kandungan teh hijau

Kandungan Teh Hijau yang Memberi Pengaruh Pada Kesehatan

Kandungan teh hijau yang bermanfaat untuk kesehatan cukup beragam dan memang sudah terkenal sejak dulu. Bahan alami ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan siapa saja yang rutin meminumnya, yakni minimal satu cangkir sehari.

Tak heran jika banyak orang mengkonsumsi minuman bermanfaat ini. Tak sedikit juga orang-orang yang beralih dari teh biasa ke teh hijau.

Alasannya adalah karena teh hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan teh biasa. Lalu, apa saja kandungan nutrisi yang ada pada teh hijau?

Kandungan Teh Hijau Secara Alami

Berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh beberapa bisa dipenuhi dengan cara mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Kandungan dalam jenis teh ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan proses pencernaan, meningkatkan kinerja otak, memperkuat jantung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kandungan ini diperoleh dari beberapa nutrisi berikut ini:

Kandungan Teh Hijau Berupa Tanin

Tanin adalah salah satu zat yang terdapat dalam teh hijau. Zat ini adalah zat yang memberikan rasa khas pada teh hijau. Zat ini jugalah yang membuat teh hijau mempunyai sifat antioksidan yang sangat tinggi.

Ia bertugas untuk menangkal radikal bebas, antibakteri, dan juga sebagai zat detoks. Kandungan tanin yang cukup tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, dan efeknya bisa dirasakan setelah rutin dikonsumsi.

Mengandung Kafein

Dalam teh hijau, ada juga terdapat kandungan kafein yang jumlahnya sangat sedikit. Kafein memberikan rasa pahit pada teh hijau namun tidak sepahit pada kopi.

Sebab kandungan kafeinnya yang tak sebanyak pada teh biasa atau kopi, zat ini bermanfaat sebagai stimulan yang bisa membuat Anda lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Tak hanya itu, kafein di dalam teh hijau juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress.

Vitamin B, C, dan E

Teh hijau ternyata juga kaya akan kandungan vitamin. Kandungan vitamin dalam teh hijau di antaranya adalah vitamin B1, Vitamin C, dan juga vitamin E. Vitamin B bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, serta melindungi membran mukosa.

Beragam zat di dalam teh hijau yang kaya vitamin C juga bermanfaat untuk membentuk melanin, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga menghambat oksidasi.

Vitamin C juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Sehingga tidak keliru jika pelaku diet kerap dianjurkan minum teh hijau secara rutin.

Terakhir, vitamin E yang terkandung dalam teh hijau bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tak hanya itu, vitamin E juga mempunyai sifat anti penuaan.

Rutin mengkonsumsi teh hijau secara rutin, manfaat yang Anda peroleh tak hanya dalam hal kesehatan saja, tetapi juga dalam hal kecantikan. Terbukti dari kandungan vitamin yang cukup kompleks dan memberi pengaruh positif pada kesehatan dan kecantikan kulit.

Asam Amino dan Mineral

Teh hijau juga mengandung asam amino dan kaya akan mineral. Dua kandungan ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain asam amino dan mineral, teh hijau juga mengandung Saponin yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

Tentunya ketika rutin diminum akan memberi efek baik bagi kesehatan tubuh, supaya terhindari dari infeksi apapun penyebabnya. Entah dari serangan virus maupun bakteri, sehingga tubuh tetap dalam kondisi prima karena akan berpengaruh pula pada peningkatan daya tahan tubuh.

Kandungan nutrisi yang komplit tersebut membuat teh hijau banyak diminati oleh semua kalangan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa teh hijau memang kaya manfaat. Bagi Anda yang ingin lebih sehat setiap hari, silahkan konsumsi teh hijau secara rutin.

Batas konsumsi harian teh hijau adalah 3 – 4 cangkir per hari. Jika terlalu banyak, Anda akan mengurangi manfaat dari teh hijau tersebut. Sebab konsumsi apapun secara berlebihan meski awalnya berdampak baik, yang terjadi malah sebaliknya.

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dalam teh hijau, Anda tak perlu ragu lagi jika ingin mengkonsumsi minuman yang bermanfaat ini secara teratur.

Asalkan konsumsinya tak berlebihan, teh hijau sangat aman dikonsumsi sehari-hari. Berhubung teh hijau ini memiliki sifat diuretik, maka dianjurkan tidak dikonsumsi saat perut masih kosong.

Kecuali jika selama ini Anda tidak pernah mengeluhkan maag ataupun gangguan kesehatan pencernaan lainnya.

Tak kalah penting adalah untuk memilih produk teh hijau terbaik menurut Anda. Semakin bagus kualitasnya maka semakin tinggi kandungan baiknya dan cita rasanya juga semakin maksimal.

Silahkan memesan teh hijau berkualitas di Daun Seduh yang secara khusus hanya menyediakan produk teh premium grade I. Tersedia pula jenis teh lainnya disini, seperti teh oolong, white tea, black tea, genmaicha, dan lain sebagainya.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: