cara membuat es teh manis

Cara Membuat Es Teh Manis Dijamin Sehat dan Segar

Rupanya terdapat cara membuat es teh manis khusus yang bisa membantu memastikannya tetap aman bagi kesehatan. Seperti yang diketahui bersama bahwa penambahan pemanis seperti gula di dalam es teh bisa meningkatkan kalori.

Sekaligus bisa memberi asupan kadar gula dalam darah, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun jika diseduh dengan benar, maka meski ditambahkan gula dan es batu nantinya tetap aman bagi kesehatan.

Khusus bagi penderita diabetes tentu perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter, karena asupan manis pada dasarnya masih diperbolehkan.

Hanya saja perlu memperhatikan 3J, yakni jumlah, jenis, dan jadwal. Detailnya tentu perlu dikonsultasikan dengan dokter karena akan lebih paham kondisi dan kebutuhan tubuh pasiennya.

Cara Membuat Es Teh Manis yang Sehat

Seduhan teh akan lebih segar jika ditambahkan dengan bongkahan atau potongan es batu, cocok pula diminum di tengah hari yang terik. Supaya makin segar maka bisa ditambahkan pemanis dan berikut beberapa cara pembuatannya:

Cara Membuat Es Teh Hitam Manis

Masyarakat Indonesia sangat umum dengan teh hitam yang juga dikenal dengan sebutan black tea, sebab nyaris semua teh di pasaran merupakan jenis ini.

Anda juga bisa menggunakan teh hitam premium jika mengingingkannya karena sudah pas dengan selera. Teh hitam tak hanya sedap diseduh dan diseruput hangat-hangat namun juga dingin.

Anda cukup merebus air dan menuangkan air yang sudah mendidih ke dalam teko ataupun gelas. Setelah uap panasnya menipis artinya suhunya agak turun barulah memasukan teh hitam secukupnya.

Anda bisa sesuaikan dengan selera, bisa lebih banyak jika suka kental namun bisa dikurangi jika ingin cita rasa yang tipis.

Usai diseduh tunggu sampai dingin dulu, hilangkan uap panasnya di suhu ruang dan bisa dipindah ke lemari es setelahnya.

Setelah dingin bisa menambahkan gula sesuai selera, bisa memakai gula pasir ataupun gula alami seperti daun stevia dan madu.

Opsional lain menambahkan pemanis rendah kalori dan selanjutnya bisa ditambahkan potongan es batu. Siap untuk dinikmati.

Membuat Es Teh Hijau Vanila

Anda suka dengan makanan dan minuman ringan rasa vanila? Maka bisa mencoba membuat es teh manis dari teh hijau yang dicampur es krim rasa vanila.

Cara pembuatanya cukup mudah, pertama rebus air dulu seperti biasa. Jika sudah mendidih tambahkan beberapa sendok teh hijau secukupnya dan diamkan sebentar sampai ada perubahan warna.

Saring seduhan teh untuk membuang ampas teh hijau agar tidak mengganggu saat diminum nanti. Hasil saringan bisa dicampurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis, bisa pula diganti dengan jeruk lemon.

Tambahkan madu sampai rasa manisnya pas di lidah Anda, selanjutnya bisa didiamkan sampai tercampur rata.

Setelah tercampur bisa dituangkan ke gelas saji, bubuhkan beberapa helai daun mint agar lebih segar alami.

Tambahkan potongan es batu sesuai selera dan bisa pula memakai es serut kemudian masukan satu scop es krim rasa vanila. Siap untuk dinikmati.

Menyeduh Es Teh Rasa Buah

Menikmati buah menjadi lebih berkesan ketika dicampurkan dengan seduhan teh, lebih enak lagi jika menggunakan teh putih. Anda bisa menyeduh teh seperti biasa dan disaring untuk memisahkan ampasnya.

Ambil gelas saji dan masukan potongan es batu ke dalamnya, taruh potongan buah yang Anda sukai.

Baru kemudian dituangkan seduhan teh secukupnya, tunggu sebentar sampai sari buah menyatu dengan seduhan teh. Nantinya bisa menikmati sensasi rendaman buah bersama seduhan teh yang unik, manis namun tetap alami dari buah.

Uniknya mengkombinasikan buah dengan rasa asam dan manis nantinya akan dominan rasa manisnya.

Es Teh Rasa Strawberry

Buah strawberry yang cenderung asam manis ternyata bisa berpadu sempurna dengan seduhan teh yang sepat dan pahit.

Pembuatannya tidak terlalu mudah namun tidak juga bisa dikatakan sulit, hanya saja tahapannya lebih banyak.

Pertama Anda bisa menyeduh teh seperti biasa dan bisa pula sesuai uraian di resep sebelumnya.

Ambil buah strawberry secukupnya sesuai selera kemudian diblender sampai halus, saring dulu untuk membuang biji-bijinya. Ambil gelas saji dan tuangkan seduhan teh ke dalamnya, namun pastikan sudah dingin.

Baru kemudian masukan strawberry yang sudah disaring tadi dan aduk sampai tercampur rata.

Terakhir Anda bisa menambahkan potongan es batu dan beberapa helai daun mint, es teh rasa strawberry ini sudah siap untuk dinikmati.

Teksturnya akan sedikit kental karena adanya campuran strawberry yang dihaluskan tadi, namun dari segi rasa dijamin menyukainya. Jika merasa kurang manis maka bisa menambahkan gula batu ataupun madu.

Membuat es teh tak harus secara biasa, Anda bisa sedikit berkreasi agar tidak bosan.

Sekaligus bisa mencicipi kenikmatan yang lebih kompleks dengan menambahkan bahan-bahan tertentu. Anda bisa mengintip beberapa resep inspirasi di atas.

Kualitas rasa es teh juga akan lebih baik dan tinggi manfaat jika menggunakan teh premium. Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh yang senantiasa menyuguhkan beragam jenis teh berkualitas unggul.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: