efek samping minum teh hijau

Efek Samping Minum Teh Hijau yang Ternyata Menguntungkan

Jangan takut dengan efek samping minum teh hijau. Jika Anda tak meminumnya secara berlebihan, Anda tak akan mendapatkan efek samping yang berbahaya.

Teh hijau sudah dikenal sejak dulu berkat manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, teh hijau juga lebih baik dalam menurunkan berat badan.

Teh hijau adalah salah satu bahan alami terbaik yang bisa dipercaya untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, benarkan teh hijau memiliki efek samping yang berbahaya?

Benarkah Ada Efek Samping Minum Teh Hijau?

Selama ini teh hijau sudah dipercaya sebagai bahan alami yang mencegah kanker, mengatasi depresi, memperbaiki fungsi otak, hingga menurunkan risiko tekanan jantung.

Ada banyak lagi manfaat teh hijau di bidang kesehatan. Meski begitu, ada juga efek samping yang bisa ditimbulkan oleh teh satu ini yakni apabila dikonsumsi berlebihan.

Jadi, untuk mengurangi dampak buruknya, Anda bisa mengurangi konsumsi teh hijau sesuai dengan yang sudah direkomendasikan oleh ahlinya. Apa saja efek samping yang ditimbulkan? Simak penjelasannya berikut ini.

Efek Samping Minum Teh Hijau Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur

Efek minum teh hijau yang pertama adalah bisa menyebabkan Anda susah tidur. Meski sedikit, teh hijau juga memiliki kandungan kafein.

Apabila Anda meminumnya pada jam-jam menjelang tidur, teh hijau tentu bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur. Terjaga di malam hari atau bahkan insomnia tentu sangat tidak menyenangkan bukan?

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak mengonsumsi teh hijau pada jam-jam menjelang tidur.

Untuk mengubah efek samping yang kurang baik menjadi lebih baik, Anda bisa meminum teh hijau saat sedang butuh konsentrasi. Misalnya saat akan mengerjakan tugas kuliah atau saat sedang mengerjakan pekerjaan kantor.

Kandungan kafein dalam teh hijau dapat membuat otak jadi lebih fokus. Kerja otak pun bisa lebih maksimal. Tak hanya itu, kafein juga bisa memproduksi adrenalin yang membuat Anda lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Teh Hijau Menyebabkan Diare

Kafein dalam teh hijau juga bisa menyebabkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari teh hijau secara lebih maksimal, Anda tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsinya.

Cukup 3 – 4 gelas per hari saja sudah cukup. Jika terlalu banyak, tentunya akan memberi efek kurang bagus bagi tubuh.

Sebaliknya, untuk Anda yang sering mengalami sulit buang air besar, Anda bisa rutin mengonsumsi teh hijau. Efek pencahar yang terdapat dalam teh hijau bisa membantu masalah sembelit.

Anda pun bisa buang air besar secara lancar, bisa pula sebagai pencegah sembelit sehingga bisa diminum rutin.

Efek Samping Lain yang Bisa Timbul

Mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala, kekurangan kalsium, sakit perut, kontraksi otot, hingga dapat memicu masalah osteoporosis.

Efek samping yang cukup buruk untuk kesehatan ini bisa dihindari dengan membatasi konsumsi teh hijau. Setiap harinya, batasan konsumsi teh hijau adalah sekitar 300 hingga 400 mg saja atau maksimal 4 gelas teh hijau.

Selain memperhatikan batas maksimal konsumsi teh hijau, Anda juga harus tahu cara mengkonsumsi teh hijau yang baik. Memaksimalkan manfaatnya dan mengurangi efek samping yang dapat muncul, sebaiknya konsumsi teh hijau murni tanpa campuran gula atau susu.

Ini demi menjaga kandungan nutrisi dalam teh hijau agar tetap murni. Dengan begitu, manfaatnya bisa langsung diserap oleh tubuh.

Pada dasarnya tak hanya teh yang akan memberi efek negatif jika dikonsumsi berlebihan, namun berlaku untuk semua bahan makanan dan minuman. Sebab meski alami sekalipun jika dikonsumsi berlebihan yang terjadi malah merugikan tubuh.

Menghindari efek merugikan juga bisa dilakukan dengan konsumsi teh hijau berkualitas, bukan yang sekedar teh dan punya grade rendah.

Jika mencari teh hijau terbaik maka bisa memesannya di Daun Seduh karena menjadi penyedia teh hijau kualitas premium. Tersedia banyak variant teh disini, dijamin lengkap, dan tentunya berkualitas untuk menunjang keseharian Anda, para pecinta teh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: