cara meracik teh tarik

Cara Meracik Teh Tarik Sendiri, Agar Sesuai Selera

Suka dengan teh tarik? Maka Anda bisa mencoba mempelajari cara meracik teh tarik sendiri di rumah. Teh yang berasal dari masyarakat Melayu ini memang penyebarannya cukup merata.

Apalagi di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan Indonesia. Campuran teh dan susu kemudian yang diracik sedemikian rupa ini semakin segar ketika ditambahkan potongan es batu.

Menjadi pilihan ternikmat untuk melepaskan dahaga di tengah cuaca yang terik. Teh ini juga banyak dijual di mall-mall atau pedagang kaki lima di pinggiran jalan.

Bahan dan Alat untuk Cara Meracik Teh Tarik Sendiri

Berbicara mengenai teh tarik, Anda sudah tahu belum bagaimana cara meraciknya? Tidak hanya bisa membeli, Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri karena ternyata tidak terlalu sulit.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Persiapkan bahan maupun peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum meracik teh yang sedap ini. Berikut ini daftar lengkap apa saja bahan dan alat yang harus disiapkan:

  • 1 sdt teh tabur
  • 20 mililiter Susu Kental manis
  • 200 mililiter Air Panas
  • Es Batu (Sesuai Selera)
  • Shaker (Wadah Pengocok)

Langkah Cara Meracik Teh Tarik Sendiri

Setelah Anda mengetahui apa saja bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk menyeduh teh tarik. Sekarang waktunya untuk praktek langsung mempergunakan peralatan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Seduh Teh Dulu Dalam Cara Meracik Teh Tarik

Langkah pertama untuk membuat teh jenis ini, tentu saja dengan menyiapkan tehnya terlebih dahulu. Anda bisa memilih jenis teh yang memiliki rasa kuat, seperti teh hitam atau black tea.

Anda bisa menyeduh teh seperti biasa dan diamkan selama beberapa saat. Pastikan bahwa Anda menggunakan air panas yang cukup dan sesuai dengan perbandingan susu kental manis yang akan dicampurkan nanti.

Jika kurang cocok dengan teh hitam Anda bisa menggantinya dengan teh jenis lainnya, baik teh hijau maupun teh oolong.

Kocok Teh Dingin dengan Susu Kental Manis

Jika sudah dingin, Anda bisa mencampurkan teh tadi dengan susu kental manis. Mencampurnya tidak dilakukan dengan cara biasa, melainkan menggunakan shaker. Jadi Anda bisa menggunakan shaker tersebut dan memastikan sudah teraduk dengan sempurna.

Namun jika tidak memiliki shaker, tidak mengapa membuatnya dengan gelas dan diaduk seperti biasa. Pastikan diaduk sampai tercampur rata agar tidak ada susu yang mengendap, sehingga rasanya lebih memuaskan.

Campurkan dan Tarik Hingga Merata

Langkah berikutnya berkaitan dengan mencampur dan menarik adukan teh, yang merupakan langkah unik dari pembuatan teh tarik ini. Silahkan lakukan pencampuran dan pindahkan adukan dari satu wadah ke wadah lain dengan cara ditarik.

Maksud dari menarik campuran teh dengan susu ini adalah dengan menggunakan dua wadah berbeda. Bisa memakai teko maupun cangkir, pertama taruh teh di salah satu teko.

Tuangkan ke teko satunya, begitu bergantian sampai muncul sedikit buih. Teknik khas ini konon akan meningkatkan kualitas rasa dari teh tarik.

Tambahkan Es Batu Sesuai Selera

Terakhir, Anda juga bisa menambahkan es batu untuk menghasilkan teh tarik dingin. Biasanya ada beberapa yang menyukai teh tarik dengan suhu normal, namun ada juga yang menyukainya disajikan dingin.

Jadi silahkan tambahkan es batu sesuai selera selera. Jika langsung diminum usai dibuat maka rasanya lebih memanjakan lidah.

Itulah penjelasan mengenai cara menyeduh teh tarik sendiri yang bisa dipraktekan langsung di rumah. Bahan yang dibutuhkan simpel dan peralatannya pun tidak sulit untuk didapatkan.

Agar rasanya tidak kalah enak dengan teh tarik di café-café atau rumah makan. Maka ikuti resep di atas, namun jika takaran di resep dirasa kurang sesuai selera. Anda bisa melakukan modifikasi untuk memastikan rasanya pas dengan selera pribadi.

Gunakan selalu teh dengan kualitas premium untuk hasil seduhan yang lebih baik. Anda bisa membelinya di Daun Seduh, penyedia produk teh kualitas premium di tanah air.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: