manfaat teh bagi kulit

Manfaat Teh Bagi Kulit, Cocok untuk Menunjang Penampilan

Ternyata terdapat sejumlah manfaat teh bagi kulit sehingga bagi siapa saja yang rutin meminumnya akan memiliki kulit yang sehat.

Inilah salah satu alasan mengapa para pecinta teh cenderung memiliki kulit yang lebih sehat dan tentunya lebih menarik.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan di dalam teh yang ketika diseduh dengan benar bisa memberikan banyak manfaat, termasuk pada kecantikan dan kesehatan kulit.

7 Manfaat yang Diberikan Teh untuk Kulit

Kandungan antioksidan maupun kafein di dalam teh menjadi rahasia dibalik manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Jika Anda menginginkan kulit lebih sehat, mari kenali manfaat mengkonsumsi teh untuk kulit berikut ini.

1. Mengatasi Bibir Pecah

Anda memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah? Maka minum teh secara teratur dapat menjadi solusinya. Melalui proses hidrasi menggunakan teh hijau maka dapat membuat bibir terasa lebih lembab.

Teh hijau merupakan bahan alami yang dapat dijadikan bahan penghidrasi dan aman untuk sel-sel kulit pada bibir.

Caranya cukup dengan satu sendok makan ampas teh hijau yang dibasahi dan aplikasikan pada bibir. Lalu diamkan teh hijau tersebut dalam 5 hingga 10 menit.

Jika dilakukan secara teratur dalam waktu 2 minggu Anda akan merasakan manfaatnya yakni membuat bibir lebih lembab.

2. Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak

Kandungan antioksidan pada teh dapat mencegah dan mengatasi jerawat pada kulit wajah. Disamping itu sangat baik dikonsumsi jika memiliki wajah berminyak.

Anda dapat meminum teh hijau atau mengaplikasikannya pada kulit wajah agar kulit tidak berjerawat dan mengurangi produksi minyak.

Cara mengaplikasikan teh pada kulit wajah adalah dengan dibekukan terlebih dahulu. Setelah itu baru diusapkan pada area yang berjerawat.

Apabila kulit wajah Anda berminyak maka oleskan secara merata dan dengan perlahan.

Diamkan dalam waktu 10 sampai 15 menit lalu basuh dengan air es atau air dingin suhu ruang. Pada jerawat yang parah dapat dikompreskan satu sendok makan ampas teh yang dicampur putih telur.

Agar hasilnya maksimal dan cepat terasa sangat dianjurkan untuk dilakukan teratur,  yakni seminggu sekali.

3. Membersihkan Kulit

Ternyata teh juga dapat dijadikan bahan untuk membersihkan kulit secara alami. Umumnya yang digunakan adalah teh putih karena sangat kaya antioksidan.

Disamping itu jenis teh ini sangat lembut sehingga dapat dibuat pasta dengan mudah.

Cara pengaplikasiannya dengan merendam daun teh putih yang telah ditumbuk selama sekitar satu jam.

Aduk merata sehingga menjad pasta. Selanjutnya oleskan dengan tipis hingga merata pada seluruh permukaan wajah dan diamkan kurang lebih 15 menit.

Setelah mengering bilas menggunakan air es atau air suhu ruang.

4. Facial Scrub

Setelah kulit terkena sengatan sinar matahari maka perlu peremajaan. Guna melembutkan dan meremajakan kulit Anda dapat memanfaatkan teh hijau.

Caranya dapat dengan meminum teh hijau secara rutin atau mencampurkan serbuk teh hijau dengan minyak zaitun.

selanjutnya bisa diaplikasikan ke kulit wajah dan digosok perlahan. Nantinya akan membantu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.

Sehingga kulit wajah terasa lebih segar dan terlihat lebih bersih atau cerah.

5. Mengeksfoliasi Kulit

Teh sangat efisien untuk membuat kulit tampak berkilau alami sebab kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Daun teh dapat digunakan sebagai scrub dan mampu mengangkat sel kulit yang telah mati. Kulit akan terasa lebih sehat dan bercahaya secara alami.

6. Menghilangkan Kantung Mata

Memiliki mata panda memang kurang menyenangkan dan butuh modal ke salon untuk menghilangkannya.

Akan tetapi solusi lain untuk menghilangkan mata panda adalah dengan teh hijau. Manfaat teh untuk kulit yang satu ini sangat dipuja oleh kaum remaja hingga orang dewasa.

Caranya dengan mencelupkan sepotong kapas dalam air seduhan teh hijau. Kemudian dinginkan sejenak dan tempelkan di kedua kelopak mata.

Diamkan hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Jika rutin dilakukan maka lingkaran hitam di bawah mata perlahan akan memudar.

7. Meratakan Warna Kulit

Kandungan astrigen merupakan kandungan alamiah yang dimiliki daun teh. Kegunaannya dapat meratakan warna kulit yang terkena sengatan matahari agar lebih halus dan bening.

Dalam hal ini daun teh bekerja seperti toner alamiah dan hasilnya lebih cepat dirasakan. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menyeduh daun teh dan oleskan secara merata pada kulit wajah.

Setelah menyimak ulasan di atas tentu memiliki gambaran betapa teh sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Selain itu dapat mempercantik kulit secara alami tanpa memerlukan modal yang besar.

Meluangkan waktu sejenak melakukan perawatan kulit memakai teh seperti ulasan di atas tentu sangat layak untuk dilakukan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: