aturan minum teh hijau

Aturan Minum Teh Hijau Menurut Para Pecinta Teh

Tahukah Anda jika ada aturan minum teh hijau secara khusus yang perlu diketahui dan diikuti? Sebab salah satu jenis teh ini memang kaya akan kandungan zat bermanfaat bagi tubuh.

Penting untuk teliti memilih jenis teh hijau yang dibeli sekaligus teliti dalam menyeduhnya. Keliru ketika melakukan penyeduhan dan bahkan salah waktu meminumnya.

Ternyata bisa mempengaruhi khasiat atau manfaat dari teh hijau tersebut.

Meski sedikit ribet tentu tidak akan rugi jika Anda memang menginginkan manfaat lebihnya. Sebab beberapa orang cenderung lebih menginginkan kualitas rasa, sehingga menyeduh sesuka hati tentu tidak menjadi masalah.

Aturan yang Perlu Diperhatikan

Apabila ingin merasakan manfaatnya, maka pahami aturan minumnya dengan baik. Berikut adalah detail informasinya:

1. Pilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas

Pertama-tama, Anda harus memilih teh hijau murni yang dibuat dari daun teh asli supaya bisa mendapatkan manfaat dari minuman ini. Ada banyak sekali produk teh hijau yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih salah satu produk yang menurut Anda paling berkualitas.

Sebaiknya hindari memilih teh hijau yang dibuat dalam kemasan bubuk karena kandungan teh hijau kemasan bubuk tak sebanyak teh hijau yang masih terlihat bentuk daunnya. Meskipun kecil-kecil, karena memang ada proses penggilingan sebelum dikemas.

2. Jangan Menambahkan Apa Pun pada Teh Hijau

Beberapa orang mungkin lebih senang mengkonsumsi teh hijau dengan sedikit gula atau madu. Akan tetapi, jika Anda ingin merasakan khasiat teh hijau, sebaiknya konsumsi teh hijau tanpa campuran apa pun. Penambahan susu atau madu bisa mengurangi manfaat teh hijau itu sendiri.

Meskipun teh hijau memiliki rasa pahit yang tipis dan untuk pemula bisa terasa mengganggu. Tidak perlu dikhawatirkan, karena setelah beberapa hari rutin diminum maka rasa pahit ini tidak akan mengganggu lagi.

3. Minum Teh Hijau Selagi Hangat

Untuk menambah kenikmatan meminum teh hijau, sebaiknya konsumsi teh hijau saat masih hangat.

Wangi daun teh akan lebih tercium ketika teh masih dalam kondisi hangat. Meminumnya selagi hangat adalah aturan minum teh hijau yang disebutkan oleh para pecinta teh.

Selain lebih maksimal aromanya yang menenangkan pikiran, ternyata ketika diseruput dalam kondisi hangat bisa mengurangi rasa pahitnya. Sangat cocok bagi para penikmat teh pemula agar tidak terganggu dengan rasa pahit yang tipis khas teh hijau.

4. Teh Hijau Bisa Diminum 3 – 4 kali sehari

Produk teh hijau yang murni bisa dikonsumsi hingga 3 – 4 kali per hari. Jika dikonsumsi secara rutin, teh hijau bisa bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh.

Setiap harinya, Anda bisa mengkonsumsi 3 hingga 4 gelas teh hijau di sela-sela waktu yang dimiliki. Namun hindari meminumnya di tengah jam makan, sebab teh punya efek mengikat nutrisi.

Bersantap sembari minum teh hijau justru membuat nutrisi dari makanan yang disantap tidak bisa diserap tubuh. Maka untuk meminumnya tunggu antara satu sampai dua jam, baik setelah maupun sebelum makan.

5. Konsumsi Teh Sebagai Penunda Lapar

Jam-jam lapar biasanya mulai dirasakan menjelang makan siang atau makan malam. Pada jam-jam krusial seperti ini, hindari mengkonsumsi cemilan.

Anda bisa mengkonsumsi teh sebagai gantinya. Teh hijau juga sangat efektif untuk menunda lapar, sayangnya belum banyak orang mengetahui fakta ini. Jika dilakukan maka rasa lapar yang sempat dirasakan akan hilang dengan sendirinya.

6. Konsumsi Teh Hijau Sebelum Berolahraga

Supaya olahraga lebih efektif, khususnya untuk Anda yang sedang diet. Sebaiknya konsumsi teh hijau sebelum berolahraga.

Kandungan zat aktif dalam teh hijau mampu membakar lemak lebih baik. Kalori yang terbakar lebih cepat artinya mampu memberikan penurunan  berat badan secara signifikan.

7. Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Khusus bagi Anda yang tidak memiliki masalah dengan asam lambung, Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau sebelum makan.

Ini bisa membuat Anda merasa sedikit kenyang. Jadi, saat makan nanti, Anda bisa sedikit mengurangi porsi makan. Sangat cocok pula dipraktekan oleh siapa saja yang ingin menurunkan nafsu makan karena tengah menjalani diet.

8. Jadikan Kebiasaan

Untuk Anda yang serius menjalankan diet menggunakan teh hijau, konsumsilah teh hijau setiap hari. Jadikanlah kebiasaan untuk memaksimalkan program diet yang dijalankan, sehingga kecil kemungkinan untuk gagal.

Konsumsi sekitar 3 gelas teh hijau setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya dalam membakar timbunan lemak. Ketika rutin diminum, teh hijau juga bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh agar pencernaan lancar.

9. Hindari Mengkonsumsi Teh Hijau Menjelang Waktu Tidur

Meski sedikit, teh hijau tetap mengandung kafein. Aturan minum teh hijau yang harus Anda patuhi adalah jangan mengkonsumsi teh ini pada jam-jam menjelang tidur karena bisa membuat Anda susah terlelap.

10. Jangan Hanya Mengandalkan Teh Hijau untuk Diet

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Jadi, jangan hanya mengandalkan teh hijau saja.

Anda tetap harus berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat lainnya. Kombinasi antara teh hijau, olahraga, dan pengaturan pola makan akan membuat diet mencapai hasil sesuai harapan.

11. Hindari Mengonsumsi Teh Hijau dalam Keadaan Dingin

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, hindari meminum teh hijau yang sudah ditambahkan es batu. Suhu dingin di dalam teh hijau ternyata membuat beberapa kandungan di dalamnya berkurang.

Apabila ingin mendapatkan semua manfaatnya baik bagi kecantikan maupun kesehatan, sebaiknya diminum selagi masih hangat. Namun jika berada di tengah cuaca yang terik, maka teh hijau hangat bisa diminum di pagi hari. Yakni setelah maupun sebelum menyantap sarapan.

Apalagi banyak pecinta teh menuturkan bahwa dalam aturan minum teh hijau lebih ideal diminum dalam kondisi hangat. Selain aromanya lebih kuat kandungan zat bermanfaatnya pun tetap terjaga.

Teh hijau memang menjadi salah satu jenis minuman yang banyak diminati, berkat aroma yang khas dan rasa sepetnya yang memberi sensasi adiktif. Jenis teh hijau sangat populer dan diburu oleh banyak orang terlebih setelah mengetahui manfaatnya.

Namun, untuk bisa merasakannya secara langsung sebaiknya menikmatinya sesuai aturan, yakni yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga: 

Cara Mendapatkan Teh Hijau dengan Mudah dan Praktis 

Tempat Beli Teh Hijau Dimana? Berikut Pilihan Terdekat

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: