daun teh

Daun Teh dan Manfaatnya

Jika ada minuman tradisional yang tak lekang oleh jaman, daun teh bisa jadi masuk di daftar teratas. Ya, siapa yang tak kenal daun kaya manfaat ini. dan kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu Negara penghasil teh terbaik di dunia.

Atau biasa dikenal sebagai teh berkualitas premium. Taukah Anda, jika teh nyatanya tak hanya sekedar minuman pelepas dahaga saja. Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam secangkir teh.

Beragam Manfaat yang Bisa Didapatkan

Apalagi, jika Anda mampu mengkonsumsi teh dari jenis tertentu, yang memang memiliki kandungan khas untuk tubuh. Berikut detail informasinya: 

Menjaga Kepadatan Tulang

Salah satu manfaat daun teh yang belum banyak diketahui oleh masyarakat awam ialah, ia mampu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Khususnya untuk mencegah terjadinya radang pada persendian. Supaya bisa memperoleh manfaatnya, Anda perlu mengkonsumsi teh sebanyak dua hingga tiga cangkir dalam sehari.

Mengurangi Resiko Kanker

Selanjutnya, mengkonsumsi teh secara rutin, juga mampu mengurangi resiko kanker. Siapa yang tak tahu, bahwa daun teh memang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan ini menjadi salah satu zat yang mampu menangkal radikal bebas, sebagai penyebab utama terjadinya kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan pada teh juga mampu menjaga kecantikan kulit, baik dari luar maupun dalam. Salah satu efek jangka panjangnya adalah Anda akan tampak awet muda.

Daun Teh Baik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Bagaimana dengan manfaat teh untuk kesehatan mulut dan gigi? Wah, bagi Anda yang memiliki masalah bau mulut, bisa mencoba rutin minum teh..

Ternyata, teh juga baik untuk memelihara kesehatan mulut dan gigi. Salah satu masalah pada mulut yang sangat mengganggu adalah bau mulut. Kondisi ini tak ayal membuat tingkat percaya diri menjadi berkurang.

Bau mulut memang bukan hal yang berbahaya. Namun, jika tak segera diatasi, bukan tak mungkin akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali penyebab utamanya. Seperti, kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi, gigi berlubang, terdapat karang pada gigi, panas dalam, dan lain sebagainya.

Adapula, orang-orang yang terlahir dengan bau nafas yang khas. Nah, kondisi ini dapat mengganggu performa seseorang. Untuk itu, ada beberapa cara dalam mengatasi masalah bau mulut ini. Salah satu cara yang mudah dan sederhana adalah dengan minum teh.

Daun teh hijau memiliki kandungan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan mulut. Salah satunya, adalah dapat mencegah gigi berlubang.

Tak heran, jika ada beberapa produk pasta gigi yang memiliki kandungan teh hijau. Senyawa polifenol nyatanya mampu mengatasi bau tak sedap pada mulut.

Sebuah penelitian dari The University of British Columbia’s Faculty of Dentistry menyatakan, bau mulut dapat diatasi dengan menaburkan bubuk teh hijau pada mulut. Setelah beberapa saat, maka aroma nafas akan menjadi lebih baik.

Daun Teh Bisa Menjaga Berat Badan

Manfaat daun teh yang paling terkenal di seantero negeri adalah untuk memelihara berat badan. Ada berapa banyak produk pelangsing yang menggunakan teh sebagai bahan utamanya?

Hal ini seperti telah memperkuat fakta bahwa teh memang terbukti ampuh untuk menjaga berat badan. Sehingga berat badan yang dimiliki tetap ideal.

Dari sekian banyak jenis teh, setidaknya ada dua jenis yang bekerja efektif dalam menurunkan berat badan. Yaitu, teh hijau dan teh putih, sebab teh hijau mampu memicu penurunan berat badan.

Hal ini karena teh hijau memiliki senyawa kombinasi dari kafein dan ECGC yang memang terbukti mampu menurunkan berat badan. Selain itu, ada pula teh putih yang mampu memecah lemak dalam tubuh. Sehingga,lemak lebih mudah luruh.

Teh jenis ini juga dapat mencegah kolesterol, diabetes, dan serangan jantung. Setelah mengetahui berbagai manfaat daun teh, sepertinya Anda tak punya alasan lagi untuk menolak secangkir teh di pagi dan sore hari.

Agar mendapatkan manfaatnya, maka pilihlah jenis teh berkualitas. Jika ingin meningkatkan rasanya, bisa ditambah dengan es batu, madu, dan perasan buah lemon.

Pahami dengan baik bagaimana memilih teh berkualitas supaya bisa mendapatkan cita rasa maupun manfaat yang maksimal.

 

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: