manfaat green tea untuk jerawat

Manfaat Green Tea untuk Jerawat yang Wajib Disimak

Tahukah Anda manfaat green tea untuk jerawat? Teh telah digunakan sebagai obat herbal sejak jaman dahulu selama berabad-abad untuk berbagai masalah kesehatan.

Green tea sangat populer di Cina mulai dari mengatasi sakit kepala, depresi, mengatasi masalah kulit, dan lainnya. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, katekia, asam amino, asam folat vitamin B dan senyawa alami lain di dalamnya.

Di zaman modern seperti sekarang, green tea masih dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Kabarnya konsumsi teh secara teratur ataupun menggunakannya sebagai toner atau masker. Sangat efektif meredakan jerawat yang meradang sekaligus membantu mencegahnya menyerang kembali.

Berkenalan dengan Manfaat Green Tea untuk Jerawat

Selain manfaat green tea untuk jerawat, green tea sering digunakan sebagai obat alami perut kembung, membantu melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Namun, bagi siapa saja yang sudah putus asa menangani jerawat yang menyerang. Ada baiknya mulai mempertimbangkan penggunaan green tea, simak penjelasan detailnya di bawah ini:

Menghindari Jerawat yang Akan Timbul

Green tea memiliki catechins yaitu zat anti bakteri yang dapat menghindari timbulnya bakteri penyebab jerawat. Catechins juga dapat membantu menstabilkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh menjadi salah satu menyebab jerawat timbul.

Di tahun 2012, para peneliti yang mempublikasikan di Journal Of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa senyawa Epigallocatechin 3 Gallate (EGCG) yang ada di dalam green tea mampu mengatasi jerawat dengan cara menghambat bakteri P.Acnes.

Bagaimana cara untuk mengatasi jerawat menggunakan green tea? Caranya adalah campurkan ΒΌ gelas air dan green tea yang baru diseduh. Oleskan seduhan green tea tersebut di area wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas.

Diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari sehingga lebih cepat meredakan jerawat yang menyerang.

Manfaat Green Tea untuk Jerawat & Menghaluskan Kulit

Semua orang terutama wanita sangat tidak suka dengan banyak noda di wajah seperti bekas jerawat yang susah hilang. Mengatasinya Anda dapat menggunakan green tea secara rutin.

Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat dan racun yang ada di dalam tubuh. Serta mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas kulit.

Studi yang dilakukan oleh Medical College Of Georgia, Amerika Serikat pada tahun 2007 bahwa green tea dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan menghilangkan luka ataupun bekas jerawat pada kulit.

Tidak hanya diminum namun green tea juga dapat dijadikan masker wajah, cara membuatnya cukup mudah. Hal pertama yang musti Anda lakukan adalah keluarkan green tea dari bungkusnya setelah itu tambahkan satu sendok teh madu.

Kemudian campurkan dengan air lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda dapat melakukan secara rutin minimal dua minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, terlihat cerah, dan bebas noda.

Menghilangkan Tanda Penuaian Dini

Green tea memiliki kandungan polifenol yang berfungsi untuk menetralkan tubuh dari radikal bebas yang mengakibatkan kulit keriput. Selain itu kandungan ini juga bisa mengatasi noda hitam dan kulit kusam.

Bagaimana caranya? Anda dapat mencampurkan tiga sendok makan yogurt, satu sendok makan daun green tea, dan sedikit bubuk kunyit. Oleskan pada wajah dan leher kemudian diamkan selama 15 menit, setelah itu basuh dengan air hangat.

Apabila dilakukan secara rutin maka perlahan kulit wajah akan lebih kencang dan garis halus dari keriput akan memudar. Sebagai nilai tambah, Anda juga bisa mencegah munculnya jerawat sehingga kulit muka senantiasa bersih dan mulus.

Mengurangi Penampakan Mata Panda dan Bengkak

Manfaat green tea untuk jerawat lainnya adalah mengurangi lingkaran mata hitam dan bengkak karena green tea mengandung antioksidan . Zat antioksidan tersebut membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus disekitar mata yang nampak bengkak sehingga mata terlihat sembam.

Sedangkan vitamin K pada green tea dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Adapun caranya yaitu, letakkan dua sendok makan ampas green tea yang sudah terpakai di dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian bungkus dengan kain kasa atau kain yang bersih dan tempelkan di bagian sekitar mata dalam keadaan tertutup.

Diamkan selama 17 menit, lalukan secara rutin minimal dua minggu sekali.

Perlahan masalah mata panda ataupun mata yang terlihat membengkak akan tuntas. Namun memang harus sabar, sebab setelah beberapa bulan hasilnya akan terasa. Hasil juga akan lebih maksimal ketika menggunakan teh hijau atau green tea dengan kualitas yang baik.

Jadi, jangan asal dalam belanaj green tea sebab bisa jadi meski murah namun kandungan nutrisinya mengecewakan. Akan lebih menguntungkan jika mengeluarkan dana lebih besar sedikit.

Namun lebih terjamin mendapatkan green tea yang bagus, jika dipakai mengatasi jerawat pun akan lebih ampuh. Jika ingin hasil lebih baik, maka bisa pula ditunjang dengan rutin minum seduhan white tea atau teh putih.

Minum teh putih di pagi hari bisa membantu proses detoks tubuh secara alami, sehingga lebih efektif dalam menangani masalah jerawat.

Imbangi pula dengan pola makan yang sehat, supaya bisa kulit terjaga kesehatannya dan bebas dari masalah jerawat maupun yang lainnya.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: