manfaat rutin minum teh hitam

Manfaat Rutin Minum Teh Hitam yang Wajib Dirasakan Sendiri

Manfaat Rutin Minum Teh Hitam – Selain air putih, teh adalah minuman yang paling populer di dunia dan paling banyak dikonsumsi.

Berdasarkan cara pengolahannya, teh yang dibudidayakan pertama kali di kawasan Jepang dan Tiongkok. Teh terdiri dari beberapa varian, yaitu teh hijau, hitam, putih, dan merah.

Saat ini tanaman teh telah menyebar sampai ke seluruh dunia, terutama di kawasan subtropis dan tropis. Di Indonesia, jenis teh yang populer adalah teh hijau dan teh hitam.

Khusus untuk teh hijau dijamin semua orang sudah tahu kelebihan dan khasiatnya, lantas bagaimana dengan teh hitam?

Inilah Manfaat Rutin Minum Teh Hitam

Sebelum mengulas tentang khasiatnya sebaiknya Anda perlu tahu bagaimana pembuatan kedua jenis teh ini. Teh hijau didapatkan dengan cara mengukus daun teh atau bisa juga menggorengnya tanpa minyak di kuali alias disangrai.

Agar tidak sampai teroksidasi, teh harus segera diproses paling lama 2 hari setelah dipetik agar warna hijaunya saat diseduh tetap bertahan.

Proses fermentasi dapat dihindari karena proses pembuatannya dilakukan dengan penguapan suhu tinggi. Mengolah teh hitam, sebelum dikeringkan daun harus didiamkan dulu hingga teroksidasi.

Setelah itu daun teh dipanaskan dan disortir sesuai kualitasnya. Warna hitam yang didapatkan saat diseduh berasal dari oksidasi tersebut.

Bila sehari-hari Anda terbiasa mengkonsumsi kedua jenis teh ini, sekarang ketahuilah khasiat rutin meminumnya. Secara khusus teh hitam asalkan rutin diminum bisa memberikan manfaat berikut:

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Ini karena jenis teh hitam tersebut sama-sama mempunyai kandungan fluorida yang dapat mendukung kesehatan gigi dan tulang.

Fluorida akan membantu jaringan mineral yang disebut hidroksiapatit yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, sekaligus mengantisipasi terjadinya lubang pada gigi.

Teh hitam memiliki kandungan fluorida antara 0.2 hingga 0.5 miligram per cangkir, sementara teh hijau mengandung 0.3 hingga 0.4 miligram fluorida per cangkir.

Manfaat Rutin Minum Teh Hitam untuk Mencegah Kanker

Pada teh hijau atau pun teh hitam terdapat kandungan katekin pada flavonoid yang berjenis epigallocatechin atau EGCG. Senyawa ini mampu mengendalikan aktivitas gen pada sel kanker serta dapat menghambat pertumbuhannya.

Pada sebuah riset di tahun 2013 ditemukan bahwa bahan tersebut dapat membantu memusnahkan sel kanker kulit. Pada riset di tahun yang sama ditemukan fakta bahwa EGCG juga membantu mematikan sel kanker usus.

Hal ini dilakukan dengan menonaktifkan gen yang bertanggungjawab pada penyebaran kanker kolon.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minum teh hitam setiap hari adalah memberikan kontribusi positif untuk kesehatan jantung Anda. EGCG yang disebutkan di atas akan berinteraksi dengan sel-sel pelapis pembuluh darah dan dapat mencegah sel dari stress.

Aktivitas tersebut terjadi dalam suatu proses fisiologis yang rumit disebut autophagy.

Konsumsi teh hitam dan teh hijau juga akan membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah dengan cara mengurangi jumlah kolesterol jahat dan membawa kolestrol baik pada aliran darah.

Konsumsi teh hitam juga membantu Anda meningkatkan kinerja pembuluh darah serta memperbaiki sistemnya. Terutama bila Anda mempunyai masalah pada organ arteri koroner.

Alternatif Minuman Rendah Kafein

Untuk memulai hidup sehat, sebagai pengganti kopi mulailah mengkonsumsi teh yang juga mempunyai kandungan kafein.

Dengan demikian Anda tetap merasa segar dan berkonsentrasi dalam pekerjaan. Adanya efek tersebut, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya menjelang tidur malam untuk menghindari insomnia.

Porsi yang disarankan dalam sehari adalah tidak lebih dari 3 cangkir teh hijau ataupun teh hitam.

Rutin minum teh hitam menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga bisa dijadikan kebiasaan. Manfaat yang diberikan akan lebih maksimal manakala menyeduh teh hitam dengan kualitas yang bagus.

Mendapatkannya tidak lagi sulit karena Anda bisa memesannya secara online di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: