jenis-jenis teh hijau

Jenis-jenis Teh Hijau yang Ternyata Cukup Beragam

Jenis-jenis teh hijau kini semakin dikenal luas dan tidak hanya diseduh saja melainkan dikreasikan ke dalam beberapa resep minuman dan makanan.

Dalam dunia kuliner kekinian, kehadiran teh hijau telah menjadi salah satu primadona yang paling banyak dicari. Mulai dari minuman green tea latte hingga kue matcha yang nikmat, semua berhasil merengkuh pasar potensial.

Ternyata jenis teh yang digunakan beragam sekalipun sama-sama dari teh hijau. Selain terkenal akan produk olahannya, teh hijau murni justru mengandung banyak kandungan gizi sehingga manfaatnya kompleks.

Kandungan inilah yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh agar usaha diet menjadi lebih efisien. Sekaligus memberi manfaat lain yang menguntungkan bagi tubuh peminumnya.

Jenis-Jenis Teh Hijau yang Kaya Manfaat

Melihat kandungan baik di dalam teh hijau cukup beragam sehingga kaya manfaat, termasuk untuk memaksimalkan hasil diet. Maka, jangan khawatir akan perasaan bersalah setelah menyantap sajian berkalori tinggi yang akan membuat jarum timbangan bergerak ke arah kanan.

Berkat jenis teh hijau untuk diet Anda tetap bisa memiliki berat badan ideal. Berikut merupakan jenis teh hijau yang ada di pasaran dan bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi sesuai tujuan:

Jenis-Jenis Teh Hijau Pertama Matcha Pure

Diantara semua varian, boleh jadi matcha adalah jenis yang paling popular dan salah satu yang paling banyak diminati. Bahkan bubuk matcha juga dinilai menjadi salah satu jenis teh hijau yang direkomendasikan untuk yang sedang diet.

Matcha memiliki konsentrasi Epigallocatechin Gallate (EGCG), atau yang sering disebut polifenol, yang paling tinggi. Fungsi dari polifenol ini adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga sangat baik pula untuk langkah preventif pencegahan kanker.

Dari segi rasa, matcha memberi sensasi rasa khas daun teh. Rasa pahit yang tipis akan terasa ditiap tegukannya. Jenis ini pula yang paling sering digunakan untuk penambah cita rasa kue dan minuman ringan.

Sajian teh hijau di pasaran pun umumnya menggunakan matcha ini, meski beberapa memakai seduhan langsung dari daun teh hijau.

Jenis Genmaicha

Berbeda dengan matcha, genmaicha memiliki rasa yang unik karena proses pembuatannya telah dicampur dengan biji beras merah yang disangrai bersama daun teh. Rasanya yang kaya dan utuh justru cenderung mirip seperti popcorn.

Berkat adanya campuran biji beras, minum genmaicha akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Manfaat lainnya, campuran teh ini mampu memberi sinyal pada tubuh untuk membakar timbunan lemak.

Teh jenis ini juga memberi sumbangsih besar pada kebutuhan kolagen tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Bagi ibu hamil yang ingin mencegah stretch mark bisa rutin meminumnya selama masa kehamilan.

Bisa pula membantu mencegah proses penuaan, karena elastisitas kulit terjaga dengan baik. Tertarik mencobanya?

Green Tea Steamed

Teh hijau jenis lainnya yang menarik untuk dibahas adalah green tea steamed. Melalui proses pengukusan yang optimal, sehingga green tea steamed sangat digemari di Cina dan Jepang. Umumnya disediakan di seluruh restoran karena terkenal akan tekstur rasanya yang ringan namun menggugah selera.

Uniknya, Anda akan menemukan rasa gurih rumput laut setiap kali minum green tea steamed. Nikmati secangkir premium green tea steamed setiap kali Anda merasakan dorongan untuk makan cemilan tinggi garam yang tidak sehat.

Efeknya tidak hanya membantu memberi sensasi kenyang lebih lama namun juga melancarkan pencernaan.

Green Tea Pan-fired

Teh hijau yang kaya manfaat lainnya adalah Green tea pan-fired, seperti namanya proses pengolahan teh ini melalui proses pemanggangan.

Biasanya diolah dengan cara disangrai secara steril untuk kemudian dikemas dan dipasarkan. Teh jenis ini juga digadang-gadang memberi manfaat maksimal dalam program diet.

Sebab efektif meluruhkan lemak dan melancarkan metabolisme tubuh. Hanya saja untuk hasil diet yang optimal tetap perlu diimbangi dengan pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang.

Matcha Latte

Pada dasarnya matcha latte ini sama dengan matcha pure, hanya saja sudah dicampurkan dengan susu. Inilah alasan mengapa ketika jenis teh ini diseduh hasilnya cenderung lebih kental dan warnanya hijau pucat.

Namun sudah memiliki rasa lebih manis dibandingkan dengan matcha pure yang rasa sepatnya lebih dominan. Teh ini juga cocok dijadikan teman program diet sehat dan alami, karena tetap memiliki manfaat mempercepat pembakaran lemak.

Manfaat tambahan lain yang bisa didapatkan adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan memperkuat daya ingat, karena baik untuk kinerja otak.

Dari kelima jenis-jenis teh hijau di atas, mana yang paling menarik untuk dicoba? Yang pasti, semua varian tersebut memiliki keunikannya masing-masing, baik dari segi manfaat maupun cita rasa.

Silahkan mencicipi satu per satu untuk kemudian memilih mana yang cocok dengan selera. Pertimbangkan pula memilih teh hijau dengan kualitas premium untuk cita rasa dan manfaat yang terbaik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: