manfaat minum teh hitam sebelum tidur

Manfaat Minum Teh Hitam Sebelum Tidur, Apa Sajakah?

Setiap orang mempunyai ritual yang berbeda-beda menjelang waktu tidur, beberapa mencoba manfaat minum teh hitam sebelum tidur.

Kebiasaan lain yang umum dilakukan mulai dari membaca buku, berolahraga ringan, mengotak-atik ponsel, melanjutkan pekerjaan rumah atau kantor yang tertunda, atau bahkan mengudap.

Selain itu ada pula yang terbiasa mengkonsumsi teh sebelum tidur, baik itu teh hijau, teh oolong, ataupun teh hitam. Kebanyakan orang lebih suka minum teh hijau sebelum tidur dengan tujuan diet demi melancarkan metabolisme.

Beberapa lagi memilih mengkonsumsi teh hitam, meskipun di dalamnya terkandung kafein. Walaupun hal ini tak direkomendasikan terutama bagi mereka yang mempunyai masalah gangguan tidur, tapi faktanya memang ada manfaatnya mengkonsumsi minuman ini menjelang beristirahat di pagi hari.

Mengenal Manfaat Minum Teh Hitam Sebelum Tidur

Teh hitam seperti yang kita ketahui juga mempunyai kandungan kafein walaupun tidak sebanyak kopi, kafein ini didapatkan dari proses fermentasi. Artinya teh yang tidak mengalami fermentasi tidak mengandung kafein seperti teh hijau ataupun teh putih dan oolong.

Sehingga minum teh hitam sedikit banyak juga akan mempengaruhi otak menjadi lebih waspada, mudah memusatkan pikiran, serta membuat tubuh merasa segar dan siap untuk beraktivitas.

Bila kondisi tersebut terjadi pada malam hari tentu waktu istirahat Anda bisa terganggu karena tidur menjadi kurang nyenyak dan berkualitas.

Mengantisipasinya Anda bisa minum teh hitam 2 jam sebelum waktu tidur Anda. Minum teh hitam menjelang tidur malam bisa dijadikan pilihan, karena jika sudah terbiasa banyak manfaat bisa didapatkan. Berikut manfaatnya bagi tubuh:

Manfaat Minum Teh Hitam Sebelum Tidur untuk Relaksasi

Minum teh hitam sangat disarankan bagi mereka yang kerap dilanda depresi dan stress karena di dalam minuman tersebut terkandung L-tehanine serta asam amino.

Kedua jenis zat inilah yang memiliki efek relaksasi bagi otak. Akibatnya perasaan cemas pun akan berkurang demikian pula stress Anda.

Asalkan tidak diminum sesaat sebelum tidur melainkan dua jam sebelumnya. Maka akan memperbaiki kualitas tidur sekaligus membantu meredakan stress.

Melawan Kuman

Di dalam teh hitam terdapat senyawa katekin yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut juga dapat melawan bakteri serta kuman yang menjadi pemicu gangguan kesehatan.

Apabila rutin diminum maka akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, hasil lebih bai saat diminum sebelum istirahat. Sebab zat antiksidan ini akan terserap lebih sempurna.

Meningkatkan Metabolisme

Untuk mendapatkan waktu istirahat yang lebih berkualitas maka Anda harus memastikan proses metabolisme dalam tubuh berjalan lancar. Mengkonsumsi teh secara teratur setiap hari akan membantu Anda untuk mendapatkan kondisi tersebut.

Apalagi jika memilih teh hitam, karena mengandung antioksidan dan sedikit kafein yang merangsang perbaikan metabolisme.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Teh mempunyai kandungan polifenol yang mampu membentengi tubuh dari infeksi virus penyebab penyakit, serta mengurangi peluang terserang penyakit flu sampai dengan 75%.

Konsumsi teh hitam secara teratur tubuh juga akan lebih jarang mengalami peradangan karena adanya efek anti inflamasi.

Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Teh hitam berkhasiat untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus yang mampu menunjang kinerja pencernaan sekaligus membantu proses detoksifikasi.

Manfaat minum teh hitam sebelum tidur adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan dengan membantu menggelontorkan kotoran-kotoran dalam usus. Semakin rutin diminum semakin baik sebab bisa membersihkan pencernaan secara alami dan maksimal.

Mengurangi Peluang Terjadinya Kanker

Semua jenis teh, termasuk teh hitam mempunyai kandungan EGCG atau epigallocatechin -3-gallate yang efektif mengatasi penyakit kanker.

Selain dapat memusnahkan sel abnormal pemicu kanker, senyawa tersebut juga mampu mencegah angiogenesis atau menyebarnya sel-sel tumor.

Selain itu antioksidan yang terkandung pada teh dapat menurunkan resiko terserang penyakit kanker karena dapat memperbaiki kerusakan sel pada tubuh.

Mencegah Pikun

Mengkonsumsi teh hitam dua jam sebelum tidur faktanya mampu menurunkan resiko mengalami kepikunan di usia senja akibat penyakit Alzheimer dan Demensia.

Hal ini merupakan manfaat kesehatan dari senyawa L-Theanin yang terbukti mampu menurunkan resiko terjadinya kedua penyakit tersebut.

Manfaat Minum Teh Hitam Sebelum Tidur untuk Awet Muda

Bila ingin kulit mulus dan awet muda, konsumsilah teh hitam sebelum tidur karena dapat meningkatkan jumlah kolagen yang membuat kulit tetap segar.

Vitamin E yang terkandung dalam teh juga dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga proses penuaan berjalan lebih lambat.

Menjaga Kesehatan Mulut

Kandungan katekin ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab teh hitam memiliki kemampuan mengatasi peradangan serta memperkecil resiko terjadinya gangguan pada mulut.

Tentunya menjadi pilihan tepat untuk mencegah maupun mengatasi masalah kesehatan mulut serta radang gusi.

Melihat ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh teh hitam apabila diminum menjelang tidur di malam hari. Maka tidak ada salahnya mencoba menjalankan kegiatan ini setiap hari, cukup diseduh lalu diminum.

Hanya saja pastikan dijeda dua jam sebelum tidur, pastikan pula satu jam setelah makan supaya tidak memicu masalah kesehatan. Teh hitam diminum bersamaan saat makan malah mengikat nutrisi makanan tersebut, tentunya kurang baik bagi tubuh.

Jika diminum terlalu dekat jaraknya dengan jam tidur malah menyebabkan sulit tidur karena kafein di dalamnya.

Agar manfaatnya lebih terasa gunakan teh hitam berkualitas, misalnya yang disediakan oleh Daun Seduh. Sebab selalu fokus menyajikan produk teh grade I yang kandungan antioksidannya lebih tinggi dan cita rasanya pun lebih baik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: