cara menggunakan teh hijau untuk wajah

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Wajah agar Manfaatnya Optimal

Tahukah Anda mengenai cara menggunakan teh hijau untuk wajah? Sebab teh hijau bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah.

Teh sendiri adalah minuman sejuta umat yang dapat dinikmati nyaris oleh semua masyarakat dari segala lapisan.

Namun, siapa sangka penggunaannya tidak hanya untuk diminum akan tetapi juga untuk perawatan kulit agar senantiasa sehat dan sedap dipandang.

Tips Perawatan dengan Teh Hijau

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan hanya dengan memanfaatkan ampas teh hijau untuk wajah, mulai dari kulit yang terlihat lebih awet muda hingga wajah mulus tanpa jerawat.

Tertarik mencobanya? Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Wajah agar Awet Muda

Teh hijau telah banyak dikenal berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Oleh karena itu, jenis teh yang satu ini sangat baik untuk menjaga keremajaan kulit.

Efek yang akan Anda dapatkan adalah flek hitam akibat polusi memudar, warna kulit menjadi lebih cerah, dan sel kulit mati terangkat.

Cara menggunakan teh hijau untuk wajah cukup mudah. Ambil ampas teh hijau yang telah diseduh secukupnya.

Tambahkan satu hingga dua sendok teh madu dan campurkan dengan air perasan lemon. Setelah itu, oles pada wajah 5 sampai 10 menit dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

Katakan Selamat Tinggal pada Kantung Mata

Selain untuk peremajaan kulit, antioksidan pada teh hijau juga bagus untuk menghilangkan kantung mata.

Pembuluh darah halus yang berada di sekitar bawah mata dapat mengecil berkat ampas teh ini, sehingga mata bengkak dan kantung mata dapat tersamarkan.

Sedikit berbeda dengan poin sebelumnya, Anda perlu mendinginkan kantong teh hijau celup selama kurang lebih 30 menit di lemari es.

Baru setelah itu, Anda bisa menempelkan kantong teh dingin tersebut di kelopak mata selama 15 menit. Ulangi pemakaian hingga 2x sehari.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Penuaan dini adalah momok tersendiri bagi setiap wanita. Tak heran apabila banyak wanita berusaha untuk mencegah proses tersebut.

Beruntungnya, salah satu fungsi teh hijau untuk wajah adalah mencegah tanda penuaan seperti kulit kendur, flek hitam, muncul garis halus, dan kerutan.

Kandungan polifenol yang terkandung dalam teh jenis ini juga secara aktif dapat menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang untuk kulit dan mempercepat penuaan.

Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok ampas teh, 3 sendok makan plain yoghurt, dan sedikit bubuk kunyit.

Campurkan semua bahan dan oleskan pada wajah dan leher secara merata selama 15–20 menit. Bilas dengan air hangat hingga tak ada bahan masker yang menempel di wajah.

Menyembuhkan Jerawat

Tak hanya antioksidan, teh hijau juga mengandung zat katekin yang berperan sebagai antibakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, katekin juga dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh dan meredakan kemerahan dari peradangan akibat jerawat.

Tak perlu repot untuk memulai perawatan penyembuhan jerawat dengan ampas teh hijau. Cukup campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Tunggu selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Wajah Sebagai Eksfoliasi Alami

Kulit wajah perlu dieksfoliasi secara rutin untuk membuang sel kulit mati. Apabila wajah Anda relatif sensitif untuk menggunakan produk kimiawi, ampas daun teh hijau ini dapat menjadi alternatif.

Campur ampas teh kering dengan gula pasir, minyak zaitun, dan madu secukupnya. Oleskan pada wajah sambil digosok perlahan.

Bilas dengan air hangat. Ulangi pemakaian hingga sekali atau dua kali seminggu untuk hasil optimal. Namun, jangan terlalu sering pula.

Siapa yang menyangka bahwa ternyata cara memanfaatkan teh hijau jenis ini  adalah dengan memanfaatkan ampasnya?

Meski terkesan tak lagi berguna, namun ada banyak manfaat tersembunyi di baliknya. Untuk hasil yang maksimal, Anda harus konsisten dalam mengaplikasikannya di wajah.

Selain itu juga perlu menggunakan teh hijau berkualitas agar nutrisi di dalamnya maksimal, semakin bagus kualitasnya semakin kompleks nutrisi yang terkandung.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: