bahaya teh celup

Bahaya Teh Celup Jika Diminum Secara Berlebihan!

Semua orang tentu menyukai kepraktisan yang dihadirkan oleh teh celup, namun benarkah ada bahaya teh celup yang mengancam penikmatnya?

Perlu diakui teh celup merupakan teh olahan karena dibungkus dengan kantong teh. Bahan kantong teh inilah yang dikabarkan memberi efek negatif bagi kesehatan penikmatnya.

Kenali apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dan mengapa bisa membahayakan tubuh, padahal teh sudah diminum masyarakat Indonesia sejak lama.

Selain itu cari tahu pula solusi untuk mencegah maupun mengatasi efek buruk teh celup tersebut.

6 Bahaya Teh Celup Jika Dikonsumsi Berlebihan

Walau minuman teh diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Konsumsinya yang berlebihan malah akan mendatangkan gangguan kesehatan.

Hal ini yang perlu diperhatikan sehingga Anda harus mengetahui apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan. Berikut penjelasan detailnya:

Menyebabkan Susah Tidur

Pertama perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi teh celup secara berlebihan bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur. Pasalnya, teh mengandung kafein yang membuat sistem tubuh terus aktif bekerja dan terjaga.

Jadi jika Anda terus meminum teh celup dalam jumlah banyak, akibatnya tubuh Anda akan terus aktif dan tidak bisa tidur. Cenderung menyebabkan insomnia jika sudah cukup parah.

Bahaya Teh Celup dari Kandungan Klorin

Berikutnya, Anda juga harus mewaspadai resiko bahaya teh celup berupa masuknya zat klorin berlebih ke dalam tubuh. Zat klorin ini tidak terkandung dalam teh tetapi dalam kertas pembungkusnya.

Efeknya tidak baik untuk kesehatan karena merupakan zat kimia yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Bisa Menyebabkan Pusing dan Mual

Perlu Anda ketahui bahwa konsumsi teh celup terlalu banyak bisa mempengaruhi lambung. Lambung bisa mengalami kenaikan kadar asam.

Efek kadar asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan kepala pusing dan Anda pun merasa mual. Hal ini bisa menjadi pengingat untuk bahwa konsumsi teh celup sebaiknya tidak berlebihan.

Memberikan Efek Candu

Tahukah Anda bahwa kandungan dalam teh celup bisa memberikan efek kecanduan? Hal ini sudah banyak dirasakan oleh penikmatnya. Jika diminum secara rutin, teh akan membuat orang yang mengkonsumsinya kecanduan.

Sekali saja terlewat tidak mengkonsumsi teh, tubuh akan merasa gusar dan tidak tenang. Jadi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi teh. Usahakan antara 1-3 cangkir saja, jangan sampai lebih.

Tidak Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil pun disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh celup secara berlebihan. Berdasarkan hasil berbagai penelitian, diketahui bahwa ada kandungan dalam teh yang bisa menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhambat.

Namun lebih detail bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Bahaya Teh Celup Memicu Osteoporosis

Efek buruk teh celup berikutnya yang tidak kalah penting adalah ternyata jika terlalu berlebihan dikonsumsi bisa menyebabkan osteoporosis.

Osteoporosis disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang akibat teh yang terus memancing keinginan buang air kecil. Kalsium di dalam tulang akan ikut terbuang bersama urin sehingga mempengaruhi kepadatan tulang.

Oleh sebab itu hindari minum teh secara berlebihan.

Efek buruk yang bisa ditimbulkan cukup beragam, dan bisa membahayakan keselamatan. Sebagai solusi dianjurkan untuk mengatur takaran minumnya, sehingga di kisaran 1-3 cangkir saja.

Selain itu menyeduh teh celup usahakan tidak terlalu lama agar tidak terlalu pekat dan klorin dari kantong teh berlebihan di dalam seduhan. Dianjurkan pula untuk tidak meminum teh saat perut kosong, sehingga efek negatifnya bisa ditekan.

Alternatif lebih aman lainnya adalah dengan memilih teh tabur, dan akan lebih bagus ketika kualitasnya premium. Anda bisa mengecek produk teh premium di Daun Seduh yang variantnya lengkap.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: