cara membuat teh jahe

Cara Membuat Teh Jahe Tanpa Mengurangi Khasiatnya

Jahe bisa diseduh bersama dengan teh, namun sudahkah tahu bagaimana cara membuat teh jahe yang baik dan benar? Jahe merupakan salah satu rimpang dan rempah yang acap kali dimanfaatkan masyarakat di berbagai negara sebagai bumbu masakan.

Aroma dan rasa khasnya menambah cita rasa dalam setiap masakan yang tak hanya melezatkan namun juga membantu menghilangkan aroma amis saat mengolah daging atau ikan.

Jahe mempunyai banyak manfaat kesehatan, karena dipenuhi oleh beragam vitamin. Sebut saja Vitamin A, C, E, dan B-kompleks, juga mineral magnesium, fosfor, potasium, besi, zink, kalsium, serta beta-karoten.

Disamping itu, juga terdapat manfaat anti-inflamasi, anti-mual, anti-spasmodik, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-virus. Sehingga dapat membantu mengobati maupun mencegah masalah kesehatan.

Anda bisa membuat jahe menjadi minuman apa pun, tetapi tetap saja satu cara yang paling mudah dan praktis adalah membuatnya menjadi teh jahe. Anda bisa dengan mudah mencoba membuat di rumah.

Cara Membuat Teh Jahe

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat teh jahe di rumah sendiri, maka bisa mengikuti resep berikut ini.
Bahan yang diperlukan:

  • 4 – 6 irisan tipis jahe mentah
  • 1 ½ – 2 gelas air yang disaring
  • Air perasan lemon secukupnya
  • 1 – 2 sendok makan madu murni

Cara membuat teh jahe:

  • Kupas jahe dan cuci sampai bersih
  • Iris jahe menjadi irisan-irisan tipis
  • Didihkan 1 ½ gelas air
  • Tambahkan irisan jahe ke dalam air mendidih
  • Tutup panci dan biarkan tetap mendidih sampai 10 menit
  • Saring air rebusan jahe ke dalam gelas
  • Peras sedikit lemon sesuai selera
  • Tambahkan madu murni 1 – 2 sendok makan
  • Aduk dan nikmatilah teh jahe saat masih hangat.

Kalau Anda ingin minum dingin-dingin, taruhlah teh jahe di dalam kulkas selama 30 menit. Bisa pula dengan menambahkan es batu secukupnya sebelum diminum.

Sebagai variasi, Anda bisa tambahkan bahan alami lain seperti beberapa lembar daun peppermint segar, 1 batang kayu manis kecil, atau beberapa kapulaga.

Bahan tambahan bisa dimasukan sewaktu memasukkan jahe dalam air mendidih untuk membuat teh yang terasa lebih menyegarkan. Manfaatnya pun akan lebih banyak sesuai kandungan dari bahan tambahan yang digunakan.

Anda dianjurkan untuk minum teh jahe maksimal 3 gelas dalam sehari. Jangan meminum teh ini berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping.

Menurut para ahli kesehatan, orang dewasa bisa mengkonsumsi hingga 4 gram jahe mentah dalam sehari. Mengetahui dosis yang tepat bagi anak-anak, sebaiknya tanyakanlah kepada dokter.

Manfaat Teh Jahe

Teh jahe bisa dijadikan pilihan untuk menikmati minuman hangat dengan beragam manfaat bagi tubuh. Umumnya jenis teh ini menggunakan seduhan teh hijau ataupun teh hitam kemudian dicampur dengan jahe geprek.

Namun ada pula yang merendam jahe dengan air panas lalu diminum sebagai teh jahe.

Persepsi Anda sendiri, mana yang sebenarnya teh jahe? Pada dasarnya keduanya merupakan teh jahe, dan sama-sama memberikan manfaat bagi tubuh.

Resep di atas bisa dijadikan pilihan untuk menyajikan teh jahe yang lebih enak. Tidak ada salahnya diminum rutin karena bisa memberikan beragam manfaat berikut ini:

Cara Membuat Teh Jahe untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Minuman jahe dapat melancarkan peredaran darah demi menjaga kesehatan yang optimal.

Senyawa yang dimiliki jahe, seperti gingerol dan zingerone, mempunyai efek menghangatkan bagi tubuh, sehingga bagus untuk memperbaiki sirkulasi darah.

Sirkulasi yang bagus di dalam tubuh dibutuhkan supaya nutrisi, mineral, dan oksigen dapat mencapai seluruh bagian tubuh.

Berkat sirkulasi peredaran darah yang lancar maka akan mempercepat penyembuhan sel-sel rusak di dalam organ vital, sekaligus membantu mempercepat regenerasinya.

Jahe juga memiliki asam amino yang berperan penting dalam melancarkan peredaran darah. Kandungan ini membantu mengurangi risiko Anda menderita gangguan jantung serta pembuluh darah.

Meredakan Rasa Sakit

Jahe mengandung senyawa gingerol yang bisa sebagai anti-inflamasi alami. Bukan hanya itu, jahe juga dapat membantu menghambat COX-2, senyawa dalam tubuh yang menyebabkan rasa sakit.

Kemampuan anti-inflamasi serta antioksidan jahe bisa membantu mengatasi rasa nyeri pada otot atau pun sendi.

Minum teh jahe secara teratur dapat mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, artritis rematoid, atau osteoartritis (pengapuran tulang dan sendi). Juga mampu mengurangi peradangan dan nyeri setelah olahraga.

Minuman jahe juga meringankan sakit kepala migrain maupun sakit kepala biasa. Sebab dapat menghambat prostaglandin yang memicu rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah otak.

Meringankan Kram dari Siklus Menstruasi

1 – 2 gelas teh jahe dapat meringankan kram menstruasi serta gejala-gejala lain yang berkaitan dengan siklus bulanan tersebut. Teh ini juga bagus untuk mengobati keluhan sindrom pra menstruasi (PMS).

Sifat hangat alami dari teh jahe bisa membantu meredam rasa sakit dan melemaskan otot-otot, sehingga akhirnya mengurangi kram menstruasi.

Wanita yang haidnya tidak teratur atau yang mengalami menstruasi berat dapat mencoba rutin minum teh jahe untuk mengatasi masalah tersebut.

Penambahan jahe pada seduhan teh juga bisa dipertimbangkan, sebab teh memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Teh dengan kandungan antioksidan tinggi bisa dijumpai pada teh putih dan teh hijau.

Selama kualitas teh bagus maka antioksidannya juga akan bagus dan terjaga sampai bisa diserap tubuh.

Dapatkan teh berkualitas hanya di Daun Seduh yang selama ini selalu konsisten menyuguhkan teh kualitas premium. Tersedia pilihan teh lengkap disini, dan menjadi pilihan menarik diseduh bersamaan dengan rimpang jahe.

Kualitas rasanya menjadi lebih baik dan manfaatnya bagi kesehatan pun lebih kompleks.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: