cara membuat teh celup

Cara Membuat Teh Celup yang Baik dan Benar, Agar Lebih Nikmat

Teh celup merupakan teh yang sangat populer karena praktis saat diseduh, namun tahukah Anda bahwa ada cara membuat teh celup yang wajib diperhatikan?

Sebab dalam proses pembuatan teh celup di pabriknya akan ditambahkan kantong teh yang tentu tidak terbuat dari bahan alami. Ketika diseduh asal-asalan bisa jadi kantong teh ini justru menghasilkan zat yang kurang baik bagi kesehatan.

Langkah Tepat Menyeduh Teh Celup

Meminimalkan kesalahan dan mencegah efek buruk atas kesalahan menyeduh teh celup yang dibeli di pasaran, maka bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Siapkan Air Matang Mendidih

Langkah pertama membuat teh celup yang baik adalah dalam hal pemilihan air untuk menyeduh teh. Sebaiknya Anda tidak menggunakan air panas dalam termos.

Penting untuk merebus air sampai mendidih, sehingga setelah mendidih langsung digunakan untuk menyeduh teh celup.

Tujuannya untuk memastikan air panas yang digunakan dalam kondisi segar sekaligus memastikan hasil seduhannya lebih maksimal.

2. Siapkan Wadah yang Tepat

Penting pula untuk teliti memilih wadah yang digunakan menyeduh teh, sebab turut memberikan pengaruh pada rasa dan khasiatnya. Anda sebaiknya menggunakan teko keramik untuk menyeduh teh hitam.

Teko keramik membuat aroma dan rasa teh celup lebih keluar, dan sebenarnya hasil lebih maksimal manakala memakai teh tabur atau tubruk.

Sebab teh dalam bentuk tabur lebih cepat keluar aroma, rasa, dan bahkan warnanya ketika diseduh dengan air panas dibandingkan teh celup.

3. Seduh Teh Celup Selama 5 Menit Saja

Saat Anda akan menuangkan air mendidih ke dalam wadah yang sudah dimasukan teh celup, perhatikan berapa lama penyeduhan dilakukan.

Sebaiknya teh celup hanya diseduh selama 5 menit saja. Jangan terlalu lama dan tidak perlu Anda mencelupkan teh celup secara berulang-ulang.

Jika ingin menikmati seduhan teh lebih wangi dan rasa sepetnya lebih memanjakan lidah, bisa mengganti teh celup dengan teh tabur.

Teh tabur akan memperpendek proses penyeduhan, sehingga tanpa perlu diaduk atau digoyang-goyang warnanya sudah keluar.  Tiga menit saja sudah memberikan hasil seduhan yang maksimal.

4. Tambahkan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah teh celup sudah diseduh, tentu Anda membutuhkan bahan tambahan seperti gula atau creamer untuk membuatnya lebih enak.

Itulah sebabnya cara membuat teh celup yang baik juga melibatkan langkah penambahan gula sebagai pemanis. Jadi teh akan terasa lebih nikmat.

Bagi Anda yang kebetulan anti terhadap gula, maka bisa beralih ke teh tabur yang semakin sedap diseruput dalam kondisi tawar atau pahit.

Teh tabur lebih maksimal ketika diseduh sehingga kualitas rasanya lebih baik meskipun tidak ditambah gula.

Menariknya lagi teh tabur tidak menambahkan kantong dari bahan-bahan yang cenderung mudah meleleh ketika terkena suhu tinggi.

Tentunya menjadi pilihan lebih aman untuk diseduh, dan rutin dikonsumsi setiap hari.

5. Aduk Teh Setelah 5 Menit Penyeduhan

Sudah diseduh dan sudah ditambahkan bahan yang dibutukan agar lebih manis? Maka, langkah berikutnya adalah menunggu selama 5 menit dahulu.

Setelah 5 menit, barulah aduk teh sebentar agar air seduhan tercampur rata dan aromanya lebih kuat.

Rasa yang diciptakan dari cara membuat teh celup seperti ini akan membuat Anda ketagihan karena keharuman, kenikmatan, dan kenyamanan yang diberikan.

Teh celup memang menjadi pilihan ideal bagi pecinta teh yang ingin lebih praktis dalam menyeduh minuman jenis ini. Tinggal menuang air dan mencelupkan teh yang sudah dikemas dalam kantong-kantong kecil.

Namun, bagi siapa saja yang menjadi pecinta teh sejati dijamin lebih suka cita rasa yang ditawarkan teh tabur.

Seduhannya memang perlu diakui lebih maksimal, dilihat dari aspek rasa maupun aroma. Sehingga tidak sedikit pecinta teh yang lebih memilih teh tubruk.

DItambah lagi jauh lebih aman karena ketika dikemas tidak lagi menambahkan bahan non makanan. Bahan kantong untuk teh celup bisa jadi meleleh ketika diseduh, terutama untuk merek yang belum mengantongi izin dari BPOM.

Jadi, silahkan menentukan pilihan antara teh celup dengan teh tabur. Tentunya setelah mempertimbangkan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing teh ini sesuai penjelasan di atas.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: