kalori green tea

Kalori Green Tea yang Akan Meningkat Jika Pengolahannya Keliru

Green tea atau teh hijau pada dasarnya tidak memiliki kalori, namun jika diseduh dengan metode tertentu maka kalori green tea ini bisa bertambah.

Tadinya memang nol namun bisa menjadi 15 kalori atau bahkan lebih. Mungkin bagi Anda yang tidak sedang diet tidak akan mempermasalahkah perubahan kadar kalorinya.

Hanya saja akan sebaliknya bagi pelaku diet rendah kalori yang tentu perlu menghitung asupan kalori setiap kali makan.

Berapa Banyak Kalori Green Tea?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, berapa banyak kalori di dalam teh hijau? Bolehkah mengkonsumsi teh ini setiap hari? Atau, adakah dampak buruk yang akan terjadi?

Seluruh pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh para wanita yang ingin mengubah penampilannya dengan menurunkan berat badan. Maklum saja, tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang.

Banyak orang yang rela melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Meskipun cukup menyiksa, diet merupakan pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak disarankan untuk melakukan diet ekstrem.

Alih-alih berhenti makan, lebih baik memanfaatkan green tea sebagai makanan pendamping. Lagipula, green tea telah dipercaya oleh tabib Tiongkok sejak ratusan tahun sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Green tea sangat baik untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Namun, Anda harus mempertimbangkan proses penyeduhannya supaya kalorinya tetap bersahabat bagi tubuh.

Tips Menjaga Kalori Green Tea Tetap Rendah

Pada dasarnya seduhan teh hijau tidak mengandung kalori, alias zero kalori selama tidak ditambahkan pemanis apapun. Hanya saja rasa asli seduhan teh hijau ini dijamin sepat dan pahit sebagai cita rasa khasnya.

Sebagian orang enggan menikmati seduhan green tea original karena terasa terlalu sepat dan pahit. Pada akhirnya kebanyakan memilih menambahkan gula, bukannya tidak boleh namun terdapat himbauan tertentu bagi pemerhati asupan kalori. Berikut detail informasinya:

Tanpa Gula Memastikan Kalori Green Tea Tetap Rendah

Bagi pegiat diet, menyeduh green tea tanpa tambahan gula sangat dianjurkan karena bisa memastikan kadar kalorinya kosong. Sama artinya meminum air putih yang tidak memiliki kalori namun dengan cita rasa teh yang khas.

Rasa khas teh akan memberikan sensasi berbeda, dan uniknya aroma teh ini bisa menjadi media relaksasi.

Ditambah lagi kandungan antioksidan di dalam teh hijau bisa memperbaiki metabolisme tubuh, yang tadinya lambat bisa lebih cepat. Sehingga memaksimalkan proses penurunan berat badan bagi Anda yang sedang diet.

Awalnya mungkin kurang sedap dan pahit namun jika rutin maka perlahan akan terbiasa. Supaya tidak kaget dengan rasanya di awal-awal rutin minum teh hijau, sebaiknya diseruput pelan-pelan dan diseduh sebentar agar tidak terlalu pekat.

Menambahkan Daun Stevia

Merasa kurang cocok dengan seduhan teh hijau original yang sepat dan pahit meski sudah meminumnya seminggu atau bahkan lebih? Maka Anda butuh alternatif yang aman dan tidak menyebabkan kalori di dalam teh jenis ini melonjak.

Supaya seduhannya lebih mudah diterima lidah, dan pilihannya sendiri cukup banyak. Pilihan pertama yang terbilang alami adalah menambahkan beberapa helai daun stevia.

Stevia sendiri merupakan tanaman herbal yang dikenal memiliki rasa manis dan dianjurkan dipakai sebagai pemanis untuk penderita diabetes. Daun segarnya tinggal dipetik dan ikut diseduh dengan air hangat bersama teh hijau.

Diamkan sebentar dan rasa teh hijau menjadi lebih manis, namun kadar kalorinya tetap bersahabat bagi program diet yang dijalankan.

Menjadikan Gula Rendah Kalori Sebagai Alternatif

Opsional lain selain menggunakan daun stevia segar adalah dengan menambahkan pemanis rendah kalori. Beberapa pemanis rendah kalori di pasaran terbuat dari bahan utama jagung ada pula yang dari daun stevia.

Kadar kalorinya lebih rendah dan bisa dijadikan pilihan untuk memastikan seduhan teh hijau lebih manis.

Hanya saja untuk Anda yang menjalankan diet keto, tentunya belum bisa menggunakan opsional ini. Sebab umumnya pemanis rendah kalori dalam kemasan di pasaran mengandung karbohidrat lebih tinggi.

Jadi, selama Anda tidak menjalani diet ini maka aman-aman saja menambahkan pemanis rendah kalori.

Menambahkan Madu Dalam Takaran yang Tepat

Menambahkan pemanis ke dalam seduhan teh hijau tentunya akan meningkatkan jumlah kalorinya, namun selama pemanisnya berkalori rendah maka tetap aman.

Selain gula rendah kalori dan daun stevia Anda juga bisa mengandalkan madu. Madu adalah hasil kerja lebah alami dari bunga yang ada di sekitar lebah tersebut. Rasanya manis secara alami dan kaya nutrisi, dilihat dari kadar kalorinya juga sangat rendah.

Penambahan madu sebanyak satu sampai dua sendok makan ke dalam secangkir teh hijau bisa membuat seduhannya terasa manis. Namun kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi, jadi meski memakai madu tidak bisa membuat teh hijau tetap nol kalori.

Agar nutrisi di dalam madu tidak rusak sebaiknya ditambahkan ketika seduhan teh sudah agak dingin atau hangat.

Teliti Dalam Menambahkan Gula Batu

Pelaku diet tidak dianjurkan menambahkan gula pasir, karena tak hanya meningkatkan kalorinya. Namun juga bisa merusak antioksidan di dalam teh hijau tersebut karena gula pasir sifatnya asam.

Padahal antioksidan di dalam teh hijau inilah yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Supaya rasa seduhan teh hijau tidak terlalu pahit dianjurkan menambahkan pemanis selain gula pasir. Tak hanya beberapa pemanis di atas, Anda juga aman menambahkan gula batu yang kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi.

Sekaligus tidak berpotensi merusak kandungan antioksidan di dalam teh hijau. Namun, pastikan menambahkan gula batu ini secukupnya saja tanpa berlebihan untuk memastikan kalorinya tetap ramah di diet Anda.

Menurunkan asupan kalori dan pemanis di dalam seduhan teh hijau tak hanya memastikan teh tersebut tetap aman untuk diet. Akan tetapi juga memastikan teh yang diminum rutin ini menawarkan manfaat bagi kesehatan.

Sebab penambahan pemanis berlebihan dan diminum terlalu sering malah memicu diabetes. Anda yang awalnya membiasakan diri minum teh hijau karena ingin sehat tentu tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Pahami ulasan di atas agar lebih tepat dalam menakar dan memilih jenis pemanis yang bagus untuk teh hijau dan kesehatan Anda. Jangan lupa pula untuk selalu mengutamakan teh hijau premium, Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: