jenis-jenis teh

Jenis-Jenis Teh yang Menarik untuk Dikenal dan Dicicipi

Selama ini masyarakat Indonesia sepertinya hanya mengenal teh hijau dan teh hitam, padahal jenis-jenis teh lebih dari itu. Teh sendiri merupakan minuman tradisional yang mudah dijumpai baik di rumah makan, hotel, kantor, maupun rumah sendiri.

Meski tidak seperti di Jepang yang memiliki tradisi khusus minum teh namun minum teh sendiri menjadi kegiatan yang membudaya.

Jenis dari teh ini cukup beragam dan masing-masing memiliki cita rasa yang khas, dengan tingkat sepat dan pahit yang berbeda-beda. Akan sangat disayangkan jika belum pernah mencicipi semua jenis teh tersebut.

Apalagi jenis yang berbeda juga menawarkan manfaat yang berbeda, siapa tahu Anda akan membutuhkan manfaat tersebut.

Jenis-Jenis Teh di Dunia Secara Umum

Teh pertama kali dikenal di China yang seiring berjalannya waktu kemudian dikenal semakin luas di berbagai negara. Saat ini negara yang terkenal akan budaya minum tehnya adalah China atau Tiongkok dan juga Jepang.

Setiap negara memiliki tradisi menyeduh teh yang unik dan rata-rata diseduh tanpa ada tambahan pemanis bahkan madu sekalipun.

Mencicipi semua jenis teh ini tentu lebih mudah karena sekarang ada banyak produsen yang menjajakannya di pasaran. Secara umum jenis-jenisnya sendiri antara lain:

Teh Hitam

Anda bisa menemukan macam-macam teh hitam di berbagai supermarket besar di kota Anda. Tentunya dijual dengan harga yang bervariasi sesuai kebijakan dari produsennya.

Teh hitam mengandung fluoride yang mampu membantu melindungi gigi masalah karies maupun gigi berlubang. Teh hitam juga kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi resiko terkena batu ginjal, ovarium, serangan jantung, penyakit parkinson dan juga aterosklerosis.

Beberapa penelitian medis juga membuktikan bahwa seseorang yang sering merasa pusing dan berkunang-kunang saat akan berdiri dari posisi duduk atau tiduran.

Bisa diatasi dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin. Sehingga bisa mengurangi efek pusing dan mata berkunang-kunang yang selama ini dirasakan.

Jenis-Jenis Teh Bernama Teh Hijau

Teh hijau, termasuk jenis teh yang dikagumi para kaula muda dan daun tehnya berwarna hijau. Hal ini dikarenakan jenis teh hijau tidak melewati tahapan fermentasi, yang hanya terjadi pada teh hitam saja.

Teh hijau sangat kaya akan antioksidan, yang mampu mencegah infeksi kandung kemih, serta melawan penyakit kanker seperti kanker paru-paru dan payudara.

Senyawa polifenol yang terdapat dalam teh hijau mampu menghambat penyerapan kolesterol sehingga kadar kolesterol menjadi baik.

Teh Putih

Ini merupakan jenis teh yang cukup berbeda dari teh hitam. Warna daun tehnya juga putih, dan rasanya cenderung lebih manis ketika dikonsumsi.

Teh putih paling sering digunakan untuk menurunkan berat badan serta memecah lemak dalam tubuh. Bahkan, dibandingkan dengan jenis teh lain, teh putih paling kaya dalam jumlah zat polifenol yang diketahui memiliki sifat antijamur, antibakteri dan juga antivirus.

Kandungan ini pula membuatnya cocok untuk promil alami bagi pasutri yang masih berusaha memiliki momongan.

Teh Oolong

Dilihat dari bentuk fisik, daun teh olong cenderung memiliki warna campuran, antara hijau dan juga hitam. Setelah dilakukan penelitian, teh oolong sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker ovarium.

Selain itu, kandungan antioksidan jenis flavonol yang terdapat dalam teh ini mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. Sekaligus sangat efektif untuk menurunkan berat badan sehingga bisa mendampingi program diet alami.

Jenis-Jenis Teh Hijau Yakni Matcha

Secara khusus, matcha merupakan teh hijau dalam bentuk bubuk. Beberapa produsen menggunakan teh hijau yang dikukus kemudian dibubukan untuk menjadi matcha.

Namun ada pula yang menanam tanaman teh secara khusus untuk daunnya diolah menjadi matcha. Sehingga cenderung berbeda dari segi cita rasa sampai manfaat dari teh hijau pada umumnya.

Matcha sendiri juga sangat terkenal di kalangan anak muda karena kerap dikreasikan menjadi makanan manis dan minuman kreatif. Ada banyak olahan menarik dan kekinian yang menggunakan teh bubuk ini.

Jenisnya sendiri ada dua, pertama matcha pure yang murni dari teh hijau yang dibuat bubuk. Jenis kedua adalah matcha latte yang dari produsen sudah ditambahkan krimer atau susu sehingga lebih manis dan kental.

Selain teh di atas, masih ada jenis teh yang merupakan hasil olahan teh hijau seperti genmaicha. Yakni teh hijau yang kemudian dikombinasikan dengan beras merah sangrai sehingga kaya kolagen dan punya cita rasa popcorn.

Jadi jika ditanya, jenis teh mana yang terbaik? Jawabannya semua jenis teh baik. Namun yang paling sering dipilih adalah teh hijau dan teh hitam.

Walaupun rasanya cenderung pahit, namun jika diseduh dengan benar rasa pahitnya tidak akan berlebihan. Perlahan saat sudah terbiasa meminumnya maka akan merasakan sensasi yang menyegarkan, nikmat, dan menenangkan.

Anda yang mencari teh berkualitas bisa mampir ke Daun Seduh untuk mendapatkannya, sebab senantiasa menawarkan teh kualitas premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: