manfaat antioksidan pada teh

Manfaat Antioksidan pada Teh bagi Kesehatan Tubuh

Suka minum teh atau sedang belajar menyukai teh? Silahkan menjadikannya sebagai kebiasaan dan budaya, karena manfaat antioksidan pada teh sangat beragam.

Baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Antioksidan sendiri bisa ditemukan pada aneka jenis tumbuhan pangan atau sayur dan buah-buahan.

Rupanya antioksidan juga ditemukan pada teh, yang menjadikannya bermanfaat besar ketika diminum secara teratur.

Kandungan Antioksidan di Dalam Teh

Teh dikenal luas sebagai salah satu jenis minuman alami dan tradisional yang tak hanya nikmat akan tetapi juga kaya akan manfaat.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi di dalam daun teh yang tetap terjaga sekalipun sudah dikeringkan, bahkan difermentasikan seperti pada teh hitam.

Meskipun proses pembuatan teh akan mengurangi beberapa kandungan nutrisi dan menambah kandungan senyawa tertentu.

Beda proses pembuatan teh tak hanya menghasilkan jenis teh yang berbeda, namun juga memberikan perbedaan kandungan di dalamnya.

Teh dengan kandungan antioksidan paling tinggi terdapat pada teh yang prosesnya paling pendek.

Bisa ditemukan pada teh putih dan teh hijau yang sama sekali tidak melewati proses fermentasi. Namun, apakah teh yang difermentasi akan kehilangan antioksidan?

Jawabannya adalah tidak, karena antioksidan ini tetap ditemukan di dalam teh fermentasi.

Seperti pada oolong yang mengalami semi fermentasi dan teh hitam yang difermentasikan secara penuh. Hanya saja kandungan antioksidannya tidak sebanyak teh putih dan teh hijau.

Diketahui bahwa teh mengandung dua jenis antioksidan alami, yakni:

  • Polifenol, yakni jenis antioksidan alami di dalam teh yang memiliki khasiat meredakan peradangan dan membantu melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  • Flavonoid, yakni jenis antioksidan alami di dalam teh yang berkhasiat untuk mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah dan melindungi kesehatan jantung. Antioksidan jenis ini akan membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Dua jenis antioksidan ini akan masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan aktivitas minum teh, sehingga semakin sering semakin baik.

Hanya saja minum teh juga perlu diatur porsinya agar tidak berlebihan, karena teh juga mengandung kafein.

Konsumsi berlebihan justru akan melemahkan efek antioksidan yang terserap oleh tubuh. Takaran porsi yang dianjurkan antara 1-4 cangkir per hari.

Manfaat Antioksidan pada Teh Premium

Usai mengetahui kandungan antioksidan apa saja yang terdapat di dalam teh, maka selanjutnya Anda bisa mencari tahu manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut detail manfaat tersebut:

Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Asupan antioksidan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, di dalam teh khasiat ini diberikan oleh flavonoid.

Secangkir sehari sudah membantu memberikan asupan antioksidan yang cukup untuk kesehatan jantung.

Flavonoid akan membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah naik, dan berimbas pada melemahnya fungsi jantung.

Peredaran darah yang lancar akan meringankan kerja jantung, sehingga menjaga fungsinya tetap normal dan bekerja dengan baik.

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, tentu akan memiliki resiko terkena penyakit yang sama lebih besar.

Jadi, silahkan dibiasakan minum teh dari sekarang untuk memperkecil resiko tersebut.

Manfaat Antioksidan pada Teh untuk Melawan Penuaan

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan diketahui baik untuk menjaga kekencangan kulit.

Sebab antioksidan dikenal pula sebagai agen anti penuaan, yang secara alami membantu mencegah munculnya keriput terlalu dini.

Buah yang dianjurkan adalah dari keluarga berry, seperti blueberry maupun jenis berry lainnya.

Namun, jika sulit menemukan buah berry atau mungkin karena tidak terlalu menyukainya. Anda tetap bisa mendapatkan asupan agen anti penuaan ini melalui teh, baik itu teh hijau maupun teh jenis lainnya.

Secangkir atau dua cangkir sehari merupakan cara yang sama alaminya untuk awet muda seperti mengkonsumsi buah berry tadi.

Menguatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Antioksidan juga bagus untuk menguatkan sistem daya tahan tubuh atau imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terjangkit suatu penyakit.

Sistem daya tahan tubuh yang baik akan melindungi tubuh dari serangan bibit penyakit.

Artinya dengan rutin minum teh Anda sudah berkontribusi untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Semakin bagus kualitas teh yang diminum maka akan semakin maksimal efeknya bagi daya tahan tubuh.

Melindungi Kesehatan Mata

Antioksidan juga baik untuk kesehatan mata, sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi antioksidan.

Jika dilakukan maka bisa menurunkan resiko kebutaan dan gangguan kesehatan lain pada organ mata.

Lansia pun dianjurkan sekali untuk memperbanyak asupan antioksidan. Tidak hanya antioksidan dari makanan dan minuman, bila diperlukan juga bisa mengkonsumsi suplemen.

Silahkan mulai rutin minum teh untuk mendapatkan mata yang selalu sehat.

Manfaat Antioksidan pada Teh untuk Melindungi Sistem Saraf

Antioksidan dari teh maupun sumber makanan lain juga terbukti mampu menjaga sistem saraf di dalam tubuh.

Menjaga asupan antioksidan di dalam tubuh akan menurunkan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Misalnya saja autisme, skizofrenia, dan juga depresi. Apabila memiliki riwayat gangguan saraf, ada baiknya melakukan pencegahan dengan rutin minum teh.

Tidak ada salahnya juga meningkatkan asupan makanan tinggi antioksidan, seperti sayur-mayur dan buah-buahan, khususnya dari keluarga berry.

Minum teh menjadi alternatif untuk memberikan asupan antioksidan alami bagi tubuh, sehingga bisa dipertimbangkan. Utamakan teh dengan kualitas premium karena kandungan antioksidannya lebih terjamin tinggi.

Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh, tersedia berbagai jenis teh disini yang bisa dipesan secara online. Bagaimana dengan harga teh hijau maupun jenis lainnya?

Tak perlu cemas, karena Anda akan memperoleh penawaran menarik dan sesuai dengan kualitas.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: