cara minum teh hijau

Cara Minum Teh Hijau Agar Semakin Nikmat dan Bermanfaat

Teh hijau memang bermanfaat, tetapi sudahkah Anda tahu bagaimana cara minum teh hijau yang benar? Agar manfaatnya tak menguap, Anda harus tahu bagaimana cara meminum teh hijau yang benar.

Memahami cara terbaik minum teh jenis ini sangat penting diketahui agar tak hanya terasa enak. Akan tetapi juga bisa menikmati kandungan gizi di dalamnya yang memberi sekian manfaat bagi tubuh.

Teh hijau rupanya jika diseduh dengan cara yang keliru atau dinikmati dalam moment yang salah, malah mengurangi manfaatnya. Apalagi jika berhubungan dengan kesalahan menentukan suhu air untuk penyeduhan.

Salah-salah malah kandungan alami dan baik di dalamnya menguap. Sama halnya seperti sayuran, misalnya saja sayur bayam meski kaya vitamin namun jika dimasak terlalu lama maka akan menyisakan ampas saja.

Maka kenali dulu cara pembuatan dan konsumsi teh hijau baru kemudian rutin meminumnya.

Cara Minum Teh Hijau yang Baik dan Benar

Kandungan gizi teh hijau yang sangat banyak. Meski begitu, manfaatnya akan sia-sia jika Anda meminum teh hijau dengan cara yang salah. Untuk itu, Anda perlu mengikuti beberapa cara meminum teh hijau berikut ini.

Cara Minum Teh Hijau Saat Masih Segar dan Hangat

Untuk menjaga kandungan nutrisi di dalam teh hijau, Anda harus meminumnya dalam kondisi masih segar atau masih hangat. Jadi, setelah Anda menyeduhnya dengan air panas, tunggu sampai hangat dan bisa diminum.

Lalu, langsung habiskan selagi masih hangat. Teh hijau hangat lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan teh hijau yang diminum dalam kondisi dingin.

Seduh dengan Cara yang Benar

Teh hijau untuk diet juga harus diseduh dengan benar. Anda bisa menyeduh teh hijau dengan air mendidih agar kandungannya bisa tercampur sempurna dengan air.

Jadi, rasa dan warnanya bisa sempurna. Jika tidak ada air mendidih, setidaknya Anda harus menyeduh teh dengan dengan suhu antara 80 – 90 derajat celcius.

Dengan cara ini, kandungan gizi baik dalam teh hijau bisa tercampur semua dengan air panas sehingga lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Cara Minum Teh Hijau dengan Tanpa Gula

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan teh hijau untuk diet. Untuk menjaga manfaatnya, Anda tak disarankan untuk menambahkan gula dalam teh yang Anda buat.

Seperti yang sudah kita tahu, teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan juga asam amino. Dua nutrisi ini sangat bagus untuk mendukung kesehatan tubuh juga menurunkan berat badan.

Akan tetapi, jika Anda menambahkan gula, Anda akan kehilangan manfaat tersebut.

Tak hanya gula, Anda juga tak boleh menambahkan susu dalam teh jenis ini. Protein dalam susu atau sedikit kalori yang ada dalam madu jika bercampur dengan flavonoid dalam teh hijau akan menimbulkan suatu reaksi yang negatif.

Akibatnya, manfaat teh hijau pun tidak bisa dirasakan oleh tubuh. Namun untuk mengurangi rasa sepat yang pekat Anda masih aman menambahkan gula batu, jadi bisa dipertimbangkan.

Tak Perlu Terlalu Pekat

Tenang, untuk bisa merasakan manfaat teh hijau, Anda tak perlu membuat teh hijau yang pekat. Bagi Anda yang tak suka rasa pahit dari teh, mengonsumsi teh hijau yang pekat tentu saja akan sangat menyiksa.

Untuk memperoleh manfaat sempurna dari teh hijau, Anda justru disarankan untuk membuat teh hijau yang tak terlalu pekat. Minum saja teh hijau yang ringan. Teh semacam ini justru lebih bermanfaat dibandingkan teh yang terlalu pekat.

Ini adalah rahasia cara minum teh hijau yang wajib Anda tahu. Teh hijau yang kaya manfaat adalah teh hijau yang diseduh secara ringan alias tidak terlalu pekat.

Ditambah seduhan yang terlalu pekat akan semakin pahit dan sepat. Kandungan kafein di dalamnya juga meningkat, jadi seduh ringan saja dan warnanya masih hijau kekuningan.

Jangan Mengonsumsi Teh Hijau Bersamaan dengan Obat atau Suplemen

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan untuk cara minum teh hijau yang benar, yaitu jangan mengkonsumsi teh hijau bersamaan dengan obat-obatan atau suplemen lainnya.

Meski teh hijau mengandung serangkaian gizi yang baik, kita tidak pernah tahu bagaimana reaksi kimia yang terjadi antara kandungan teh hijau dengan obat-obatan tersebut.

Jadi, demi mengurangi efek buruknya, sebaiknya jangan minum teh hijau bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Kecuali jika diberi jeda, yakni sekitar 1 sampai 2 jam usai konsumsi obat, maka bisa meminum seduhan teh hijau yang menenangkan.

Hindari Minum Teh Hijau di Tengah Makan

Minum teh hijau juga dianjurkan di luar jam makan, jadi kebiasaan memesan makanan bersama teh hangat atau es teh adalah salah. Dikatakan demikian karena teh jenis apapun, entah itu teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan sebagainya punya sifat alami mengikat nutrisi.

Otomatis jika dikonsumsi sambil makan berat seperti nasi beserta lauk-pauknya. Maka nutrisi dari makanan tersebut tidak bisa diserap tubuh. Bukannya memiliki tubuh yang sehat malah mendapati kondisi mal nutrisi jika terlalu sering dilakukan.

Meskipun teh sudah dikenal sejak lama ternyata belum banyak yang tahu bagaimana cara terbaik menikmatinya. Salah dalam menyeduh teh akan mempengaruhi rasa, tampilan, sampai khasiatnya.

Sebab selama proses penyeduhan menentukan pula apakah kandungan nutrisi di dalam teh tetap bertahan ataukah rusak.

Informasi di atas bisa dijadikan patokan agar bisa menyeduh teh hijau dengan baik dan benar. Anda pun bisa merasakan semua manfaat yang ditawarkan, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Nikmati selalu teh dengan kualitas terbaik, yakni yang disediakan oleh Daun Seduh. Dijamin memperoleh teh hijau dan jenis lainnya dengan kualitas premium. Rasa menjadi lebih baik dan manfaatnya pun lebih menarik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: