es teh segar

Es Teh Segar, Begini Tips Menyajikannya Agar Segar Maksimal

Ingin tahu cara membuat es teh segar yang tidak biasa? Anda mungkin tidak tahu jika masing-masing restoran memiliki cara yang unik untuk menyajikan es teh.

Bisa saja minumannya biasa akan tetapi, coba ingat kembali. Masing-masing restoran menyajikan es teh dengan rasa yang berbeda, bukan?

Anda mungkin berpikir hal tersebut disebabkan dari penggunaan jenis atau merk teh yang berbeda. Mungkin saja. Namun, Anda juga harus tahu bisa saja mereka menggunakan cara yang berbeda untuk menyajikannya.

Menikmati kesegaran es teh tak harus keluar rumah dan keluar banyak biaya, mengingat harga minuman di café maupun resto cukup lumayan.

Anda juga bisa membuat sajian es teh yang menyegarkan dan rasanya lebih enak di rumah sendiri. Selain lebih hemat, rasa seduhan es teh ini juga bisa dipastikan sesuai dengan selera.

Tidak perlu ribet karena Anda bisa memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah dan mencari tutorialnya di Youtube.

Membuat Es Teh Segar dengan Cara yang Berbeda

Mungkin selama ini Anda hanya membuat es teh dengan cara memasukkan teh, menyeduhnya dengan air hangat. Lalu memasukkan beberapa es batu di dalam gelas.

Meski tidak keliru, namun sensasinya akan terasa biasa. Berikut ini beberapa tips membuat es teh yang menyegarkan dan sensasinya berbeda:

Tambahkan Gula Jawa

Jika selama ini Anda menggunakan gula pasir ketika membuat es teh, tinggalkan dulu. Ganti dengan gula jawa. Selain beda, ini juga cara yang lebih sehat mengkonsumsi teh hijau maupun jenis teh lainnya.

Pasalnya, di dalam gula jawa, GI atau glycemic index-nya rendah. Hanya 35, sementara itu pada gula pasir GI-nya mencapai 50. Sama-sama manis namun gula merah jauh lebih sehat, khususnya untuk mencegah resiko diabetes.

Namun, agar semakin segar, Anda tidak hanya perlu mengganti gula pasir dengan gula jawa saja. Tambahkan juga sedikit cengkeh bubuk dan ekstrak vanilla. Pasti rasa es teh yang dibuat akan lebih enak.

Es Teh Segar dengan Campuran Jahe

Agar rasa teh tidak biasa, Anda bisa menambahkan jahe dan Jadilah es teh jahe. Akan tetapi, Anda harus tahu langkah-langkah pembuatannya.

Pertama-tama, Anda perlu merebus jahe yang sudah digeprek dan takarannya bisa disesuaikan selera. Tambahkan sedikit gula pasir, ambil jahenya dan tuang air rebusan tersebut ke dalam gelas.

Lalu, Anda bisa tambahkan teh tabur sesuai selera dan setelah agak hangat bisa ditambahkan potongan es batu.

Es Teh Lemon

Tak hanya lebih enak, mencampurkan seduhan teh hijau dengan potongan buah lemon juga lebih sehat. Selain teh hijau Anda juga bisa menggunakan teh jenis lain untuk dikombinasikan dengan sitrus satu ini.

Misalnya saja teh putih yang tinggi antioksidan, rasa lemon akan membuatnya jauh lebih menyegarkan.

Teh lemon juga sangat populer bahkan menjadi pilihan menu minuman di banyak tempat makan. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah agar rasanya lebih sesuai selera, maka tidak perlu ragu untuk dilakukan.

Anda cukup menyeduh teh seperti biasa, sesuaikan jenis teh dengan selera Anda juga. Setelah hasil seduhan agak hangat Anda bisa menambahkan potongan buah lemon secukupnya.

Diamkan sebentar agar sari lemon menyatu dengan seduhan teh, baru kemudian diminum. Jika ingin dingin maka tinggal ditambahkan potongan es batu sesuai selera.

Selain ditambahkan potongan buah lemon, es teh lemon juga bisa dibuat dengan menambahkan air perasan lemon ke dalam seduhan teh. Anda suka cara yang mana?

Jika memakai perasan air lemon maka rasa buah lemon menjadi lebih kuat. Cocok untuk Anda yang menyukai rasa asam manis khas buah satu ini.

Tips Sehat Mengkonsumsi Es Teh Segar

Minum es teh di dalam pandangan masyarakat luas memang dikenal sebagai minuman yang kurang sehat. Es teh ini disinyalir sebagai salah satu penyebab seseorang menderita diabetes.

Namun pendapat ini tidak sepenuhnya benar, sebab yang menjadi penyebab diabetes bukan tehnya. Melainkan gula berlebih yang ditambahkan ke dalamnya, maka minimalkan penambahan gula.

Akan lebih sehat lagi jika tidak ditambahkan gula sama sekali supaya aman dari diabetes. Kandungan polifenol di dalam teh juga diketahui bagus untuk menurunkan resiko diabetes.

Selain itu minum es teh pun dianjurkan tidak berlebihan, atur konsumsinya antara 1-3 gelas kecil per hari. Jika memakai gelas besar maka satu sampai dua gelas saja cukup dan tetap sehat tanpa gula.

Apabila ingin manis yang menyehatkan maka bisa ikuti tips di atas dengan menambahkan gula jawa atau gula aren maupun potongan lemon.

Hindari pula minum es teh saat perut kosong terutama jika memilih teh hijau, sebab nantinya bisa memicu maag.

Asalkan tahu bagaimana menyeduh es teh yang baik dan benar maka akan tetap sehat dan tidak merasakan efek samping.

Begitupun dengan takarannya, sebab jika berlebihan sebagus apapun teh yang diseduh tentu akan memberi efek merugikan. Simak penjelasan di atas agar menikmati es teh tak lagi menurunkan kualitas kesehatan Anda.

Jangan ragu pula untuk mempergunakan teh berkualitas yang jauh lebih bagus untuk kesehatan, Anda bisa memesannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: