daun teh kering

Daun Teh Kering dan Cara Memilihnya dengan Benar 

Daun teh kering sesungguhnya bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini semacam minuman wajib, yang tak memiliki batasan usia, gender, hingga strata sosial.

Bisa dikatakan, hampir seluruh masyarakat Indonesia merupakan peminum teh sejati. Terbukti, es teh maupun teh hangat selalu hadir di setiap gerai makan sebagai pendamping aneka menu.

Berbeda dengan peminum teh pada umumnya, penikmat teh tentu lebih selektif dalam menjatuhkan pilihannya.

Teh dengan sensasi aromatic yang khas, dan rasa yang spesifik, biasanya memiliki penggemar tersendiri. Lalu, sebetulnya apa yang membedakan teh satu dengan yang lainnya?

Mengenal Jenis Teh

Tahukah Anda jika teh di Indonesia bahkan dunia terdiri dari berbagai jenis varian? Ya, di Indonesia sendiri setidaknya ada 4 jenis teh yang telah banyak dikenal dan memiliki banyak penggemar.

Seperti teh putih, teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki ciri khas yang membedakan satu sama lain. Mulai dari warna daun, aroma, dan rasanya.

Di Indonesia, paling banyak terdapat teh hijau dan teh hitam. Dapat dikatakan, tiga perkebunan besar, seperti PTPN, Perkebunan besar milik swasta, dan perkebunan teh milik rakyat menanam kedua jenis teh ini. Sedangkan teh putih dan teh oolong jumlahnya lebih sedikit.

Meskipun teh kering nampak seperti sama semua. Namun, sesungguhnya setiap jenis teh memiliki perbedaan.

Jenis teh hijau dan teh hitam memiliki tampilan yang lebih besar, jika dibandingkan dengan teh putih dan teh oolong.

Pun dari segi rasanya, dimana teh hitam dan teh hijau memiliki rasa yang lebih pekat. Sedangkan teh putih dan teh oolong punya rasa ringan. 

Cara Memilih Daun Teh Kering

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih teh yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan manfaat yang berlimpah setiap kali menyeduhnya:

Dikemas dengan Baik

Teh yang berkualitas melewati serangkaian proses, mulai dari pemetikan, proses pengeringan hingga pengemasan yang dilakukan secara khusus dan profesional.

Hal ini tentu dilakukan untuk menjaga kualitas teh, agar tetap baik hingga sampai ke lidah penikmat teh tersebut.

Tak heran, jika daun teh kering yang diperlakukan istimewa tersebut, akan tetap mengeluarkan rasa dan aroma harum yang khas.

Bentuk Fisik Teh

Teh berkualitas memiliki bentuk daun teh kering yang utuh. Tidak dalam bentuk serbuk atau terpecah belah.

Selain itu, teh dengan kualitas baik juga meskipun telah dikeringkan akan tetap menampilkan warna khasnya, sesuai dengan varian teh masing-masing.

Aroma Daun Teh Kering

Selanjutnya, Anda juga dapat mengidentifikasi teh yang memiliki kualitas baik dari aromanya. Tentu, akan ada aroma khas teh, tanpa meninggalkan bau apek, bau kayu, ataupun bau tanah.

Tips Penyimpanan

Jika sudah mendapatkan teh kering berkualitas, maka Anda juga harus memastikan kualitasnya tetap terjaga, dengan menyimpannya secara tepat.

Cara menyimpan teh sangat mudah dan sederhana. Anda sebaiknya memastikan teh kering ditempatkan pada tempat yang bersih dan kering.

Simpan dalam wadah kedap udara juga, agar tak mudah terserang jamur sekaligus menjaga agar tak merubah aroma dan rasanya.

Tak kalah pentingnya, adalah memastikan tempat penyimpanan teh terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Daun teh kering yang disimpan secara tepat, dapat bertahan lama. Namun, untuk menjaga kualitasnya sebaiknya Anda membeli dalam jumlah yang cukup saja.

Agar tak menyimpannya terlalu lama. Cukup untuk persediaan satu hingga dua minggu saja. Sehingga Anda dapat menikmati rasa dan aroma terbaik setiap kali menyeduh. 

 

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: