cara membuat teh herbal

Cara Membuat Teh Herbal yang Sederhana dan Berkhasiat

Jenis teh sangat beragam dan ketika dikombinasikan maka bisa menjadi teh herbal, namun sudahkah tahu cara membuat teh herbal yang benar?

Jadi, dalam dunia kesehatan teh sudah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga diracik sedemikian rupa untuk meningkatkan manfaat tersebut, dan digunakan sebagai metode pengobatan alternatif secara alami.

Mengenal Cara Membuat Teh Herbal Lebih Dalam

Hanya saja, berhubung jenis teh sangat beragam maka perlu tahu dulu manfaat masing-masing teh tersebut. Jika hendak diracik menjadi teh herbal maka perlu paham jenis mana saja yang bisa dikombinasikan.

Mengetahui pula kemungkinan kontraindikasi ketika dua jenis teh atau kombinasi teh dengan herbal tertentu dipadukan seperti apa. Sehingga tidak bisa asal-asalan ketika membuat teh herbal tersebut, selain itu penting pula untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Menariknya istilah teh herbal di masyarakat ternyata tidak hanya didefinisikan sebagai seduhan daun teh yang telah dikeringkan. Sebuah seduhan herbal bisa disebut teh, artinya ketika menyeduh bahan alami maka bisa dinamakan teh.

Sebagai contoh ketika menyeduh jahe yang sudah dibakar dan digeprek, maka bisa disebut sebagai teh herbal jahe.

Jadi, pemahaman mengenai teh herbal tidak sekedar seduhan daun teh saja meskipun ada beberapa jenis daun teh yang juga cocok disebut herbal.

Dikatakan demikian karena teh tersebut memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Misalnya saja untuk teh hijau yang membantu mengontrol berat badan dan bisa pula mengontrol asam urat dan kolesterol.

Cara Membuat Teh Herbal yang Mudah dan Enak

Setelah memahami apa itu teh herbal, dan apa saja yang perlu dipahami sebelum meracik atau menyeduhnya. Maka langkah selanjutnya adalah tahu bagaimana langkah-langkah atau proses membuat teh herbal tersebut.

Pilihannya sangat beragam karena bahan alami apapun yang diseduh pada akhirnya disebut sebagai teh herbal. Berikut beberapa rekomendasi lengkap dengan tata cara pembuatan sampai manfaatnya, sehingga bisa diracik sendiri untuk disesuaikan dengan kebutuhan:

Cara Membuat Teh Herbal Jahe dengan Lemon

Teh herbal yang pertama menggunakan kombinasi antara rimpang jahe dengan sitrus jenis lemon. Campuran ini sangat cocok dikonsumsi untuk memaksimalkan program diet alami sekaligus memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain itu juga membantu memberi sensasi hangat sehingga cocok diminum di tengah cuaca yang dingin.  Proses pembuatannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan irisan jahe segar dan air perasan buah lemon secukupnya
  • Tempatkan kedua bahan dalam gelas lalu tuangkan air panas ke dalamnya
  • Aduk-aduk sebentar
  • Tunggu sampai suhunya berubah menjadi hangat, baru kemudian saring dan minum

Moxie Tea

Istilah moxie tea mungkin masih sangat asing, namn teh jenis ini merupakan kombinasi unik dari beberapa bahan alami. Dimulai dari perasan jeruk lemon, kunyit bubuk, cabe bubuk, jahe bubuk, dan madu.

Kombinasi ini akan membantu proses penyembuhan saat terserang flu. Jika semua bahan tersebut sudah siap, tinggal ikuti langkah-langkah berikut untuk meramunya.

  • Didihkan air secukupnya
  • Tempatkan semua bahan tersebut ke dalam gelas, lalu tuangkan air yang sudah mendidih ke dalamnya
  • Aduk-aduk sampai madu tampak larut
  • Jika sudah, saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat

Teh Herbal Biji Ketumbar

Biji ketumbar yang biasa dipakai untuk mengolah bumbu tempe goreng, ayam goreng, dan sebagainya. Ternyata memiliki manfaat khas untuk kesehatan dan bahkan sangat efektif mengatasi berbagai penyakit serius.

Biji ketumbar diketahui bisa membantu mencegah terkena anemia, diabetes, dan meminimalkan produksi kolesterol jahat. Adapun cara membuat herbal dari biji ketumbar ini adalah:

  • Siapkan bahan yang diperlukan berupa biji ketumbar 10 gram, hong cao 10 biji dan air 1 liter
  • Belah biji hong cao jadi dua
  • Rebus biji ketumbar dan hong cao dengan 1 liter air kira-kira selama 10 menit
  • Jika sudah, diamkan sejenak teh herbal tersebut
  • Dan bila sudah hangat, saring lalu ambil airnya untuk diminum

Teh Herbal Serai dan Jeruk Nipis

Resep teh herbal yang keempat ini menggunakan kombinasi serai dengan jeruk nipis. Agar bisa dibuat harus menyiapkan dulu 1 atau 2 batang serai yang dimemarkan, 1 sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis secukupnya.

Jika semua bahan sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Siapkan air mendidih sekitar 300 ml air, lalu masukkan batang serai ke dalamnya
  • Setelah beberapa saat, masukkan madu dan air perasan jeruk nipis
  • Aduk-aduk sebentar lalu minum selagi hangat

Teh Daun Rosemary

Selanjutnya ialah teh herbal daun rosemary. Teh herbal satu ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menenangkan pikiran.

Cara membuatnya juga sangat mudah seperti teh herbal yang sebelumnya. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa helai daun rosemary segar dan sudah dibersihkan
  • Rebus daun tersebut dengan air secukupnya
  • Tunggu sampai mendidih, baru kemudian angkat
  • Setelah suhunya lumayan hangat, ambil air rebusan tadi dan diminum

Berbagai resep teh herbal alami di atas sangat mudah untuk dipraktekkan. Anda bisa mencoba meraciknya langsung di rumah dan dijamin terasa mudah.

Pilih teh herbal yang sesuai dengan kebutuhan dan ikuti resep serta langkah-langkah yang telah dipaparkan. Konsumsi teh herbal ini sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan saat sedang sakit untuk dijadikan obat alami.

Akan tetapi bisa juga dikonsumsi rutin sebagai pencegahan, dan berhubung bahannya alami maka aman diminum jangka panjang.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: