manfaat green tea bagi kulit

Manfaat Green Tea Bagi Kulit yang Membantu Tampil Sempurna

Bagi siapa saja yang sangat memperhatikan penampilan maka bisa menjajal manfaat green tea bagi kulit. Sebab jenis teh satu ini memiliki beberapa kandungan yang memberi efek positif bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Jika membutuhkan penampilan yang selalu terlihat sedap dipandang, maka tidak ada salahnya rutin meminum seduhan green tea.

Bisa pula rutin memakainya untuk perawatan kulit dari luar, misalnya memakai masker dari ampas seduhan green tea.

Opsional lain adalah memakai masker dari campuran green tea bubuk atau matcha dengan bahan lain, seperti perasa air lemon ataupun air mawar. Kombinasi apik bahan alami dengan green tea memberi manfaat terbaik bagi kesehatan kulit.

Berkenalan Lebih Dalam dengan Green Tea

Pada zaman dahulu, masyarakat China gemar memanfaatkan teh hijau sebagai obat. Mengingat adanya zat antioksidan dalam teh hijau yang dapat membantu melindungi tubuh dari bakteri maupun infeksi ketika terluka.

Sampai detik ini pun pemanfaatan green tea alias teh hijau untuk kesehatan masih terus diterapkan oleh masyarakat. Khususnya di negara-negara yang memiliki budaya minum teh seperti China dan juga Jepang.

Bagaimana dengan di Indonesia? Budaya minum teh juga dikenal baik di tanah air, meskipun tidak ada ritual penyajian khusus seperti di negara lain.

Hanya saja masyarakat di negara kita mulai mengenal dan rutin minum teh hijau setelah khasiatnya sudah terbukti. Lewat berbagai penelitian, sehingga pamor teh hijau perlahan terus merangkak naik sampai sekarang.

Hal ini terjadi karena selama ini masyarakat Indonesia lebih familiar dengan teh hitam yakni jenis teh yang melewati proses fermentasi.

Teh hijau sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh karena kaya antioksidan sehingga ampuh melawan serangan radikal bebas.

Sering pula dimanfaatkan untuk membantu diet alami, karena diketahui teh jenis ini efektif merangsang pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh.

Namun, sudahkah memanfaatkan teh hijau ini untuk kecantikan kulit? Sebab kandungan kompleks di dalamnya ternyata juga memberi dampak menguntungkan bagi kulit.

Mengenal Beragam Manfaat Green Tea Bagi Kulit

Jika selama ini hanya mengenal manfaat green tea bagi kesehatan dan untuk melancarkan diet. Maka tidak ada salahnya mencari tahu apa saja manfaat green tea bagi kulit yang kabarnya banyak dibutuhkan. Simak informasi detailnya di bawah ini:

Mencerahkan Wajah

Manfaat Green tea untuk kulit yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Pada tahun 2003, Medical College of Georgia, Amerika Serikat melakukan penelitian tentang teh hijau untuk kecantikan.

Hasilnya bila teh hijau dapat membantu peremajaan, sehingga wajah pun jauh lebih cerah dan tidak mudah mengalami penuaan dini.

Antioksidan di dalam teh hijau membantu melawan serangan radikal bebas yang berpotensi merusak kulit. Radikal bebas juga dikenal sebagai salah satu penyebab penuaan dini, sehingga sangat cocok diminum rutin sebagai pencegahan.

Konsumsi rutin bisa membantu mencerahkan kulit dari dalam. Hasil maksimal bisa didapatkan jika dikombinasikan dengan perawatan luar, misal memakai ampas teh sebagai masker wajah.

Melembabkan Kulit

Sering berhadapan dengan masalah kulit kering dan pecah-pecah bahkan teksturnya terasa kasar ketika disentuh? Masalah kulit kering menjadi momok yang dihadapi siapa saja terutama di musim kemarau seperti sekarang.

Perawatan terbaik penting untuk dilakukan agar kulit kembali lembab dan bercahaya.

Teh hijau memiliki zat antioksidan yang dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit yang kering. Dalam penggunaannya, khasiatnya akan semakin terasa efeknya bila dicampur dengan madu serta perasaan air lemon.

Aplikasikan di kulit wajah dan diamkan selama 15-20 menit lalu dibilas. Perawatan ini jika dilakukan rutin akan mengembalikan kelembaban alami kulit.

Mengendalikan Produksi Minyak

Sebenarnya teh hijau tak hanya baik untuk mengembalikan kelembaban kulit namun juga mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Bagi pemilik kulit berminyak dan dihadapkan pada masalah jerawat, bisa mencoba merawat kulit dengan green tea.

Kebaikan greentea bagi kulit terletak dalam mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum melalui zat tanin yang terkandung di dalamnya.

Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, mencegah adanya iritasi pada kulit wajah, serta melembabkan kulit agar tidak terlalu kering.

Artinya cukup dengan green tea yang alami Anda sudah bisa mendapatkan kulit yang benar-benar sehat. Tak hanya lembab namun juga tidak berminyak, sehingga kondisinya ideal.

Manfaat Green Tea Bagi Kulit Agar Selalu Kencang

Penuaan dini sudah pasti sangat dihindari oleh kaum hawa. Memanfaatkan teh hijau yang memiliki kandungan zat antioksidan begitu banyak bisa dijadikan pilihan.

Kandungan ini bermanfaat dalam perbaikan sel kulit tubuh. Sehingga, mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu mencegah penuaan dini. Kulit pun akan selalu terlihat lebih segar dan cerah.

Manfaat Green Tea Bagi Kulit Agar Tak Kusam

Wajah kusam lantaran terlalu banyak sel kulit mati yang tidak terangkat sempurna tentu merupakan hal yang tidak nyaman dan cukup mengganggu.

Terlebih ketika aktivitas terlalu banyak di luar ruangan, maka kulit kusam akan semakin menjadi. Jadi, untuk menghindari kulit nampak kusam tersebut bisa mencoba teh hijau. Gunakan teh hijau dicampur dengan madu sebagai scrub alami dan gosok perlahan di kulit wajah.

Kombinasi ini akan membantu membersihkan kulit wajah dari tumpukan sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Menariknya teh hijau dicampur madu juga efektif membersihkan polutan yang menempel di kulit wajah. S

ehingga bisa menjadi jembatan untuk mengucapkan selamat tinggal pada masalah kulit.

Melindungi dari Paparan Sinar UV

Adanya zat tanin, polifenol, serta theobromine dalam teh hijau sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apabila selama ini sering beraktifitas di luar ruangan dan familiar dengan sengatan sinar matahari, bisa mencoba solusi ini.

Yakni dengan rutin memakai masker dari teh hijau yang membantu memberikan antioksidan dalam jumlah lumayan. Antioksidan dan zat bermanfaat lainnya bisa berfungsi sebagai pelindung di permukaan kulit.

Bahaya sinar UVA maupun UVB bisa dicegah untuk masuk ke kulit, sehingga kulit dijamin selalu sehat.

Mencegah Jerawat dan Mengatasi Bekasnya

Teh hijau juga memiliki kandungan ketekin yang dapat bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat. Sehingga menjadi pilihan tepat untuk mencegah jerawat agar tidak muncul kembali.

Selain itu, zat antiflamasi dapat membantu meredakan peradangan pada kulit yang terluka akibat jerawat, sehingga meminimalisasi adanya bekas luka dari jerawat.

Manfaat tambahan lainnya adalah efektif membantu mengatasi bekas jerawat yang memberi penampakan noda di kulit wajah. Sebab antioksidan di dalamnya juga efektif mencerahkan warna kulit, sehingga bekas jerawat pun perlahan memudar.

Kulit merupakan aset bagi siapa saja yang memiliki profesi dengan tuntutan penampilan sempurna. Anda yang ingin tampil maksimal bisa mencoba perawatan alami dengan green tea karena bisa memberi beragam manfaat, sesuai penjelasan di atas.

Mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan rutin minum green tea bisa pula dengan memakainya sebagai masker, toner, sampai scrub. Selamat mencoba beragam manfaat green tea bagi kulit di atas!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: