manfaat black tea untuk diet

Manfaat Black Tea untuk Diet yang Alami Sekaligus Efektif

Siapa yang tidak suka dengan minuman teh hitam, namun tahukah apa saja manfaat black tea untuk diet maupun kesehatan?

Teh hitam merupakan jenis teh paling familiar bagi masyarakat Indonesia dan beredar luas di pasaran. Meskipun untuk kualitas grade memang masih kalah jauh dengan grade teh hitam di luar negeri.

Terlepas dari tingkat kualitasnya, minum seduhan teh hitam tak hanya memberi kepuasan bagi lidah. Akan tetapi juga mendatangkan manfaat tersendiri bagi tubuh. Kabarnya, teh jenis ini juga membantu melancarkan program diet yang dijalankan. Benarkah demikian?

Mengenal Manfaat Black Tea Lebih Dalam

Dari semua jenis teh yang ada, black tea atau teh hitam menjadi salah satu yang paling digemari. Selain menjadi yang paling banyak dikonsumsi, black tea juga mudah ditemui.

Dengan rasa yang cenderung lebih kuat, agak pahit, serta asam, black tea dikonsumsi oleh banyak orang.

Tetapi, tahukah Anda bahwa black tea juga mampu menurunkan berat badan? Tidak hanya teh hijau atau green tea, ada pula manfaat black tea untuk diet berkat kandungan zat baik di dalamnya.

Manfaat ini bukan mengada-ada, karena didukung oleh fakta dan juga penelitian yang melatarbelakanginya.
Jadi, apa saja kandungan dalam black tea yang bisa menurunkan berat badan dan menjadi sarana diet?

Kandungan dan Manfaat Black Tea untuk Diet

Ada dua kandungan utama dalam teh hitam atau black tea yang mampu menjadikannya sebagai sarana untuk diet. Kedua zat tersebut adalah sebagai berikut.

Manfaat Black Tea untuk Diet dari Kandungan Polifenol

Polifenol atau flavonoid adalah antioksidan yang terkandung dalam tumbuhan, termasuk tanaman teh. Flavonoid utama yang terkandung dalam daun teh hijau bernama katekin.

Namun untuk black tea, ketika daun dilakukan pengolahan akan ada flavonoid lagi yang berasal dari katekin tadi. Jadi, mengapa flavonoid ini mampu membantu menurunkan berat badan?

Flavonoid dalam black tea dapat membantu menghambat kerja enzim lipase, sebuah enzim yang tugasnya untuk mencerna lemak yang ada di tubuh kita.

Jadi, ketika enzim ini terhambat, lemak tidak dapat diserap tubuh seluruhnya sehingga dikeluarkan dari tubuh.
Kandungan theaflavin juga mampu membantu meningkatkan pembakaran energi atau kalori.

Kafein

Manfaat black tea untuk diet juga disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya. Black tea mengandung 30 hingga 80 gram kafein dalam setiap cangkirnya.

Sementara itu, agar jumlah energi yang dibakar tubuh saat istirahat bisa meningkat hanya membutuhkan tambahan 50 gram kafein.

Ada penelitian yang juga menyebutkan bahwa dengan kafein, metabolisme basal dapat meningkat hingga sebesar 6 persen. Diet pun menjadi lebih maksimal.

Dapat Mengurangi Asupan Kalori

Selain dua kandungan utama diatas, black tea juga dapat membantu mengurangi asupan kalori. Faktanya, kandungan kalori dalam black tea hanya sebesar 2 kalori. Bila ditambah dengan madu, kandungannya menjadi 23 kalori.

Agar mendapatkan manfaat teh hitam ini dalam menjalankan diet. Sebaiknya mulai ganti minuman yang memiliki kalori tinggi seperti minuman bersoda dengan black tea.

Perbanyak pula minum air putih, sebab orang yang kurang minum air cenderung bermasalah dengan berat badan berlebih.

Kebiasaan minum sebelum makan juga bagus untuk metabolisme tubuh. Hal tersebut karena minum sebelum makan dapat membuat lebih kenyang. Tubuh pun memiliki metabolisme yang membaik berkat air yang diminum tersebut sehingga kalori tambahan dapat terbakar.

Tips Agar Manfaat Black Tea untuk Diet Maksimal

Untuk mendapatkan manfaat dari black tea, disarankan untuk tidak mengonsumsinya dengan tambahan gula. Karena gula dapat menambah kalori yang banyak dan justru bisa meningkatkan berat badan.

Namun, jika tidak tahan minum teh tawar yang cenderung sepat bisa menambahkan sedikit gula. Pada dasarnya teh hitam sifatnya asam sebab melewati proses fermentasi.

Sehingga menambahkan gula tidak akan merusak kandungan zat baik di dalamnya. Hanya saja penambahan gula berlebihan justru meningkatkan asupan kalori, maka perlu dibatasi atau seperlunya saja.

Yang perlu diingat lagi adalah jangan terlalu sering dan berlebihan. Karena memiliki kandungan kafein, apabila terlalu banyak dikonsumsi black tea dapat berpengaruh buruk bagi tubuh.

Hindari minum black tea sebelum tidur, karena kandungan kafein di dalamnya justru membuat Anda terjaga lebih lama. Idealnya seduhan teh jenis ini diminum di pagi maupun siang dan sore hari. Paling tidak berselang 3 jam sebelum tidur malam, agar kualitas tidur terjaga.

Istirahat yang kurang juga bisa meningkatkan potensi kenaikan berat badan, maka musti diperhatikan. Opsional lainnya adalah minum seduhan teh hijau sebelum tidur yang punya efek relaksasi, agar tidur lebih nyenyak.

Imbangi pula dengan pola makan yang sehat, hindari dulu makanan tinggi lemak dan kalori. Baik itu gorengan, makanan instan, dan sajian cepat saji di luar rumah.

Memasak sendiri meski simpel dan bahan seadanya namun alami, malah lebih sehat dan berdampak baik bagi program diet Anda.

Diet secara alami bisa ditopang dengan pola makan sehat dan rutin mengkonsumsi teh yang membantu membakar tumpukan kalori dan lemak. Tak hanya teh hijau, black tea alias teh hitam juga bisa diandalkan.

Asalkan diminum dengan benar dan memperhatikan uraian di atas. Perlahan berat badan lebih ideal dan tubuh pun lebih bugar.

Nikmati teh hitam berkualitas hanya di Daun Seduh, untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal. Tak hanya untuk diet namun juga kebubagaran tubuh Anda.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: