bahaya teh hijau

Bahaya Teh Hijau yang Perlu Diketahui dan Cara Mencegahnya

Banyak orang mulai bertanya dan mencari tahu mengenai ada tidaknya bahaya teh hijau jika dikonsumsi secara rutin. Teh hijau memang terkenal sebagai minuman yang nikmat dan memiliki berbagai manfaat.

Aromanya yang harum serta serta rasanya yang pas di lidah membuatnya digunakan sebagai bahan tambahan dalam beberapa resep masakan khususnya kue.

Beragam Bahaya Teh Hijau

Namun, tahukah Anda mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan juga akan menimbulkan beberapa bahaya dan efek samping untuk kesehatan. Kira-kira, bahaya apa saja efek yang ditimbulkan? Berikut penjelasannya:

1. Insomnia

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang tinggi. Oleh sebab itu, jika meminum teh hijau melampaui batas, tentu akan menimbulkan masalah gangguan tidur alias insomnia.

Insomnia ini jelas akan menganggu kesehatan tubuh sehingga mempengaruhi kualitas kerja yang dilakukan.

2. Sakit Kepala

Bahaya lain dari teh hijau adalah bisa menimbulkan sakit kepala. Tingkat sakit kepala yang akan dirasakan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari seberapa banyak teh yang diminum.

Maka, disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang tepat setiap harinya.

3. Sakit Perut

Masih tentang kafein yang ada di dalam teh hijau. Ternyata, kafein dapat meningkatkan asam lambung jika dikonsumsi secara berlebihan. Apabila memiliki riwayat sakit maag maka bisa membuatnya kambuh, kecuali jika diminum setelah makan.

Lalu, berapa kali minum teh hijau dalam sehari yang disarankan? Sebaiknya, Anda tidak minum lebih dari lima cangkir dalam sehari.

4. Berkurangnya Penyerapan Zat Besi

Selain zat kafein, teh hijau juga mengandung tanin dan polifenol yang dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Akibatnya, terlalu sering mengkonsumsi teh hijau dapat menyebabkan anemia dan berbagai penyakit lainnya.

5. Masalah Otot

Beberapa masalah otot juga akan Anda rasakan ketika terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang berlebihan.

Kandungan kafein dapat memicu terjadinya kontraksi otot kaki sehingga akan membuat kaki menjadi tegang dan kram.

6. Muntah

Polifenol di dalam teh hijau akan berakibat buruk bila masuk terlalu banyak di dalam tubuh. Zat ini dapat menimbulkan stres dan bisa memicu rasa mual maupun muntah.

Inilah salah satu bahaya teh yang wajib Anda pahami karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

7. Diare

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya teh hijau ini bersifat asam sehingga akan dapat mempengaruhi bagian esofagus? Terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau dapat menyebabkan perut mulas dan berujung pada diare.

8.Gangguan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, tidak disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan. Sementara bagi penderita diabetes tipe 2, tidak boleh mengkonsumsi teh herbal ini sama sekali karena jelas akan mempengaruhi gula darah.

Jika menderita diabetes lebih dianjurkan untuk rutin minum teh hitam.

9. Osteoporosis

Kandungan kafein pada teh ini yang tinggi ternyata berpotensi menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka akan berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Salah satunya dapat memicu proses pengeroposan tulang atau osteoporosis.

10. Merusak Hati

Efek negatif teh hijau yang sangat berbahaya adalah dapat merusak hati, apalagi jika sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Apabila ingin menghindari penyakit terkait organ hati atau gangguan yang berhubungan dengan organ ini.

Sebaiknya menghindari dulu konsumsi teh hijau.

11. Dehidrasi

Bila terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau, Anda juga akan kehilangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Anda akan sering mengeluarkan cairan.

Jika ini terus terjadi, lama-kelamaan tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka, minumlah teh hijau dalam batas yang wajar.

Nah, itulah sebelas bahaya teh hijau yang akan Anda alami ketika terlalu sering mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Meskipun memilki banyak manfaat, jika penggunaannya di luar batas, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menikmati teh herbal ini. Perhatikan takarannya, waktu konsumsinya, dan juga disesuaikan dengan kondisi tubuh. Selain itu juga perlu memilih teh hijau yang berkualitas agar tidak mengandung zat yang malah berbahaya.

Apabila semua aspek ini diperhatikan maka dijamin tubuh akan tetap sehat. Selain itu malah akan mendapatkan beragam manfaat terbaik dari teh hijau.

Manfaat yang Bisa Didapatkan

Asalkan dikonsumsi dengan benar sesuai dengan yang disinggung sebelumnya, maka akan memperoleh banyak manfaat. Seperti:

  • Baik untuk menstabilkan kolesterol.
  • Bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah.
  • Baik dikonsumsi untuk diet karena membantu membakar kalori.
  • Membantu mendukung kinerja ginjal.
  • Menurunkan resiko asam urat.
  • Bisa menutrisi otak karena mengandung L-theanine.

Kenali betul kandungan apa saja yang terdapat di dalam teh hijau kemudian sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika setiap kandungan ini memang diperlukan tubuh maka dengan konsumsi secara teratur tentu akan memberikan lebih banyak manfaat.

Jadi minimalkan resiko dari konsumsi teh jenis ini dengan memperhatikan takaran serta kondisi tubuh. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Beli Teh Hijau Dimana? Berikut Rekomendasi Terbaiknya
Contoh Produk Teh Hijau yang Berkualitas

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: