cara menyeduh teh

Cara Menyeduh Teh dengan Tepat agar Rasa Teh Semakin Nikmat

Minum teh bagi Anda mungkin sudah biasa dilakukan, namun apakah cara menyeduh teh yang dilakukan sudah benar?

Teh selama ini dikenal sebagai salah satu jenis minuman tradisional yang proses menyeduhnya sangat mudah. Bandingkan saja dengan proses menyeduh wedang jahe yang perlu mengolah jahenya terlebih dahulu.

Sementara untuk teh, biasanya sudah diproduksi oleh produsen atau pabrikan sehingga sudah siap untuk diseduh.

Anda bisa menemukan teh tubruk atau teh tabur, dan ada pula teh di dalam kantong alias teh celup.

Keduanya memiliki proses penyeduhan yang sama, yakni dituangkan ke wadah dan disiram dengan air panas. Selanjutnya tinggal menunggu sampai warna air seduhan berubah kemerahan dan aroma teh yang khas sudah menguar.

Hanya saja untuk mendapatkan warna, rasa, dan bahkan aroma yang maksimal ternyata tidak asal menuangkan air panas.

Belum lagi dengan nutrisi di dalam teh yang bisa jadi berkurang atau rusak secara keseluruhan jika proses menyeduhnya keliru.

Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar hasil seduhan ini maksimal. Nantinya akan membantu meningkatkan kepuasan saat menyeruputnya pelan-pelan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Menyeduh Teh

Membantu Anda mendapatkan hasil seduhan teh yang lebih nikmat dan manfaatnya pun bisa diserap tubuh. Maka bisa memperhatikan beberapa hal penting berikut ini saat menyeduh teh favorit:

Pemilihan Air

Saat menyeduh teh Anda memakai air apa? Usahakan memakai air bersih dan dalam kondisi segar. Artinya bukan air bekas ataupun air yang sudah mendidih sebelumnya kemudian direbus kembali.

Air segar dalam suhu ruang menjadi pilihan lebih tepat untuk digunakan, selanjutnya direbus sampai mendidih.

Tak hanya faktor kesegaran air, sumber air pun sebaiknya ikut diperhatikan. Sebab air untuk kebutuhan konsumsi bisa bersumber dari sumur, air kran, ataupun dari sumber lainnya.

Lalu, air yang mana yang tepat untuk dipilih? Dianjurkan untuk menggunakan air berkualitas yakni air tanah yang bisa diperoleh dari air sumur.

Opsional lain adalah mengambil air gunung yang masih segar, namun jika dirasa terlalu merepotkan Anda bisa menggantinya dengan air mineral.

Air tanah, air gunung, maupun air mineral memiliki kandungan pH yang tinggi yakni sekitar angka 7. Sehingga bisa mengoptimalkan kualitas rasa dan aroma dari daun teh yang diseduh.

Cara Menyeduh Teh Harus Memperhatikan Suhu Air

Menyeduh teh tak melulu harus menggunakan air yang mendidih, suhu yang terlalu tinggi pada jenis teh tertentu malah merusak kandungan antioksidannya.

Jadi, sesaat setelah air mendidih sebaiknya ditunggu dulu sampai uap airnya lumayan tipis. Baru kemudian dituangkan ke dalam gelas atau cangkir yang sudah ditambahkan daun teh secukupnya ke dalamnya.

Jenis teh yang berbeda ternyata memerlukan suhu air yang berbeda pula untuk memaksimalkan rasa teh tersebut. Misalnya saja untuk teh hijau, karakternya perlu diakui lebih lembut dibanding teh hitam.

Jika teh hitam aman diseduh dengan air bersuhu sekitar 90 derajat, maka pada teh hijau dianjurkan memakai air bersuhu 70 derajat atau lebih sedikit.

Bagaimana dengan teh oolong? Anda yang menjadikan teh ini sebagai favorit, dianjurkan memakai air bersuhu 80 derajat. Sehingga di atas suhu teh hijau namun masih di bawah suhu teh hitam.

Lewat cara ini sebagus dan semahal apapun teh hijau maupun oolong yang dimiliki akan memberikan kualitas rasa maksimal.

Begitupun dengan manfaatnya karena nutrisi di dalamnya tidak rusak oleh suhu air yang salah.

Memperhatikan Takaran Teh

Hal penting berikutnya adalah berkaitan dengan takaran teh yang diseduh, dan perihal takaran memang idealnya disesuaikan selera.

Sebab beberapa orang memang lebih suka teh yang kental dan aromanya kencang, sedangkan beberapa lagi menyukai yang sebaliknya.

Namun secara umum, menyeduh teh bisa mendapatkan rasa maksimal dengan memakai takaran yang sudah baku.

Misalnya saja menggunakan satu sendok teh untuk satu cangkir air. Akan lebih ideal lagi jika ditimbang, yakni mengambil antara 2-2.5 gram daun teh untuk diseduh dengan 220 ml air.

Jika menyeduh dengan teko, maka bisa melihat dulu kapasitas air yang bisa ditampung teko tersebut.

Sehingga bisa menentukan berapa gram daun teh kering yang akan dimasukan ke dalamnya untuk kemudian diseduh.

Jenis Teh yang Digunakan

Di pasaran Anda bisa menjumpai dua bentuk teh, pertama teh berbentuk daun kering yang masih utuh dan akrab disebut teh tubruk.

Sedangkan pilihan kedua adalah teh celup, yakni daun teh yang sudah dihaluskan lalu dibungkus ke dalam kantong-kantong khusus teh.

Jika ingin mendapatkan aroma dan rasa yang maksimal, lebih dianjurkan memilih teh tubruk. Daun teh yang menggulung ketika diseduh dengan air hangat akan mengembang dan aromanya lebih optimal.

Kualitasnya juga lebih baik, sehingga kandungan antioksidan di dalam teh tubruk lebih tinggi dibanding teh celup.

Apalagi teh celup sendiri umumnya diproses dari ampas daun teh yang dikeringkan, kemudian dicacah sampai kecil dan dimasukan kantong.

Kualitas teh yang aslinya ampas tentu tidak lebih baik dari daun teh yang masih lebar dan menggulung.

Belum lagi dengan kandungan klorin maupun bahan kimia lain yang terkandung di dalam kantong teh celup. Sehingga pilihan lebih sehat dan lebih nikmat adalah teh tubruk.

Waktu Penyeduhan

Waktu untuk menyeduh teh sebaiknya juga diperhatikan dengan seksama, sebab terlalu sebentar diseduh rasa dan aroma teh akan sangat tipis atau terlalu tipis.

Sementara jika terlalu lama maka akan terlalu kental dan warna seduhan terlalu gelap.

Dikabarkan juga untuk teh yang diseduh terlalu lama malah akan meningkatkan kadar kafein, sehingga kurang bagus untuk kesehatan apalagi jika diminum berlebihan.

Menyeduh teh idealnya dilakukan antara 3-5 menit saja itupun dengan catatan sudah menggunakan suhu air yang tepat. Waktu menyeduh berbeda-beda tergantung pada varian teh yang dipilih.

Teh putih lebih cocok diseduh antara 4-5 menit, sedangkan untuk teh hijau, teh hitam, dan teh oolong cukup 3 menit saja.

Ampas daun teh yang sudah diseduh sebaiknya tidak direndam terlalu lama, Anda bisa menggunakan saringan untuk memisahkannya. Ampas teh ini bisa diseduh kembali untuk beberapa jam mendatang.

Semakin bagus kualitas daun tehnya maka dalam sehari bisa diseduh maksimal sampai 3 kali, dan akan tetap memberikan rasa sampai manfaat yang sama.

Rasa maksimal dan manfaat yang kaya bisa didapatkan jika Anda teliti dalam menyeduh teh yang disukai.

Jadi perhatikan beberapa hal penting di atas untuk memastikan teh favorit Anda terseduh dengan benar. Tak hanya semakin nikmat namun juga semakin menyehatkan.

Selalu pula gunakan teh berkualitas terbaik untuk mendapatkan antioksidan dalam jumlah lebih banyak, sehingga manfaatnya bagi kesehatan lebih kompleks.

Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh yang menyediakan teh grade I. Silahkan hubungi customer service kami untuk bertanya-tanya dulu ataupun melakukan pemesanan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: