khasiat teh hijau untuk rambut

Khasiat Teh Hijau untuk Rambut, Alternatif Perawatan Alami

Semua orang apalagi untuk perempuan dijamin ingin memiliki rambut indah, Anda bisa menimbang khasiat teh hijau untuk rambut sehat. Teh hijau ternyata memiliki manfaat menarik untuk kesehatan rambut.

Sehingga menjadikannya lebih sehat dan penampilan rambut pun lebih indah, tentunya bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Rambut yang sehat terlihat dari kondisinya dan tentunya bisa dilihat oleh mata tanpa perlu melakukan pengecekan ke lab.

Masalah pada rambut dan kulit kepala cukup kompleks, misalnya masalah ketombe, kulit kepala kering, gatal, rambut rontok, dan lain sebagainya.

Mencegah masalah kesehatan pada rambut bisa dilakukan dengan perawatan kulit kepala yang benar. Mulai dengan menjaga kebersihannya lewat kebiasaan keramas rutin dua kali sehari. Sekaligus ditunjang oleh asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, melalui pola makan harian.

Khasiat Teh Hijau untuk Rambut

Merawat kesehatan rambut ternyata tak hanya bisa mengandalkan perawatan konvensional, seperti keramas maupun perawatan rambut ke salon.

Bisa pula dengan menjaga asupan nutrisi harian dan tidak terlupa untuk rutin minum teh hijau. Mengapa?

Sebab teh hijau ternyata memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan rambut. Detailnya bisa disimak di bawah ini:

Menghambat Dihydrotestosterone (DHT)

DHT disinyalir menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Bila folikel memiliki sensitivitas terhadap DHT, maka hal ini dapat menyebabkan kebotakan. Lalu bagaimana kerja teh hijau menjadi penghambat DHT?

Teh hijau dapat meningkatkan konsentrasi hormon seks yang mengikat sex hormone binding globulin/SBHG yang lebih sering disebut globulin. Globulin berinteraksi dengan testosteron yang dapat mencegah terbentuknya DHT.

Sehingga dengan rutin minum paling tidak secangkir teh hijau per hari Anda bisa menurunkan resiko mengalami DHT di kulit kepala.

Meningkatkan Peredaran Darah ke Folikel

Di dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol catechin yang termasuk asam amino esensial. Menurut beberapa studi yang dilakukan, senyawa tersebut dapat memicu relaksasi pada sistem peredaran darah microcapillary yang ada dalam folikel rambut.

Peredaran darah yang lancar di folikel rambut akan membuat rambut lebih kuat sampai ke akar. Sehingga bisa memperbaiki kekuatan rambut dan mengurangi kerontokan, Anda hanya perlu rutin minum teh hijau.

Khasiat Teh Hijau untuk Rambut Agar Tebal

Teh hijau diketahui memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan pengaruh positif senyawa tersebut untuk pertumbuhan rambut.

Rambut yang diberikan EGCG akan memiliki pertumbuhan yang lebih baik dan folikel menjadi lebih panjang.

Menguatkan dan Melembabkan Rambut

Khasiat selanjutnya adalah dapat menguatkan dan melembabkan rambut. Dalam teh hijau terdapat vitamin E, vitamin C, dan provitamin. Vitamen E dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Vitamin C dapat melindungi rambut radiasi sinar Ultra Violet. Provitamin dapat membuat rambut lembut dan kuat. Kombinasi ketiganya akan memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan rambut Anda.

Cara Mudah Mendapatkan Khasiat Teh Hijau untuk Rambut

Mendapatkan manfaat terbaik dari teh hijau untuk kesehatan rambut ternyata tak hanya diminum saja. Akan tetapi bisa pula didapatkan dengan berbagai cara, yakni:

Khasiat Teh Hijau untuk Rambut dengan Diminum Langsung

Pertama, seduh teh hijau menggunakan air panas sebanyak setengah gelas, atau sesuai kebutuhan. Jika sudah diseduh, selanjutnya diamkan teh hijau tersebut sampai air berubah warna.

Selagi masih hangat bisa diminum langsung agar tidak terlalu sepat ataupun pahit. Apabila ingin lebih manis maka Anda bisa menambahkan madu ataupun gula batu sesuai selera.

Jangan lupa untuk meminumnya secara rutin agar nutrisi di dalam teh hijau bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda.

Pakai Setelah Keramas

Mengaplikasikan air seduhan teh hijau ke rambut dan kulit kepala usai keramas bisa dilakukan untuk merawat rambut secara alami. Siapkan dulu air seduhan teh hijau secukupnya dan tentu dalam suhu ruang bukannya hangat ataupun panas.

Setelah keramas seperti biasa, maka Anda bisa memakai kapas atau kuas yang dicelupkan ke air seduhan. Oleskan pada kulit kepala, setelah merata bisa didiamkan selama 15-20 menit dan baru dibilas kembali dengan air bersih.

Keringkan rambut memakai handuk bersih dan hindari dulu penggunaan hair dryer. Jika rutin dilakukan seminggu sekali maka kulit kepala lebih sehat dan rambut pun cenderung lebih kuat.

Hasil akan lebih baik jika diimbangi dengan asupan nutrisi seimbang dari menu Anda sehari-hari.

Anda lebih suka meminum langsung atau dipakai sebagai masker rambut? Tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Apabila dikombinasikan keduanya pun tetap akan memberi manfaat terbaik bagi rambut.

Bagi Anda yang kurang suka minum teh hijau karena rasa sepatnya yang khas, maka bisa dipakai sebagai masker rambut. Bisa pula sebaliknya jika dirasa kurang praktis untuk dipakai sebagai masker.

Hasil lebih baik jika diimbangi dengan gaya hidup sehat, apalagi rambut rusak dan rontok ada kalanya disebabkan oleh kondisi stress. Selain itu pertimbangkan pula untuk menggunakan teh hijau berkualitas, Anda bisa memesannya langsung di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: