kafein dalam teh hijau

Kafein Dalam Teh Hijau dan Fakta-Faktanya Agar Tak Was-Was Lagi

Apakah kafein dalam teh hijau berbahaya? Anda tentu sudah tahu bahwa teh hijau mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh hijau juga bisa membantu mensukseskan program diet Anda.

Sayangnya, teh hijau masih mengandung kafein. Beberapa orang masih khawatir dengan kandungan tersebut karena dapat membuat seseorang susah untuk tidur.

Fakta Terkait Kandungan Kafein pada Teh

Lalu, sebenarnya seberapa besar kandungan kafein dalam teh? Apakah efek mengkonsumsi teh pada jam-jam menjelang tidur juga bisa menyebabkan susah tidur? Mari kita cari tahu jawabannya bersama-sama dalam artikel ini.

1. Kadar Kafein pada Teh

Memang benar teh hijau mengandung kafein. Akan tetapi, jumlah kafein yang dimiliki tidak sebanyak jumlah kafein dalam kopi atau teh biasa.

Dalam teh hijau, kandungan kafein per cangkirnya hanya sekitar 35 – 70 miligram saja. Sementara di dalam kopi, setiap cangkirnya mengandung sekitar 95 – 200 mg kafein. Melalui jumlah tersebut, sudah jelas bahwa kafein di dalam kopi memang lebih banyak.

2. Minuman dengan Kadar Kafein Paling Rendah

Tak hanya itu, diantara jenis teh yang lainnya, kafein yang terkandung memang lebih rendah. Seperti yang diketahui bersama, ada beberapa jenis teh yang tersedia di pasaran, ada teh hitam, teh hijau, dan juga teh oolong.

Bagaimana kandungan kafein dalam beberapa jenis teh tersebut?

Pada teh oolong, kafein yang terkandung di dalamnya adalah sekitar 50 – 75 miligram, sementara kafein di dalam teh hitam sekitar 60 – 90 miligram. Itulah mengapa teh hijau lebih disarankan untuk Anda yang rentan dengan kandungan kafein.

3. Aman Diminum oleh Siapa Saja

Karena kandungan kafeinnya yang lebih sedikit, teh hijau lebih aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Kafein dalam teh hijau tidak membuat gelisah dan juga tidak membuat susah tidur.

Teh hijau sangat cocok untuk Anda yang sedang mengurangi konsumsi kafein. Saat Anda mengganti kopi dengan teh hijau, Anda sudah mengurangi konsumsi kafein sekitar dua pertiga.

4. Tidak Menyebabkan Insomnia

Karena teh hijau mengandung kafein yang sedikit, hal ini juga bisa memberikan manfaat kesehatan tersendiri bagi Anda. Kadar kafein yang rendah tidak akan membuat Anda kesulitan tidur.

Sebaliknya, jumlah teh hijau yang rendah bisa membuat Anda lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan kinerja otak sehingga otak bisa bekerja lebih maksimal dan lebih fokus.

5. Baik untuk Kesehatan

Selain dapat membuat Anda lebih fokus, teh hijau juga mempunyai banyak manfaat lain. Minuman alami ini cocok dijadikan minuman sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan.

Kandungan antioksidannya yang tinggi bisa menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, teh hijau juga kaya vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Konsumsi teh hijau sekitar 2 – 3 kali sehari untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Agar Kandungan Teh Tetap Terjaga

Supaya manfaatnya tak menguap dan mudah diserap oleh tubuh, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengonsumsi teh hijau dengan benar.

Teh hijau harus diseduh dengan menggunakan air mendidih atau minimal air dengan suhu 80 – 90 derajat celcius. Anda juga harus meminumnya selagi hangat.

Nutrisi teh hijau dalam kondisi hangat lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan teh hijau yang dikonsumsi dalam keadaan dingin. Jadi, tak hanya mengetahui fakta tentang kafein dalam teh hijau,

Anda juga harus tahu bagaimana cara mengonsumsi teh hijau dengan benar.

Demikianlah informasi penting tentang fakta-fakta terkait kandungan kafein dalam teh hijau yang wajib Anda ketahui. Melalui informasi ini, Anda tak perlu lagi khawatir tentang apakah teh hijau aman atau malah sebaliknya.

Sebab ulasan tersebut sudah menjelasakan bahwa tetap aman, selama dikonsumsi dengan cara dan takaran yang benar.

Baca Juga: 

Kiat Memilih Tempat Membeli Teh Hijau Berkualitas

Beli Teh Hijau Dimana? Berikut Tempat Terdekat yang Bisa Dipilih

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: