green tea menurunkan berat badan

Green Tea Menurunkan Berat Badan? Berikut Fakta-Faktanya

Pernahkah mendengar informasi mengenai green tea menurunkan berat badan dalam waktu singkat?

Bagi siapa saja yang bermasalah dengan berat badan dan berusaha mencari solusi untuk mengatasinya.

Kerap kali menjumpai informasi tersebut, namun perlu diselidiki lebih dalam untuk mengetahui kebenarannya.

Masalah berat badan berlebih memang menjadi momok menakutkan dan parahnya dialami oleh banyak orang. Alasan atau penyebab dari masalah ini beragam, bisa karena faktor keturunan.

Bisa pula karena penerapan pola makan yang keliru dan sudah berjalan sejak lama. Beberapa orang yang mengalami obesitas mengaku menjadi gemuk karena sering menjadikan makanan sebagai pelampiasan.

Hal seperti ini kerap terjadi pada wanita. Naiknya berat badan akan mengakibatkan pipi yang bertambah chubby dan timbunan lemak yang bertambah di sana-sini.

Bagaimana Green Tea Menurunkan Berat Badan?

Ada banyak solusi untuk menurunkan berat badan. Olahraga dan menjaga pola makan adalah dua cara yang dapat dipilih.

Namun, tahukah Anda bahwa selain kedua cara tersebut ada yang mempercayai green tea menurunkan berat badan? Benarkah demikian?

Green tea atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan teh hijau adalah salah satu jenis teh yang berasal dari tanaman teh. Jenis teh ini ditanam di dataran tinggi dengan udara yang sejuk.

Ketenaran green tea tak lepas dari kandungan kaya manfaat yang terdapat di dalamnya, dan lebih dulu terkenal di negara Jepang. Perlahan masuk ke Indonesia yang umumnya lebih familiar dengan teh hitam atau teh biasa.

Kini sudah banyak hasil produksi olahan teh hijau ini yang dipasarkan baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, masyarakat di Asia Tenggara hingga Timur Tengah menjadikan teh ini sebagai minuman favorit.

Green tea dipercaya memiliki bermacam-macam khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Berikut fakta yang menunjukkan tentang kemampuan green tea dalam membantu proses penurunan berat badan secara alami:

Green Tea Menurunkan Berat Badan karena Mengandung Polifenol

Polifenol merupakan salah satu senyawa kimia alami yang terdapat pada tanaman. Senyawa ini berperan penting sebagai antioksidan bagi kesehatan tubuh manusia.

Senyawa polifenol yang terdapat pada green tea mengandung katekin (dalam bahasa inggris disebut catechin). Katekin sendiri terdiri dari empat senyawa utama yang ditemukan pada green tea yaitu epicatechin (EC), epigallocatechin (EGC), epicatechin-gallate (ECG), dan epigallocatechin-gallate (EGCG).

EGCG mendominasi kandungan yang terdapat pada teh hijau sekitar 60%. Kandungan polifenol EGCG dalam katekin ini dianggap mampu untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar tumpukan lemak dan menurunkan berat badan.

Kandungan Kafein

Secara umum, kafein sangat melekat pada kopi. Namun ternyata kafein tidak hanya ada pada kopi saja, akan tetapi juga ada di dalam teh.

Setiap jenis teh mengandung kafein yang memang tak sebanyak kopi. Bahkan tiap teh pun memiliki kadar yang berbeda-beda. Dibandingkan black tea atau teh hitam, kafein yang terdapat pada green tea jauh lebih rendah.

Kafein berfungsi sebagai stimulan. Stilmulan biasanya dapat membuat Anda bersemangat dalam beraktivitas. Oleh karena itu, mengkonsumsi green tea sangat tidak dianjurkan terlalu banyak, khususnya bagi penderita gangguan tidur atau insomnia.

Mengaktifkan Sifat Thermogenesis

Green tea dapat mengaktifkan sifat thermogenesis. Thermogenesis sendiri merupakan proses pembakaran lemak dimana glukosa dalam tubuh akan diubah menjadi energi.

Proses thermogenesis tak lepas dari kehadiran polifenol EGCG dan kafein. Kedua kandungan yang terdapat dalam green tea tersebutlah yang dapat memicu terjadinya proses thermogenesis ini.

Beberapa penelitian pun telah menunjukkan bahwa pembakaran lemak ini terbukti dari konsumsi green tea yang diseimbangkan dengan olahraga. Hasil tersebut pun dapat dilihat setelah kurang lebih tiga bulan.

Perhatikan Standard dan Waktu Konsumsi Green Tea

Kadar pengkonsumsian suatu makanan atau minuman dapat mempengaruhi kinerja dan asupan bagi tubuh manusia. Tak terkecuali mengkonsumsi green tea.

Cukup dua hingga tiga cangkir per hari. Pastikan pula green tea yang Anda buat tetap hangat dan tanpa gula agar mendukung proses penurunan berat badan.

Konsumsilah green tea secara rutin, seperti di pagi hari sekitar jam 10 sampai jam 11 atau dua jam sebelum tidur. Green tea bisa juga diminum pada saat sebelum memulai aktivitas olahraga guna meningkatkan energi dan mendukung proses pembakaran lemak.

Fakta mengkonsumsi green tea menurunkan berat badan ternyata cukup ampuh. Tentunya diiringi dengan pola makan dan olahraga yang dilakukan secara teratur.

Jika diterapkan maka kinerja organ dalam tubuh membaik dan begitupun dengan metabolisme, sehingga menjadi langsing akan semakin mudah.

Pilihan green tea yang baik pun akan mendukung penyerapan kandungan senyawa tersebut pada tubuh Anda. Tak ada salahnya untuk mencoba produk dari Daun Seduh.

Daun Seduh menawarkan produk teh premium dengan daun-daun teh pilihan terbaik. Kualitas yang diberikan adalah kualitas premium sehingga memastikan khasiatnya dalam menurunkan berat badan lebih maksimal.

Sebagai nilai tambah, nantinya juga memperbaiki kondisi kesehatan sehingga memberi lebih banyak manfaat.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: