bahaya teh basi

Bahaya Teh Basi bagi Kesehatan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Memanfaatkan teh basi untuk perawatan kecantikan kulit bisa jadi sudah lumrah untuk dilakukan, namun sudahkah tahu bahaya teh basi ini? Teh yang sudah basi artinya sudah dalam kondisi rusak.

Mungkin tidak akan berbahaya bagi kesehatan selama digunakan di luar tubuh, namun menjadi lain soal jika masuk ke tubuh alias dikonsumsi.

Mengapa Teh Basi Bisa Berbahaya?

Minum teh adalah kebiasaan baik dan menyehatkan, karena teh mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh. Misalnya saja kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan kafein di dalam teh juga baik untuk kesehatan selama diminum dalam porsi yang tidak berbahaya.

Kafein ini bisa membantu meningkatkan energi, meningkatkan fokus otak, dan juga meningkatkan konsentrasi.

Teh juga tetap baik diminum meskipun disimpan sekian jam bahkan sekian bulan selama ditaruh di mesin pendingin atau kulkas.

Namun menyimpannya di kulkas pun belum bisa menghapus kemungkinan teh akan rusak setelah melewati batas waktu tertentu. Diketahui teh yang disimpan di kulkas bisa bertahan antara 2-3 bulan.

Artinya jika melewati masa tersebut maka sudah tidak layak untuk dikonsumsi karena sudah rusak. Bahaya dari teh basi ini sendiri berasal dari kandungan bakteri jahat ketika sudah benar-benar basi.

Jika masuk ke dalam tubuh maka akan mensuplai bakteri jahat yang tentunya memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Bahaya Teh Basi untuk Kesehatan

Minum teh yang sudah basi bukanlah langkah yang bijak, sejumlah dampak negatif berikut bisa dirasakan oleh tubuh:

Menyebabkan Insomnia

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa teh juga mengandung kafein meskipun tidak setinggi kopi. Jenis teh dengan kandungan paling tinggi adalah teh hitam, dan yang paling rendah adalah teh putih.

Hanya saja tidak peduli jenis teh yang diseduh jika sudah basi maka kadar kafeinnya akan meningkat.

Mengkonsumsi secangkir teh basi akan mensuplai kafein secara berlebihan, sehingga memicu resiko insomnia.

Kualitas tidur berkurang karena teh basi bisa mengganggu jadwal tidur atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali.Apalagi jika didukung pula oleh kondisi tubuh yang kelelahan ataupun stress berat.

Bahaya Teh Basi Bisa Memicu Gangguan Pencernaan

Kafein yang meningkat di dalam teh basi apabila diminum atau tanpa sengaja terminum juga bisa memicu gangguan pencernaan. Kafein berlebih bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga memicu maag.

Jika sudah menderita maag maka akan memicu maag kronis. Selain itu juga bisa menyebabkan diare, sehingga penting untuk menghindari konsumsi teh yang sudah basi.

Menjadi Penyebab Kemandulan pada Pria

Teh basi tak hanya meningkatkan kandungan kafein, namun juga memicu terbentuknya zat klorin yang berbahaya bagi kesehatan.

Jika diminum oleh pria maka klorin ini bisa mengganggu saluran reproduksi. Diketahui pula bisa menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria, sehingga perlu diwaspadai.

Meningkatkan Resiko Kanker

Seduhan teh yang terkontaminasi oleh debu, kotoran binatang, asap dari kendaraan, dan lain sebagainya akan mudah basi dan rusak.

Jika terminum maka berbagai zat berbahaya dari zat yang masuk ke dalam seduhan teh akan masuk pula ke dalam tubuh.

Sejumlah zat ini bahkan bisa menjadi karsinogenik, yang bisa memicu sel kanker untuk tumbuh di dalam tubuh.

Bahaya Teh Basi Bisa Menyebabkan Anemia

Kafein berlebih di dalam teh basi juga berpotensi mengikat zat besi dari makanan sehingga sulit untuk diserap oleh tubuh.

Jika kondisi ini berlangsung cukup sering dan dalam jangka lama maka ada resiko terjadi anemia. Anemia tentu patut diwaspadai karena nantinya bisa memicu berbagai keluhan dan gangguan kesehatan lainnya.

Meminum teh yang masih segar atau sesaat setelah diseduh adalah langkah terbaik, karena masih bebas kandungan bakteri.

Tentunya dengan diimbangi penggunaan peralatan menyeduh yang juga bersih. Sehingga hasil seduhan dijamin sehat karena bebas dari kontaminasi bakteri jahat.

Teliti saat menyeduh juga membantu memaksimalkan manfaat dari seduhan teh tersebut. Sekaligus meningkatkan kenikmatannya, sehingga aroma maupun rasa dari hasil seduhan juga maksimal.

Gunakan pula suhu air yang tepat, karena menyeduh dengan air terlalu panas juga kurang baik untuk kesehatan karena bisa memicu kanker.

Supaya manfaat minum teh lebih maksimal, maka penting untuk memperhatikan kualitas teh yang diseduh. Kualitas teh terbaik bisa Anda dapatkan di Daun Seduh dan tersedia beberapa varian teh premium.

Silahkan memesan sesuai selera, dan dapatkan harga teh hijau maupun teh jenis lainnya dalam penawaran terbaik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: