cara minum teh untuk diet

Cara Minum Teh Hitam untuk Diet yang Tepat dan Tentunya Efektif!

Pernahkah mencoba diet dibantu dengan teh? Jika tertarik maka bisa memilih teh hitam, namun pastikan tahu dulu cara minum teh hitam untuk diet.

Pasti banyak dari Anda yang pernah mendengar bahwa salah satu jenis teh yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah teh hijau. Tapi faktanya teh hitam juga efektif untuk menggelontor lemak-lemak jahat keluar dari tubuh secara alami.

Hal ini berdasarkan riset yang pernah diselenggarakan oleh University of California di Los Angeles. Meskipun demikian untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang diinginkan Anda juga harus meminumnya dengan tepat dan diimbangi gaya hidup sehat.

Silakan menyimak ulasan berikut untuk mendapatkan informasinya.

Mengetahui Cara Minum Teh Hitam untuk Diet

Para peneliti memprediksi bahwa senyawa yang paling berperan dalam penurunan berat badan ini adalah polifenol yang terkandung baik dalam teh hijau atau teh hitam.

Secara awam polifenol dapat dijelaskan sebagai salah satu antioksidan yang dapat membantu menurukan bobot tubuh dalam diet Anda sekaligus dapat menjaga kesehatan jantung.

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau lebih mudah terserap ke dalam darah, sementara dalam teh hitam akan terserap ke dalam usus karena ukurannya yang terlalu besar untuk memasuki aliran darah.

Inilah sebabnya teh hitam lebih efektif untuk diet mengatasi obesitas. Teh hitam juga berkhasiat menjaga kestabilan sistem metabolisme dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Bakteri yang berkembang dalam usus ini disebut Pseudobutyrivibrio.

Jadi kesimpulannya kedua jenis teh tersebut merupakan prebiotik yang dapat meningkatkan perkembagan mikroorganisme baik. Nantinya akan berdampak positif bagi kesehatan seseorang secara umum dan mempertahankan bentuk tubuh ideal.

Meskipun begitu aturan minum teh hitam untuk diet tetap harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat seoptimal mungkin. Mengkonsumsi teh jenis apa pun, mustahil membuat Anda langsing dalam waktu cepat tanpa menggabungkannya dengan pola makan yang sehat dan olahraga.

Apabila memilih teh hitam, maka simak penjelasan berikut agar bisa meminumnya dengan tepat:

Cara Minum Teh Hitam untuk Diet dengan Penyeduhan yang Tepat

Hindari menggunakan wadah yang terbuat dari logam untuk menyeduh teh agar tidak merusak aroma teh tersebut. Sebaiknya gunakan teko atau gelas keramik untuk keperluan tersebut.

Ambillah 1 sendok teh daun teh hitam dan tuangkan 200 ml air mendidih ke dalam teko atau gelas dan putar-putarlah wadahnya agar proses penyeduhan berjalan merata.

Teh hitam harus diseduh dengan air mendidih agar seluruh kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dalam teh tersebut dapat terlarut sempurna dalam air.

Setelah itu Anda harus mendiamkannya selama 3 sampai 5 menit lalu disaring. Anda pun dapat menikmati teh hitam tersebut dalam kondisi hangat setelah dengan dicampur sedikit gula atau madu.

Bila suka Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau nipis. Apabila konsumsi teh hitam untuk diet sebaiknya nikmati teh tanpa menambahkan gula.

Waktu Terbaik Menikmati Teh Hitam

Agar khasiat teh memberikan hasil seperti yang Anda inginkan, ketahui pula waktu-waktu terbaik untuk mengkonsumsinya. Teh hitam bisa dikatakan sebagai satu-satunya jenis teh yang mengandung kafein berkat proses fermentasi yang dilaluinya.

Maka waktu terbaik untuk meminumnya adalah di pagi hari dan siang hari. Jika diminum di malam hari dikhawatirkan malah menyebabkan tidur Anda terganggu.

Apabila punya maag maka dianjurkan diminum setelah makan, dengan diberi jeda satu jam paling minim. Sebab bagaimanapun juga teh hitam punya sifat mengikat nutrisi sama dengan teh jenis lainnya, maka jangan diminum di tengah makan.

Minum Sebelum Makan

Minum teh hitam sebelum makan diketahui lebih efektif dalam membakar lemak, namun tidak disarankan untuk Anda yang punya maag. Sebab dapat membantu mempercepat proses pencernaan makanan tersebut.

Pastikan diminum minimal satu jam sebelum jam makan, untuk mempersiapkan metabolisme tubuh. Sehingga makanan yang disantap bisa lebih cepat tercerna, dan penyerapan nutrisinya tidak mengalami masalah.

Semakin Rutin Semakin Baik

Hasil akan lebih optimal untuk menunjang diet jika teh hitam diminum secara rutin, yakni antara 1-4 cangkir sehari. Sebab teh ini merupakan bahan alami dan akan memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukan hasilnya.

Jika dibandingkan dengan obat diet yang mengandung bahan kimia, meski bekerja cepat namun efek sampingnya bisa membuat siapa saja menyesal.

Hindari minum secara berlebihan, karena meski diminum lebih banyak tidak berarti bisa mempercepat penurunan berat badan. Nantinya malah menyebabkan efek samping karena seperti yang disinggung sebelumnya, teh hitam juga punya kafein.

Jika merasa kurang suka dengan rasa dari teh hijau ataupun teh oolong yang cenderung lebih pahit. Maka untuk membantu diet alami yang dijalankan bisa beralih ke teh hitam yang juga punya sifat mempercepat pembakaran lemak.

Supaya hasilnya efektif silahkan diminum dengan cara yang tepat, yakni sesuai penjelasan di atas.

Tidak lupa pula untuk selalu menggunakan teh hitam berkualitas, seperti yang disediakan Daun Seduh karena memiliki teh kualitas grade I.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: