manfaat minum teh herbal pagi hari

Manfaat Minum Teh Herbal Pagi Hari untuk Tubuh Lebih Sehat

Salah satu waktu terbaik minum teh ialah pagi hari, apalagi ada banyak manfaat minum teh herbal pagi hari yang bisa dirasakan.

Teh herbal itu sendiri ialah minuman yang dibuat dari tanaman herbal seperti jahe, kayu manis, serai, daun mint atau yang lainnya, baik dicampur dengan daun teh atau tidak.

Bagaimana dengan manfaatnya? Tentu sangat banyak. Bahkan jika dibandingkan dengan kopi, teh herbal ini jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsinya bisa dilakukan di waktu pagi, dan memang menjadi pilihan waktu terbaik.

Detail Manfaat Minum Teh Herbal Pagi Hari

Teh herbal tak hanya bisa didapatkan dari berbagai rempah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Bisa pula dari seduhan teh hijau, ataupun bisa memilih teh oolong yang memang memberi beragam manfaat bagi kesehatan.

Rasa seduhan daun teh memang lebih sepat dan punya rasa pahit yang tipis. Namun jika dilihat dari manfaatnya maka dijamin akan mencoba disiplin untuk meminumnya.

Setelah memilih teh herbal mana yang akan diseduh, maka usahakan untuk rutin meminumnya di pagi hari. Mengapa? Sebab terdapat beberapa manfaat berikut yang menjadikan waktu pagi sebagai waktu terbaik minum teh herbal:

Manfaat Minum Teh Herbal Pagi Hari untuk Imunitas Tubuh

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi teh herbal di pagi hari adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab di waktu pagi tubuh akan melakukan proses detoks alami.

Sekaligus perut masih dalam kondisi kosong, sehingga meminum teh herbal akan memberi hasil maksimal. Sebab kandungan baik di dalamnya bisa terserap tubuh lebih cepat, dan seiring berjalannya waktu tubuh memiliki daya tahan lebih baik.

Sehingga tidak sering jatuh sakit khususnya penyakit musiman seperti flu dan batuk.

Membuat Kesehatan Jantung Terjaga

Teh herbal juga bisa membuat kesehatan jantung jadi lebih terjaga. Manfaat yang satu ini juga tidak terlepas dari berbagai kandungan yang ada pada sejumlah tanaman herbal. Dimana diantara kandungan tersebut, salah satunya disebut sebagai flavonoid.

Bahkan jika Anda hanya mengkonsumsi daun tehnya saja, terutama teh hitam, tanpa dibarengi dengan tanaman herbal lain. Pilihan ini sudah mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Pernyataan ini juga bukan tanpa alasan, tetapi memang sudah benar-benar terbukti melalui penelitian yang dilaukan oleh seorang peneliti di Boston University of Medicine.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa aktifitas mengkonsumsi teh hitam bisa mengurangi risiko serangan jantung, mengurangi risiko stroke serta mengembalikan fungsi saluran arteri.

Hasil menjadi lebih baik ketika diminum di pagi hari, baik setelah maupun sebelum sarapan.

Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

Minum teh herbal saat pagi hari juga diketahui bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan teh herbal yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan, sehingga rasa nyeri pada tubuh bisa dikurangi.

Cocok diminum bagi para wanita yang mengeluhkan nyeri saat datang bulan.

Membantu Mencegah Kanker

Mengkonsumsi teh herbal secara rutin saat pagi hari ternyata bisa membantu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan sejumlah tanaman herbal yang biasa dijadikan teh itu mempunyai sifat antikanker, seperti jahe, kunyit, cengkeh dan bahkan daun teh itu sendiri.

Jahe mempunyai bahan aktif berupa gingerol yang akan membantu membunuh sel kanker. Sementara kunyit mempunyai senyawa aktif berupa kurkumin yang sangat bagus untuk mencegah kanker.

Kemudian cengkeh mempunyai senyawa antioksidan yang juga berperan sebagai antikanker.

Sedangkan daun teh itu sendiri, memang sudah diketahui bahwa ada beberapa jenis teh yang bagus untuk mencegah kanker, dimana dua diantaranya ialah teh hijau dan teh hitam.

Membantu Menenangkan Saraf dan Mengurangi Stres

Selain mempunyai berbagai manfaat di atas, teh herbal juga sangat membantu menenangkan saraf dan mengurangi stres. Khusus untuk manfaat ini, ada beberapa tanaman herbal yang aromanya bisa membuat pikiran jadi lebih rileks.

Tapi, selain aroma, kandungan-kandungan yang ada dalam bahan teh herbal juga ada yang bisa melancarkan aliran oksigen dan darah menuju otak. Sehingga saraf yang tadinya tegang bisa menjadi lebih tenang.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain dari mengkonsumsi teh herbal ialah membantu menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah bahan herbal seperti jahe, serai, jeruk nipis, lemon dan kayu manis mempunyai kandungan-kandungan yang mampu melakukan hal tersebut.

Selain bahan-bahan itu, teh putih, teh hijau dan teh hitam juga dikenal ampuh mengatasi kolesterol yang tinggi.

Berbagai manfaat minum teh herbal pagi hari di atas akan Anda dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Tetapi hindari penggunaan pemanis karena ini bisa mengurangi manfaat teh herbal tersebut.

Kalaupun mau menggunakan pemanis, tambahkan sedikit saja atau gunakan pemanis yang bebas kalori. Misalnya madu agar lebih aman dan kandungan baik di dalam bahan teh tetap terjaga bukannya rusak.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: