khasiat teh pahit

Khasiat Teh Pahit dan Penjelasan Detailnya untuk Kesehatan

Terbiasa menikmati teh tanpa gula ternyata pilihan tepat, sebab khasiat teh pahit ini cukup beragam dan menguntungkan tubuh.

Tak hanya kopi, teh juga merupakan salah satu minuman yang difavoritkan oleh banyak orang. Teh ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat sejak dulu, terutama di negara China karena memang asal tanaman satu ini dari sana.

Ada banyak cara untuk menikmati teh, diantaranya ialah langsung diminum tanpa diberi gula atau yang dikenal sebagai teh pahit. Bukankah rasanya tidak enak?

Memang, tetapi teh pahit ini diketahui mempunyai sejumlah khasiat yang sangat bagus bagi tubuh.

Ragam Khasiat Teh Pahit untuk Kesehatan

Berbagai manfaat teh pahit tersebut akan terasa bagi kesehatan dan kecantikan. Adapun manfaat teh pahit ini untuk kesehatan tubuh antara lain:

Khasiat Teh Pahit untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama ialah untuk kesehatan jantung. Manfaat teh pahit untuk jantung ini telah terbukti di berbagai negara yang masyarakatnya rutin mengkonsumsi teh.

Diketahui bahwa angka kematian akibat penyakit kardiovaskular menurun secara signifikan disana. Manfaat ini tentu tidak terlepas dari berbagai kandungan yang ada dalam teh tersebut.

Diantara kandungan yang dimaksud ialah myricetin, kaempferol dan flavonoid. Ketiga kandungan ini akan membantu meningkatan kinerja pembuluh darah sekaligus menghambat terjadinya pengerasan pembuluh darah.

Membantu Menetralkan Radikal Bebas

Khasiat teh tanpa pemanis yang kedua ialah membantu menetralkan radikal bebas. Manfaat yang satu ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan tahun 2007 lalu oleh para peneliti dari University of Kansas.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa dalam teh terdapat senyawa katekin yang berperan sebagai antioksidan.

Katekin dalam teh ini bahkan dinilai mampu mengalahkan vitamin E dan vitamin C. Jika hendak diibaratkan, kemampuan katekin 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efetif dari vitamin E.

Kemampuan yang besar seperti ini, sudah jelas bahwa teh pahit mampu menetralkan radikal bebas.

Terhindar dari Flu dan Demam

Manfaat teh pahit untuk kesehatan yang lainnya ialah membantu menghindarkan diri dari flu serta demam. Sama seperti sebelumnya, manfaat yang satu ini juga ada berkat kandungan katekin.

Jadi, katekin di sini tidak hanya membantu tubuh melawan radikal bebas saja, tetapi juga sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Keuntungannya, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit seperti flu dan demam.

Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Rutin mengkonsumsi teh pahit juga akan membantu menjaga kadar gula dalam darah. Sebagaimana yang diketahui bahwa kadar gula darah berlebih itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sebab dapat menimbulkan komplikasi diabetes maupun memicu diabetes itu sendiri.

Rutin mengkonsumsi teh pahit adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mencegahnya. Apalagi kandungan antioksidan di dalam teh, baik teh hijau maupun jenis lainnya.

Bisa membantu menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga perlu diminum rutin untuk merasakan khasiat ini.

Mencegah Karies

Tak hanya memberikan keempat manfaat di atas, teh pahit ternyata juga bisa mencegah karies. Karies itu sendiri ialah masalah yang sering terjadi pada tulang dan gigi.

Teh pahit mempunyai manfaat tersebut karena di dalamnya terdapat kandungan berupa mineral yang disebut dengan fluoride.

Fluoride ini mampu memperkuat sekaligus melindungi gigi sehingga gigi menjadi lebih sehat. Selain itu, dalam teh pahit juga ada kandungan vitamin D dan asam amino yang pastinya sangat berguna untuk menjaga kekuatan tulang.
Membuat Badan Menjadi Lebih Rileks

Manfaat teh pahit yang selanjutnya ialah bisa membuat badan menjadi lebih rileks. Hal ini, juga sudah ada penelitian yang menyarakan bahwa mengkonsumsi teh dapat memulihkan stres lebih cepat.

Kondisi ini terjadi karena teh itu sendiri bisa menormalkan hormon pemicu stres. Selain itu, pada beberapa orang, aroma teh juga cukup membantu merilekskan pikiran.

Jika ingin meredakan stress maka bisa memilih teh hitam yanga bekerja efektif. Opsional lainnya adalah minum teh hijau ataupun teh oolong tiga jam sebelum tidur.

Dengan berbagai manfaat tersebut, bisa mencoba rutin mengkonsumsi teh pahit mulai dari sekarang. Tapi, jangan sampai berlebihan karena teh pahit juga mempunyai efek samping yang tidak bagus bagi tubuh.

Diantara efek samping teh pahit tersebut ialah dapat menyebabkan konstipasi dan anemia. Jadi, konsumsinya secara wajar yakni sekitar 1 cangkir dan maksimal 4 cangkir per hari.

Semua teh akan semakin sehat jika diminum tanpa pemanis apalagi gula pasir, kecuali untuk teh hitam. Melihat ulasan di atas tentu semakin meningkatkan keinginan untuk rutin menikmatinya.

Manfaat yang didapat juga akan lebih optimal jika menikmati teh berkualitas, tak lagi sulit mendapatkannya karena bisa memesan langsung di Daun Seduh.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: