manfaat green tea

Manfaat Green Tea yang Bisa Jadi Anda Butuhkan

Manfaat green tea yang beragam selaras dengan kepopulerannya, dan pada akhirnya diminati masyarakat dunia. Green tea atau teh hijau masuk ke dalam kategori jenis teh populer.

Di Indonesia, teh adalah minuman yang paling populer setelah kopi. Bahkan, teh lebih sering dikonsumsi dibandingkan dengan kopi. Selain sebagai minuman untuk menemani waktu santai, teh ternyata baik untuk kesehatan khususnya greentea.

Meski manfaatnya beragam namun belum tentu semua orang mengetahuinya.

Manfaat Green Tea yang Kompleks

Manfaat yang diberikan oleh teh hijau ini tidak lepas dari kandungannya. Senyawa yang ada pada greentea inilah yang menjadikannya sebagai minuman menyehatkan. Berikut detail manfaat yang ditawarkan:

Manfaat Green Tea untuk Berat Badan

Fungsi greentea yang banyak banyak diketahui adalah sebagai minuman penurun berat badan. Menurut para ahli, dengan memadukan olahraga, diet sehat, dan mengonsumsi greentea secara rutin, bisa memaksimalkan diet.

Anda yang ingin mencari solusi diet lebih cepat bisa mencoba rutin meminum green tea. Antara 1-3 cangkir per hari satu jam setelah makan.

Mencegah Masuk Angin

Kandungan antioksidan yang ada di dalam greentea, dapat menjaga daya tahan tubuh. Hal inilah yang bermanfaat agar dapat mencegah masuk angin.

Minumlah greentea hangat di waktu musim hujan atau musim dingin. Apabila rutin, minimal satu cangkir per hari maka bisa menjaga daya tahan tubuh.

Musim dingin yang identik dengan flu sampai masuk angin bukan lagi sumber kekhawatiran.

Sebagai Obat Jerawat

Katekin yang terkandung di dalam greentea berfungsi juga sebagai obat jerawat. Zat tersebut terbukti ampuh untuk mengatur ketidakseimbangan hormon, sebagai anti inflamasi, dan anti bakteri.

Apabila punya keluhan jerawat maka bisa mencoba mengatasinya dengan teh hijau setiap hari.

Mengurangi Lingkar Hitam Pada Area Mata

Jika Anda adalah salah seorang yang sering mengalami lingkar hitam pada mata, atasilah dengan greentea. Kandungan antioksidannya mampu mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitamnya.

Cukup gunakan ampas green tea yang sudah diseduh untuk mengompres mata. Jika teratur maka garis hitam perlahan akan memudar.

Manfaat Green Tea untuk Meningkatkan Kecantikan Kulit

Menurut riset yang dirilis di tahun 2003, oleh Medical College of Georgia, mengungkapkan bahwa greentea dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, manfaat teh greentea lainnya adalah dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan bekas luka.

Manfaatnya di atas bahkan telah berhasil dibuktikan pada sebuah penelitian di tahun 2012. Penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology.

Mencegah Kanker

Menurut para ahli, semua jenis teh dapat mencegah kanker begitu juga dengan greentea. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada teh, khususnya greentea begitu tinggi.

Green tea memiliki kandungan sejenis catechin yang terbukti sebagai anti kanker yang ampuh. Senyawa tersebut, dapat mencegah serta melawan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Minuman ini terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Selain itu, mampu juga meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Cara Praktis Mendapatkan Manfaat Green Tea

Khasiat greentea bisa diperoleh secara maksimal jika meminumnya secara benar. Cara-caranya pun tidaklah sulit dan mudah diaplikasikan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Meminum greentea di waktu yang tepat, yaitu pagi dan menjelang tidur di malam hari
  • Meminum teh hijau dalam keadaan hangat
  • Pilih hanya teh hijau berkualitas baik, seperti yang disediakan Daun Seduh
  • Meminumnya di sela-sela waktu makan
  • Meminumnya sebelum melakukan aktivitas olahraga

Dengan mengkonsumsinya secara benar, maka manfaatnya bisa Anda rasakan secara optimal.

Selain sebagai minuman di waktu santai, cocok juga untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan agar tetap prima. Namun jangan lupa, perhatikan cara-cara mengkonsumsinya, karena khasiat dan manfaatnya akan kurang optimal jika asal-asalan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: