kandungan teh herbal

Kandungan Teh Herbal dan Manfaatnya untuk Tubuh

Sejauh ini, teh herbal biasa dijadikan obat alternatif untuk mengatasi penyakit tertentu dengan melihat kandungan teh herbal tersebut. Memang tidak ada yang salah dengan tindakan semacam ini karena teh herbal itu sendiri diketahui mempunyai kualitas seperti obat.

Teh herbal ini sangat beragam karena bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya tidak hanya satu macam. Bisa jahe, kayu manis, daun mint, daun rosemary, biji ketumbar dan lain-lain.

Namanya pun berbeda-beda sesuai dengan bahan utama yang digunakan sampai manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan. Sehingga jika ingin berbicara soal kandungan teh herbal, jelas harus didasarkan pada masing-masing bahannya.

Kandungan Teh Herbal dan Manfaat yang Ditawarkan

Pastinya Anda akan memerlukan banyak waktu untuk membahas semua bahan teh herbal tersebut. Namun bisa dimulai dengan membahas jenis teh herbal yang paling familiar dan manfaatnya sudah banyak dibuktikan.

Misalnya mengenai cinnamon tea, ginger tea, mint tea dan chamomile tea, berikut ini penjelasannya.

Kandungan Teh Herbal dari Jenis Cinnamon Tea

Mulai dari Cinnamon Tea terlebih dahulu. Seperti namanya, teh herbal satu ini dibuat dari kayu manis yang terkenal dengan rasanya yang pedas dan baunya yang wangi.

Kayu manis diketahui mengandung minyak atsiri eugenol, safrole, zat penyamak, dammar, kalsium oksalat, tannin dan sinamaldehide.

Sementara untuk khasiat teh herbal satu ini ialah bisa membantu mengontrol gula darah, anti infeksi, membantu meningkatkan fungsi otak, menurunkan kolesterol serta bisa mengurangi kelelahan.

Bahkan hasil sebuah studi di Florida menyatakan bahwa aroma kayu manis itu juga bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh seperti cara berkomunikasi, belajar, mengingat serta berpikir.

Ginger Tea

Lanjut ke teh herbal yang kedua ialah Ginger Tea. Ginger Tea ini adalah nama lain untuk teh herbal jahe yang tentu saja bahan utamanya adalah jahe.

Jahe ini mempunyai kandungan yang salah satunya ialah gingerol. Gingerol itu sendiri diketahui mampu mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Manfaat teh herbal ini tak hanya itu saja, tetapi juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya. Dimulai dari masalah pencernaan, mengatasi mual, mengurangi rasa sakit, membantu proses detoksifikasi tubuh, membantu mencegah penyakit kulit.

Sekaligus membantu meminimalisir risiko kanker serta bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Teh jahe ini bisa dikonsumsi kapan saja, tetapi sangat cocok bila dikonsumsi saat cuaca sedang dingin karena mempunyai efek yang menghangatkan. Bagi ibu yang tengah hamil pun, ginger tea bisa dimanfaatkan untuk mengurangi morning sickness.

Mint Tea

Kemudian untuk mint tea, ini adalah teh herbal yang dibuat dari tanaman herbal spesies Mentha. Rasanya sedikit pedas tetapi aromanya begitu menyegarkan. Bagian yang biasanya dipakai ialah daunnya.

Meski ukurannya kecil, tetapi dengan berbagai kandungan tersebut daun mint diketahui mempunyai sejumlah manfaat. Diantaranya ialah membantu mengatasi gejala IBS atau Irritable Bowel Syndrome, meredakan pilek dan flu, mengatasi sakit perut dan menyegarkan mulut.

Untuk mint tea sendiri, ini sangat bagus untuk diminum setelah makan, karena teh herbal ini akan membantu proses penyerapan makanan.

Adapun untuk kandungannya ialah mentol, menthone, metal asetat, monotepene, menthofuran, triterpene, karotenoid, tannin, sesquiterpene, flavonoid dan berbagai mineral lain. Sehingga manfaat yang diberikan bagi tubuh akan semakin kompleks.

Chamomile Tea

Terakhir ialah Chamomile Tea. Ini adalah salah satu jenit teh tanpa kafein yang dibuat dari bunga chamomile kering. Bunga chamomile diketahui mempunyai sejumlah komponen aktif yang meliputi oligosakarida, monosakarida, terpenoid, hidroksikoumarin dan flavonoid.

Sementara untuk khasiatnya, konon teh chamomile bisa membantu meredakan kecemasan dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Kalau Anda sedang pilek, bagus juga mengkonsumsi Chamomile Tea ini untuk membantu mengatasi hidung yang tersumbat.

Bagi perempuan yang sedang datang bulan, Chamomile Tea bisa mengurangi kram perut. Sehingga bisa membantu tetap beraktifitas dengan nyaman meski dalam masa menstruasi.

Kandungan Teh Herbal Jenis Green Tea

Teh hijau alias green tea juga termasuk ke dalam teh herbal, karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan yang beragam di dalam teh satu ini membuatnya bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Bisa membantu mengontrol berat badan, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan bisa pula merawat kesehatan kulit. Rutin meminum seduhan teh hijau bisa membantu menjaga kebugaran tubuh, apalagi dengan efek relaksasi yang diberikan.

Tak hanya menenangkan namun juga membantu meredakan stress.

Begitu bagusnya manfaat teh herbal sehingga tidak salah jika Anda mulai membiasakan diri mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi semua teh herbal di atas dan bisa diminum bergantian agar tidak bosan.

Mau memadukan beberapa bahan teh herbal sekaligus? Bisa saja dilakukan, asalkan sesuai dengan selera dan takarannya pun pas.

Jika ingin menikmati teh hijau yang sangat populer di berbagai dunia, maka bisa menggunakan teh hijau Daun Seduh. Sebab memiliki kualitas premium sehingga antioksidannya lebih tinggi dan menawarkan lebih banyak manfaat bagi tubuh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: