cara menyeduh teh celup

Cara Menyeduh Teh Celup Tak Bisa Sembarangan, Berikut Langkahnya

Rupanya cara menyeduh teh celup tidak biasa asal-asalan, karena jika tekniknya benar maka rasanya lebih enak. Teh celup merupakan teh yang populer di tanah air karena praktis tinggal diseduh.

Tidak perlu khawatir gelas atau cangkir maupun teko mengandung ampas teh. Sebab teh sudah dikemas dalam kantong teh, sehingga hasil seduhannya bersih dan bisa langsung diminum.

Namun, meski sudah sangat familiar bagi masyarakat di tanah air. Pernahkah memikirkan bagaimana cara terbaik untuk menyeduh teh ini? Rupanya, proses penyeduhan teh jika tepat akan menghasilkan cita rasa yang memuaskan.

Proses tidak pernah menghianati hasil, inilah alasan mengapa masyarakat di China maupun Jepang. Memiliki tradisi minum teh dengan proses penyeduhan yang cukup panjang dan rumit.

Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, lebih-lebih jika memakai teh premium.

5 Langkah Mudah Cara Menyeduh Teh Celup yang Baik

Teh celup adalah produk teh yang kemudian dimasukan ke dalam kantong teh, kantong ini memiliki kandungan tertentu. Termasuk pula ke dalam jenis bahan non makanan sehingga musti teliti ketika menyeduhnya.

Tak hanya enak namun juga memastikan lebih aman tentu perlu memperhatikan kembali rutinitas Anda dalam menyeduh teh.

Membantu Anda menyeduh teh celup favorit dengan benar, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini:

Didihkan Air Terlebih Dahulu

Langkah pertama membuat teh celup yang baik adalah dalam hal pemilihan air untuk menyeduh teh. Sebaiknya Anda tidak menggunakan air panas dalam termos.

Anda bisa menyiapkan air matang mendidih secara langsung yang akan menyeduh teh celup. Jadi didihkan air dan diamkan selama 6 detik sebelum dituangkan ke teko.

Biarkan suhu air agak turun, karena tidak peduli jenis teh apapun yang diseduh. Idealnya air yang digunakan punya suhu 90 derajat, bahkan untuk teh putih perlu suhu lebih rendah.

Yakni sekitar 70 derajat untuk hasil seduhan maksimal. Sebab air yang terlalu panas justru membuat seduhan lebih sepat dan pahit. Ditambah resiko antioksidan di dalam teh sedikit banyak telah rusak.

Cara Menyeduh Teh Celup dengan Wadah yang Benar

Penting juga untuk diperhatikan bahwa wadah penampung seduhan teh turut memberikan pengaruh pada rasa dan khasiatnya. Anda sebaiknya menggunakan teko keramik untuk menyeduh teh hitam.

Opsional lain adalah memakai tembikar dari tanah liat, sebab kurang cocok memakai wadah dari seng atau aluminium. Sebab bahan logam akan mempengaruhi rasa teh, akan sangat disayangkan jika memakai teh premium.

Mengingat harganya yang cukup mahal namun kualitas rasanya berubah tidak original.

Ditambah lagi dengan memakai keramik atau tembikar maka suhu tinggi dari air yang dipakai menyeduh akan merata. Sehingga daun teh akan terseduh dengan sempurna.

Seduh Teh Celup Selama 3 Menit Saja

Saat Anda akan menuangkan air hangat ke dalam wadah yang siap dengan teh celup, perhatikan bahwa ada waktu ideal menyeduh teh celup. Sebaiknya teh celup hanya diseduh selama 3 menit saja.

Angkat dan turunkan teh celup perlahan agar warna tehnya cepat keluar.

Diamkan 3 menit saja, untuk memastikan hasil seduhan tidak terlalu pekat sehingga rasa pahitnya tetap tipis. Jika terlalu lama maka seduhan menjadi lebih pekat dan rasanya akan lebih kuat, begitupun dengan sensasi sepat dan pahit khas teh.

Tambahkan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah teh celup sudah diseduh, tentu Anda membutuhkan bahan tambahan seperti gula atau creamer bukan? Anda bisa menambahkan bahan tambahan sesuai selera untuk mendapatkan cita rasa yang pas.

Teh akan terasa lebih enak ketika ditambahkan pemanis, seperti gula pasir maupun yang sudah dibuat sirup.

Yakni membuat air rebusan gula untuk kemudian ditambahkan pada seduhan teh yang dibuat tadi. Bisa pula ditambahkan susu, tinggal kembali pada selera Anda.

Hanya saja jika ingin mendapatkan manfaat teh celup untuk kesehatan, terutama teh premium. Sebaiknya memilih susu nabati seperti susu kedelai bukannya susu sapi.

Gula yang dipakai bisa diganti dengan gula batu, bula aren, ataupun gula coklat alias brown sugar. Madu maupun daun stevia juga termasuk pemanis yang sehat karena alami dan aman untuk siapa saja. Termasuk untuk Anda yang punya riwayat diabetes.

Mengapa perlu teliti memilih pemanisnya? Sebab antioksidan di dalam teh hijau maupun teh jenis lain akan rusak. Jika dipadukan dengan gula pasir, kecuali untuk teh hitam.

Jika memakai teh premium dijamin Anda memerlukan manfaatnya maka perlu teliti memilih pemanisnya.

Aduk Teh Setelah 5 Menit Penyeduhan

Sudah diseduh dan sudah ditambahkan bahan yang dibutukan? Langkah berikutnya adalah Anda bisa menunggu selama 5 menit dahulu. Setelah 5 menit, barulah aduk teh secara merata.

Rasa yang diciptakan dari cara membuat teh celup seperti ini akan membuat Anda tidak percaya dengan keharuman, kenikmatan, dan kenyamanan yang diberikan.

Merasa sedikit ribet membaca uraian di atas? Namun tidak ada salahnya untuk diterapkan, karena proses yang ribet ini. Nantinya akan memberi hasil seduhan yang lebih baik.

Yakni tak hanya dilihat dari segi rasa namun juga manfaat, maka bisa diterapkan setiap kali menyeduh teh celup.

Apabila ingin pilihan lebih sehat maka bisa mempergunakan teh tabur yang tidak menambahkan kantong teh, dimana mengandung klorin di dalamnya. Anda bisa mendapatkan teh tabur premium di Daun Seduh dan tersedia banyak variant teh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: