khasiat teh lidah buaya

Khasiat Teh Lidah Buaya yang Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan

Selama ini lidah buaya dikenal bagus untuk perawatan kulit, namun tahukah Anda khasiat teh lidah buaya? Menyeduh teh yang kemudian dicampurkan dengan daging atau gel tanaman lidah buaya ternyata banyak manfaatnya.

Daging lidah buaya sudah sejak lama diketahui bisa dikonsumsi dan baik untuk pencernaan. Mencampurkannya dengan seduhan teh tentu menjadi pilihan tepat, untuk memastikan minuman Anda menyehatkan.

Berkenalan dengan Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya sangat berguna untuk kecantikan, sehingga sering dipakai menjadi bahan perawatan kulit. Tidak sedikit pula brand produk kecantikan menjadikannya sebagai bahan utama maupun bahan tambahan pada produknya.

Tapi, selain bermanfaat untuk kecantikan, tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nutrisi serta vitamin dalam tanaman lidah buaya bisa mencegah dan mengobati beberapa macam risiko penyakit.

Senyawa yang ada di dalam gel tanaman lidah buaya dipercaya sebagai sumber vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

Bagi Anda yang belum pernah mencobanya mungkin berpikir bahwa lidah buaya hanya bisa digunakan untuk menyuburkan rambut atau merawat kulit saja. Tapi tahukah Anda, lidah buaya juga dapat dibuat menjadi minuman menyehatkan.

Khasiat Teh Lidah Buaya Secara Umum

Lidah buaya yang sudah dibersihkan bisa dicampurkan ke dalam seduhan teh hijau maupun teh hitam. Kombinasi ini akan sangat cocok dinikmati dalam kondisi dingin, tak hanya bagus untuk melepas dahaga.

Namun juga bisa memberikan manfaat lebih kopleks bagi kecantikan dan kesehatan. Berikut adalah deretan manfaat yang ditawarkan:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang mengeluhkan masalah pencernaan, seperti sembelit atau mungkin diare dan lain sebagainya. Maka bisa rutin mengkonsumsi seduhan teh putih maupun teh hijau yang tinggi antioksidan.

Seduhan ini kemudian ditambahkan dengan potongan daging lidah buaya dan dikonsumsi saat selesai diolah.

Tambahkan madu atau gula batu untuk menjadikan rasanya lebih manis, dan membantu melancarkan pencernaan. Antioksidan di dalam teh membantu memperbaiki metabolisme tubuh sekaligus membantuk detoksifikasi secara alami.

Lidah buaya sendiri kaya akan serat yang bagus untuk membersihkan pencernaan, sehingga secara alami pencernaan lebih lancar.

Khasiat Teh Lidah Buaya untuk Kelembaban Kulit

Lidah buaya yang dicampur dengan seduhan teh tak hanya bisa diminum namun bisa pula dimanfaatkan secara topikal. Artinya bisa diaplikasikan di luar tubuh seperti di permukaan kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

Kombinasi ini ketika dijadikan masker wajah ataupun dioleskan merata ke seluruh tubuh. Bisa membantu melembabkan kulit, sehingga cocok diaplikasikan rutin di tengah musim kemarau seperti sekarang.

Masalah kulit kering dan retak bisa membaik secara perlahan jika perawatan ini dilakukan. Hasil lebih maksimal jika diimbangi dengan diminum, jadi tak hanya diaplikasikan di kulit namun juga diminum.

Menurunkan Resiko Kanker

Teh tinggi antioksidan dan sangat cocok dicampurkan dengan daging tanaman lidah buaya yang kaya nutrisi, seperti vitamin dan asam amino. Kombinasi ini ternyata tak hanya bagus utuk mengatasi sembelit, namun juga membantu menurunkan resiko terkena kanker.

Kombinasi keduanya baik untuk metabolisme tubuh dan perlahan memperkuat daya tahan tubuh secara alami. Perlahan namun pasti jika rutin dikonsumsi maka akan menurunkan resiko pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Apalagi campuran ini juga baik untuk detoks, sehingga racun yang merangsang pertumbuhan sel kanker bisa dinetralisir.

Membantu Menghilangkan Stress

Metabolisme tubuh yang membaik akan membantu melancarkan semua sistem di dalam tubuh. Termasuk untuk menstabilkan kadar hormon, sehingga bisa membantu meredakan stress.

Stress bisa muncul karena hormon di dalam tubuh dalam kondisi tidak stabil dan menyebabkan masalah kompleks, baik kesehatan fisik maupun psikis.

Menariknya lagi, teh yang digunakan juga memiliki efek relaksasi sehingga menenangkan pikiran dan sel syaraf. Jika tegang karena stress yang berlarut-larut maka bisa diredakan dengan rutin meminum teh lidah buaya ini.

Lebih sehat lagi jika dibuat sendiri, karena bisa dipastikan memakai bahan-bahan segar dan bersih.

Meski menyehatkan, tapi ada yang perlu diingat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh ini, karena jika terlalu sering dapat memperburuk penyakit pencernaan bahkan dehidrasi.

Sifat pencahar yang dimiliki teh lidah buaya juga dikenal dapat mengurangi penyerapan nutrisi dan obat yang sedang dikonsumsi seseorang.

Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Aturan yang disarankan adalah 1-2 cangkir teh per hari.

Teh lidah buaya memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit, menghilangkan stres, menyembuhkan sakit pencernaan dan mengeluarkan sisa zat kimia dari tubuh.

Pengolahan teh lidah buaya sangat mudahdapat dibuat dengan alat-alat sederhana. Bagi yang ingin membuat sendiri berikut ini resep pembuatannya :

Bahan :

  • Lidah buaya yang berwarna hijau.
  • Seduhan teh, bisa memilih teh jenis apapun yang disukai.

Cara Membuat:

  1. Ambil daging lidah buaya dan diris kecil-kecil dan bisa pula dirajang.
  2. Dijemur di bawah terik matahari hingga kering atau bisa juga di oven.
  3. Setelah kering, teh dari lidah buaya siap diseduh bersamaan dengan jenis teh yang disukai.
  4. Bisa diminum langsung saat masih hangat, bisa pula ditambahkan es batu agar dingin untuk diminum di siang hari yang terik.

Teh lidah buaya dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk teh yang lebih pekat disarankan dibuat es teh, karena sifat es yang secara alami mencair dan memudarkan rasa.

Jika digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, sebaiknya minum konsumsi teh lidah buaya saat masih hangat. Sebab suhu hangat dapat memberikan efek rileks pada tubuh.

Rasanya memang agak pahit, tapi Anda tidak perlu khawatir sebab boleh ditambahkan madu, air perasan jeruk nipis atau kulit lemon untuk mengurangi rasa pahitnya.

Namun, jangan lupa mengkonsumsi kedua bahan minuman ini tak menjamin Anda akan sehat bila tak diimbangi pola hidup yang sehat. Seperti olahraga dan konsumsi makanan sehat. Lakukan olahraga minimal 5-15 menit tiap hari agar badan lebih sehat.

Gunakan teh berkualitas untuk mendapatkan hasil optimal, tehnya sendiri bisa dipesan di Daun Seduh. Sebab menjadi salah satu penyedia teh terbaik dengan kualitas premium di Indonesia.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: