cara minum teh hitam

Cara Minum Teh Hitam yang Baik dan Benar Agar Khasiatnya Tidak Hilang

Suka dengan teh hitam? Maka ketahui dulu cara minum teh hitam yang baik dan benar seperti apa agar manfaatnya lebih terasa. Memang tidak salah bila teh dijuluki sebagai salah satu minuman yang paling sehat di dunia mengingat manfaatnya bagi tubuh yang begitu banyak.

Teh berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan saat Anda sedang menjalankan program diet untuk mengatasi obesitas. Selain itu semua jenis teh juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu menghindarkan efek buruk radikal bebas.

Beberapa jenis teh, termasuk teh hitam juga dipercaya dapat mencegah serta mengatasi perkembangbiakan sel abnormal pemicu kanker.

Agar khasiat teh secara maksimal dapat Anda rasakan, ketahui cara minum teh hitam yang benar sehingga dapat Anda praktekkan dalam keseharian.

Mengetahui Cara Minum Teh Hitam yang Tepat

Walaupun bermanfaat bagi tubuh tapi antioksidan yang terkandung dalam teh juga tidak direkomendasikan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Apalagi untuk teh hitam yang dibuat dengan proses fermentasi sehingga mengandung kafein, meski tidak sebanyak kopi. Teh hitam dan teh jenis lainnya juga tidak dianjurkan diminum bersamaan dengan kegiatan makan.

Alasannya karena bersifat mengikat nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Nah, berikut ini adalah cara mengkonsumsi berbagai jenis teh yang disarankan, termasuk teh hitam:

Cara Minum Teh Hitam 3 Cangkir Sehari Cukup

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh hitam maupun teh hijau, dalam sehari porsi yang disarankan adalah maksimal 2 hingga 3 cangkir.

Alasannya karena senyawa flavonoid dan tannin pada teh mempunyai kandungan antioksidan berdosis tinggi yang bila masuk terlalu banyak pada tubuh justru dapat mengganggu fungsi hati.

Jadi, ingatlah apa pun yang terlalu itu tidak baik, termasuk makanan dan minuman yang diklaim menyehatkan.

Hindari Minum Teh Saat Perut Kosong

Cara minum teh hitam yang benar berikutnya adalah tidak dikonsumsi saat perut kosong terutama di pagi hari. Padahal banyak orang yang masih melakukan hal ini karena menganggap lemak pada tubuh bisa luruh secara maksimal sehingga tubuh ideal dapat diraih dalam waktu singkat.

Faktanya, konsumsi teh saat perut kosong justru bisa membuat perut Anda kurang nyaman karena meningkatkan kadar asam lambung.

Bila hal ini terus-menerus dilakukan dan dalam waktu yang lama, alih-alih sehat dan langsing Anda bisa mengalami peradangan serius pada lambung.

Hasil Lebih Baik Jika Diseduh Sekali, Maksimal Tiga Kali

Hasil lebih baik jika teh hitam diseduh sekali saja dan diminum secangkir dalam sehari. Hanya saja jika menggunakan teh hitam berkualitas tinggi, seperti yang disediakan Daun Seduh.

Maka penyeduhan bisa dilakukan tiga kali, namun jangan sampai menginap semalaman. Artinya menyeduh dimulai pertama kali di pagi hari, siang harinya ditambah air panas lagi dan begitupun di malam hari.

Hanya saja untuk seduhan kedua dan ketiga umumnya warna air teh tidak akan sepekat seduhan yang pertama. Agar kandungan zatnya tidak rusak pastikan suhu airnya pas dan ditambahkan air dalam jumlah yang pas.

Selain itu jangan diseduh terlalu lama, tunggu 3 menit saja dan langsung disaring untuk diminum airnya. Jika terlalu pekat maka seduhan kedua dan ketiga akan terlalu terang.

Jangan Minum Teh Segera Setelah Makan

Tak sedikit orang yang langsung mengkonsumsi teh segera setelah menyantap makanan berlemak karena menganggap dapat meluruhkan lemak dalam waktu singkat.

Padahal hal ini tak disarankan karena tubuh Anda tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tersebut secara optimal. Akibatnya Anda bisa mengalami kekurangan protein dan zat besi.

Berilah waktu paling sedikit 45 menit atau 1 jam sebelum meminum teh hitam setelah makan yang berfungsi menghasilkan sel darah merah, meningkatkan energi, dan meningkatkan daya tahan.

Jadi penyebab Anda sering merasa lemas dan kurang bugar selama ini mungkin karena kebiasaan minum teh langsung setelah makan. Mengingat sifat teh yang mengikat nutrisi, kebiasaan ini sebaiknya dihindari.

Banyak Minum Air Putih

Cara minum teh yang baik berikutnya adalah mengimbanginya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ini dilakukan karena teh bersifat diuretik karena kandungan kafeinnya yang dapat merangsang buang air kecil berkali-kali.

Teh juga membuat kandung kemih semakin sensitif sehingga keinginan BAK menjadi lebih sering. Menghindari dehidrasi konsumsilah lebih banyak air putih.

Teh hitam menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi rutin, dan cita rasanya dijamin familiar karena kebanyakan teh di Indonesia yang beredar di pasaran.

Merupakan teh hitam meskipun kualitas gradenya tidak bisa dikatakan paling bagus. Supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik dari teh jenis ini usahakan mengkonsumsi teh kualitas terbaik.

Sehingga Anda tidak hanya menikmati seduhan teh hitam dan keluar uang saja akan tetapi juga mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: