnya.

Kandungan Nutrisi pada Teh Putih

Jenis teh termahal adalah teh putih, teh putih adalah jenis teh yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan di dalam teh putih terkandung beragam nutrisi yang memberikan khasiat baik untuk tubuh.

Antioksidannya juga paling tinggi karena diambil dari pucuk tanaman teh yang masih menggulung. Bulu-bulu halus di permukaan daun teh inilah yang menjadi bukti kandungan antioksidannya tinggi.

Berdasarkan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, teh putih mengandung ragam senyawa yang bermanfaat untuk tubuh.

Dalam teh putih mengandung antioksidan 100 kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan vitamin C dan 25 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E.

Hal tersebut membuat antioksidan pada teh putih dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, menurunkan berat badan, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain itu, teh putih juga mengandung senyawa flavanoid yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah di pembuluh arteri.

Selain antioksidan dan flavanoid, teh putih juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang masuk, mencegah infeksi, dan menghancurkan beragam mikroorganisme penyebab penyakit.

Jika biasanya teh putih dikonsumsi dengan cara diminum, ternyata teh putih juga dapat digunakan dengan cara dioleskan ke permukaan kulit. Cara ini cukup efektif untuk memperkuat sel kulit dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Teh putih menjadi pilihan menarik untuk hidup lebih sehat, soal rasa pun dijamin menyukainya karena lembut dan aromanya lebih harum. Rasa manis juga akan terasa meski tipis sehingga menjadi jenis teh yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi.

Silahkan mencari teh putih berkualitas dan seduh setiap hari supaya manfaatnya bisa diserap oleh tubuh. Kunjungi Daun Seduh untuk mendapatkan white tea premium kualitas grade I.

Bersama Daun Seduh Anda bisa mendapatkan beragam teh berkualitas, tak hanya teh putih namun juga teh hijau, oolong, dan lain sebagainya.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: