beda teh hitam dan teh hijau

Beda Teh Hitam dan Teh Hijau yang Sering Ditanyakan Orang

Sudahkah mengetahui beda teh hitam dan teh hijau? Keduanya merupakan jenis teh yang cukup populer termasuk di Indonesia.

Selama ini, teh menjadi salah satu minuman yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun, tahukah jika sebenarnya terdapat lebih dari satu jenis teh? Paling umum ditemui adalah teh hijau dan teh hitam.

Keduanya ternyata memiliki banyak perbedaan sehingga tidak hanya berbeda dari segi penyebutan saja.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya terkait hal ini. Pasalnya, meskipun sering ditemui, banyak yang masih sulit membedakan keduanya. Menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kenali perbedaan keduanya lebih dalam lewat ulasan di bawah ini.

Mengenali 5 Hal Beda Teh Hijau dan Teh Hitam

Teh hijau dan teh hitam ternyata memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui peminumnya. Perbedaan ini terdapat mulai dari pemrosesan hingga waktu yang tepat untuk meminum masing-masing teh. Detail informasinya antara lain:

Beda Teh Hitam dan Teh Hijau dari Pemrosesan

Perbedaan pertama dari kedua teh ini terdapat pada proses pembuatan. Harus dipahami jika keduanya melalui tahapan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini selanjutnya mempengaruhi perbedaan-perbedaan lain dari kedua teh ini.

Pada teh hitam, setelah dipetik, daun teh akan melalui proses pelayuan dan penggilingan, sebelum berlanjut pada proses fermentasi. Sementara, teh hijau justru diproses tanpa melalui fermentasi.

Kandungan dalam Teh

Perbedaan kedua berasal dari kandungan yang terdapat dalam teh hijau serta teh hitam. Keduanya, meskipun sama-sama teh, ternyata memiliki kandungan yang berbeda. Ada beberapa perbedaan kandungan yang harus dipahami oleh peminum teh ini.

Misalnya, kandungan fluoride, antioksidan, dan kafein. Pada teh hitam, kandungan fluoride-nya lebih tinggi daripada teh hijau. Sementara, kandungan antioksidan teh hijau jauh lebih unggul dari teh hitam.

Lalu, bagaimana dengan kafein? Kandungan kafein pada teh hitam lebih banyak daripada teh hijau.

Rasa dan Aroma

Pada bagian rasa dan aroma terdapat perbedaan diantara keduanya. Teh hitam yang biasa ditemui setiap hari ini memiliki aroma serta rasa yang lebih pekat.

Jadi, ketika menemukan teh dengan aroma dan rasa yang lebih pekat, berarti teh hitamlah yang sedang digunakan.

Lalu, bagaimana dengan teh hijau? Rupanya, teh hijau dalam masalah aroma serta rasa cukup mencolok. Pasalnya dalam teh hijau, aroma dan rasa yang timbul lebih segar.

Warna Daun Teh

Kedua daun teh ini tentu tidak serta-merta begitu saja dinamai teh hijau dan teh hitam. Perbedaan warna keduanyalah yang mendasari penamaan tersebut.

Perbedaan yang dimaksud adalah warna daun, dimana daun pada teh hitam cenderung lebih gelap dan pekat. Sedangkan teh hijau, sesuai dengan namanya, warnanya cenderung hijau.

Hal ini karena pemrosesan keduanya berbeda sehingga mempengaruhi warna daunnya.

Waktu Konsumsi Terbaik

Ternyata, perbedaan juga hadir pada waktu terbaik untuk mengonsumsi keduanya. Masing-masing teh tersebut memiliki aturan waktu pengonsumsian yang berbeda.

Untuk teh hijau, waktu konsumsi terbaiknya adalah pada malam hari. Sebaliknya untuk teh hitam, waktu konsumsi yang paling tepat adalah di siang hari.

Setiap jenis teh memiliki tahapan proses yang berbeda dan beberapa memang nampak serupa. Anda sebaiknya mengenal perbedaannya untuk memastikan sudah memilih jenis teh yang sesuai keinginan.

Temukan teh premium di Daun Seduh baik untuk teh hitam maupun teh hijau dan jenis lainnya. Tak perlu cemas soal harga teh hijau maupun harga teh hitam yang ditawarkan karena dijamin memperoleh harga terbaik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: