manfaat minum teh hitam tanpa gula

Manfaat Minum Teh Hitam tanpa Gula Tiap Hari, Layak Diminum Rutin

Semua orang tentu kenal dengan teh hitam, sudahkah mencoba rutin meminumnya tanpa gula? Sebab ada banyak manfaat minum teh hitam tanpa gula bisa didapatkan.

Para penggemar teh pasti tahu bahwa teh hitam mempunyai manfaat bagi kesehatan sama dengan teh hijau. Walaupun popularitasnya masih kalah dibandingkan teh hijau atau kerap disebut matcha.

Padahal masyarakat Indonesia sendiri telah mengkonsumsi teh hitam sejak dulu bahkan sejak teh hijau belum dikenal.

Nah, untuk mendapatkan berbagai khasiat teh yang berguna bagi kesehatan ini, konsumsilah teh hitam dan teh hijau secara bergantian. Selain itu Anda juga perlu mengetahui cara minum teh hitam yang baik dan benar agar khasiatnya tidak hilang.

Cara Mendapatkan Manfaat Minum Teh Hitam Tanpa Gula

Kedua jenis teh tersebut sejatinya berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinesis, sejenis tanaman sesemakan, namun diolah dengan cara yang berbeda. Inilah sebabnya tampilan kedua varian teh ini tidak sama.

Sebelum proses pengolahan akhir, daun teh yang sudah layu karena proses pemanasan kemudian difermentasi sehingga menghasilkan teh hitam.

Saat diseduh daun teh hitam akan menghasilkan warna minuman teh yang lebih gelap dibandingkan teh hijau.

Mengkonsumsi teh sebaiknya tidak dilakukan saat perut kosong karena berpotensi membuat perut Anda tidak nyaman karena meningkatkan asam lambung.

Selain itu teh hitam idealnya dikonsumsi sekitar pukul 10 di pagi hari atau 2 jam setelah selesai sarapan untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Anda juga dianjurkan mengonsumsi teh maksimal 3 cangkir saja sehari untuk mengantisipasi efek negatifnya bagi kesehatan, seperti dehidrasi, kesulitan tidur, hingga gangguan fungsi hati.

Bagi mereka yang mempunyai masalah insomnia, teh hitam sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang tidur malam. Agar masalah kesulitan tidur tidak semakin parah.

Mengingat teh hitam mengandung sedikit kafein yang bisa membuat peminumnya terjaga lebih lama.

Manfaat Minum Teh Hitam Tanpa Gula Secara Rutin

Sebaiknya teh hitam juga dikonsumsi tanpa bahan tambahan apa pun seperti krim, susu, atau gula agar khasiatnya tidak berkurang. Inilah berbagai manfaat teh hitam bagi kesehatan Anda:

Kesehatan Mulut dan Gigi

Tea Trade Health Research Association pernah menggelar sebuah studi tentang teh hitam. Menemukan fakta bahwa konsumsi teh hitam tanpa gula dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan gigi akibat gigi berlubang.

Hal ini karena polifenol yang terkandung dalam teh hitam mampu meminimalkan perkembangan bakteri pemicu pembentukan plak. Jika rutin dilakukan maka bisa membantu menjaga kekuatan gigi dan menjaganya tetap sehat.

Manfaat Minum Teh Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan Jantung

Sebuah studi yang pernah dilakukan di tahun 2009 juga menemukan bahwa kandungan Arab L. et al dalam teh hitam dan teh hijau. Mampu mengurangi resiko terserang stroke hingga 21% dengan mengonsumsinya sekitar 3 cangkir per hari.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan maksimal jika murni menikmati seduhan teh hitam, tanpa harus menambahkan gula. Sehingga bisa menjadi solusi alami untuk mendapatkan jantung yang sehat. Kualitas hidup terjaga dan harapan hidup meningkat.

Teh dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Teh hitam mempunyai kandungan antioksidan yang disebut polifenol yang berkhasiat untuk melindungi sel dari kerusaka DNA. Kerusakan ini umumnya sebagai akibat radikal bebas yang dipicu oleh paparan bahan kimia berbahaya serta tembakau.

Antioksidan dalam teh ini juga mempunyai jenis yang berbeda dengan antioksidan yang terkandung dalam sayuran. Jadi masukkan teh hitam dalam diet Anda untuk mendapatkan manfaat sehatnya dan tak lupa diminum dengan benar.

Mencegah Kanker

Para wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hitam dengan teratur untuk menurunkan peluang terserang kanker pada ovarium dan saluran reproduksi lainnya.

Ini karena teh hitam mempunyai kandungan antioksidan yaitu senyawa polifenol dan katekin. Hingga saat ini para ilmuan masih terus melakukan riset untuk mendapatkan keyakinan bahwa teh memang berkontribusi besar untuk mencegah kanker.

Menyehatkan Tulang

Teh hitam memiliki kandungan senyawa phytochemical yang bermanfaat untuk meminimalkan resiko terserang radang sendi serta dapat memperkuat tulang.

Anda yang sempat khawatir mengalami osteoporosis maupun penyakit lain yang menyerang tulang. Bisa mulai membiasakan diri minum teh hitam, tak perlu menambahkan gula dan cukup 3 cangkir sehari.

Bahkan minum secangkir sehari pun bisa merasakan manfaatnya untuk tulang. Semakin dini kebiasaan ini dilakukan maka hasilnya lebih baik, karena bahan alami seperti teh akan memerlukan waktu lama dalam menjaga kesehatan tulang.

Teh hitam menjadi pilihan menarik untuk menggantikan teh jenis lain yang dirasa kurang familiar di lidah Anda. Jika diminum rutin sebenarnya teh hitam tidak kalah bagus untuk kesehatan seperti teh hijau maupun teh putih.

Berhubung teh hitam mengalami proses fermentasi maka hasil seduhan lebih gelap dan kental. Meski aman ditambahkan gula, namun jika menghindarinya malah memberikan manfata lebih kompleks. Mengapa tidak mencoba menyeduhnya tawar saja?

Dapatkan manfaat lebih maksimal dengan menyeduh teh hitam premium, Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: