efek samping dari teh hitam

Efek Samping dari Teh Hitam, Berikut Detail Informasinya

Pernahkah mendengar adanya efek samping dari teh hitam? Teh hitam diproduksi dari 3 daun teh pucuk camellia sinesis yang mengandung senyawa antibiotic polifenol cukup tinggi.

Teh hitam juga mengandung katekin, yang berbeda dari zat tanaman teh lainnya.

Katekin yang terdapat dalam teh hitam berfungsi sebagai antioksidan, antiradiasi, anti tumor, dan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Membaca penjelasan tersebut bisa dikatakan tidak ada efek saping negatif dari teh hitam.

Siapa saja yang mengkonsumsi teh ini secara rutin, akan merasakan manfaat tersendiri bagi kesehatannya.

Efek Samping dari Teh Hitam yang Tak Merugikan

Sama seperti teh melati, teh hitam juga memiliki aroma khas yang bisa menenangkan pikiran menjadi lebih rileks. Cocok dikonsumsi pada saat pagi hari, sebelum memulai aktivitas.

Atau di siang hari, saat istirahat di sela-sela jam kerja. Lalu, apalagi manfaat dari teh hitam yang bisa dirasakan oleh para penikmatnya ?

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Kolesterol

Beberapa peneliti medis telah membuktikan bahwa, seseorang yang mengkonsumsi 1-2 gelas teh hitam setiap hari. Akan mengalami penurunan resiko terserang penyakit jantung serta dapat menekan penimbunan kolesterol 46-69% per harinya.

Jadi untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung bisa rutin meminum teh jenis ini. Namun imbangi pula dengan gaya hidup sehat seperti olahraga dan jaga pola makan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Efek samping positif dari teh hitam yang kedua yaitu mampu meningkatkan laju metabolisme di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan dicegah, sehingga membuat tubuh tidak gampang sakit.

Meski melakukan aktivitas padat seharian tubuh akan lebih bugar. Namun teh hitam bukanlah suplemen, manfaat ini didapat dari kandungan kafein di dalamnya. Selama tidak diminum berlebihan maka akan tetap aman.

Efek Samping dari Teh Hitam Pada Berat Badan

Teh hitam merupakan salah satu minuman yang paling sering diandalkan untuk diet. Bahkan beberapa orang yang ingin memiliki tubuh ideal, hanya mengandalkan untuk mengkonsumsi teh hitam saja setiap harinya.

Hal ini dikarenakan, kandungan katekin polifenol yang ada didalam teh hitam, mampu mempercepat pembakaran lemak yang ada ditubuh. Sehingga, rutin mengkonsumsi teh hitam, mampu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Kafein di dalamnya juga bisa menjadi booster bagi energi sehingga baik diminum sebelum berolahraga. Supaya lebih semangat untuk olahraga dan membakar kalori dalam jumlah lebih banyak. Proses kurus pun menjadi lebih cepat.

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Karena rasa asli dari teh hitam adalah cenderung pahit, maka mengkonsumsinya rutin mampu menurunkan resiko penumpukan gula dalam darah. Namun dengan catatan, Anda tidak menambahkan gula ke dalam seduhan teh tersebut.

Karena, gula akan membuat zat-zat yang terkandung dalam teh hitam cukup memudar. Bahkan beberapa peneliti mengatakan, teh hitam mampu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes.

Agar tidak terasa terlalu pahit maka bisa diminum saat masih hangat dan tidak diseduh terlalu lama. Semakin pekat hasil seduhannya maka semakin pahit, jadi jangan terlalu lama didiamkan.

Menurunkan Resiko Kanker

Sejumlah studi dan survey yang telah dilakukan, mencatat bahwa kandungan polifenol yang ada dalam teh hitam memberi manfaat beragam. Salah satunya mampu menurunkan resiko terserang kanker baik pada wanita maupun pria.

Tak heran jika beberapa dokter menyarankan pasien yang terserang kanker, untuk terapi konsumsi teh hitam. Kinerja teh hitam yang mampu menurunkan resiko terserang kanker tersebut, akan lebih maksimal lagi apabila diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat.

Efek Samping dari Teh Hitam untuk Pencernaan

Lagi-lagi, kandungan polifenol yang terdapat dalam teh hitam mampu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan polifenol mampu menjaga bakteri baik yang ada di saluran cerna.

Antioksidan akan membuat bakteri baik berkembang dengan cepat dan menangkal bakteri jahat yang biasanya masuk bersama dengan makanan. Maka dari itu, sistem pencernaan akan berjalan dengan lancar, dan akan berdampak baik bagi seluruh sistem dalam tubuh.

Efek samping teh hitam di atas, hampir semuanya berdampak baik pada kesehatan tubuh. Namun ternyata, efek positif mengkonsumsi teh hitam tidak cukup sampai disitu.

Teh hitam juga bermanfaat untuk kecantikan. Membuat kulit menjadi lebih lembab. 1-2 gelas teh hitam pada pagi hari dan sebelum tidur. Mampu membuat kulit tampak terlihat lebih segar, lembut dan juga tidak kusam.

Apalagi jika menggunakan teh hitam premium seperti yang disediakan Daun Seduh. Sedangkan untuk harga teh hitam maupun ketersediaan stoknya bisa menghubungi kontak Customer Service yang tersedia.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: