manfaat teh basi

Manfaat Teh Basi yang Ternyata Cukup Beragam dan Menguntungkan

Jika suka minum teh usahakan tidak langsung membuang sisanya, sebab ada beragam manfaat teh basi yang cukup menarik untuk diketahui. Teh merupakan minuman paling enak dan mengandung berbagai khasiat bagi tubuh, bahkan teh basi sekalipun memiliki manfaat lebih.

Jadi ketika memiliki sisa seduhan teh, entah teh hijau maupun teh jenis lainnya. Disimpan dulu selama sehari atau dua hari untuk dimanfaatkan kembali.

Tanaman teh dan hasil seduhannya sudah dikenal oleh dunia, hanya saja manfaat teh basi masih belum banyak yang mengetahuinya.

Baru beberapa tahun belakangan ini penggunaan teh basi mulai dilakukan dan diawali dari dunia kecantikan. Sebab kandungan antioksidan tetap tinggi sekalipun di dalam teh yang sudah basi atau bekas.

Maka dipergunakan sebagai toner atau masker di beberapa salon kecantikan yang fokus utamanya memanfaatkan bahan alami ataupun limbah yang bermanfaat.

Manfaat Teh Basi Bagi Kehidupan

Meski aroma teh yang sudah basi akan lebih tajam, terutama jika seduhannya cukup kental. Namun manfaat yang diberikan cukup menggoda terutama bagi pemerhati penampilan.

Sebab punya efek bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Umumnya pemanfaatan teh basi pun untuk perawatan luar, jadi bukannya diminum atau diolah lagi untuk dikonsumsi. Supaya lebih mudah memanfaatkan teh yang sudah basi ini, maka simak penjelasan berikut:

Manfaat Teh Basi untuk Menghilangkan Jerawat

Bagi pemilik kulit berminyak biasanya akan dibuat jengkel dengan munculnya jerawat yang tidak berkesudahan. Produksi minyak yang berlebih membuat pori-pori tersumbat oleh sisa minyak dan kotoran yang menempel karena kulit terlalu lembab.

Masalah jerawat pun seolah menjadi teman dalam keseharian, maka perlu melakukan perawatan lebih. Silahkan mempertimbangkan masker dengan teh basi yang mengandung antioksidan dan antibakter.

Pengaplikasian teh basi ini cukup mudah dan efektif menghilangkan jerawat. Caranya cukup menempelkan sisa dari ampas teh lalu dibungkus kain bersih.

Diamkan pada jerawat selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan rutin setidaknya satu minggu sekali untuk meringankan bengkak akibat jerawat dan mencegah kemunculannya kembali.

Mengatasi Jamur Kuku

Jamur kuku bukan hal sepele jika didiamkan berlama-lama. Penyebab utamanya karena terjadi infeksi jamur pada daerah sekitar kuku. Masalah ini dapat dialami siapa saja baik di kuku kaki dan kuku tangan.

Kuku yang berjamur ini sangat mengganggu penglihatan dan aktifitas, untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan teh basi.

Teh basi ini bermanfaat membunuh jamur pada kuku, caranya ambil ampas teh yangs udah diseduh dan dibungkus kain bersih. Tempelkan pada kuku berjamur dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Supaya hasil perawatan ini maksimal bisa diaplikasikan sehari dua kali, yakni pada pagi dan malam sebelum tidur.

Manfaat Teh Basi untuk Atasi Kantung Mata

Kantung mata menghitam merupakan masalah menjengkelkan yang sering dialami oleh kaum hawa. Biasanya disebabkan karena kurang tidur, kelelahan, faktor keturunan, maupun adanya masalah hormonal.

Adanya kantung mata membuat wajah terlihat lebih tua dan nampak kelelahan sehingga wajah kurang segar. Agar kantung mata yang hitam ini bisa hilang Anda dapat menggunakan teh basi.

Caranya dengan mendiamkan seduhan teh selama semalaman, lalu ambil air seduhan tersebut dan tuang ke mangkok khusus. Aplikasikan ke seluruh permukaan wajah dengan merata, terutama di area bawah mata yang menghitam.

Diamkan selama 15 atau 20 menit, lalu cuci muka memakai air bersih dan sabun khusus muka. Lakukan rutin setiap pagi setelah bangun tidur supaya lingkaran hitam di bawah mata segera memudar.

Mengencangkan Kulit Wajah

Menjadi tua adalah hukum pasti, hanya saja bagi seseorang yang butuh penampilan prima karena tuntutan profesi atau alasan lain. Dijamin dibuat takut oleh proses penuaan tersebut, dan kabar baiknya umur boleh bertambah namun tetap bisa menunda tanda penuaan.

Sehingga memiliki wajah yang nampak awet muda dan biasanya orang memilih perawatan mahal di klinik kecantikan.

Padahal Anda dan siapa saja bisa mencoba perawatan alami di rumah, salah satunya menggunakan teh basi. Sebab teh basi sendiri ternyata memiliki kemampuan baik dalam mengencangkan kulit, keriput yang bermunculan pun bisa tersamarkan secara aman dan alami.

Caranya cukup mudah, yakni menggunakan air seduhan teh yang sudah didiamkan semalaman untuk mencuci muka. Lakukan setiap pagi, supaya proses penuaan bisa diperlambat.

Mencerahkan Kulit Wajah

Bubuk teh bekas seperti matcha pure dan matcha latte, dapat menjadi bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Kaya akan kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menghilangkan flek hitam.

Vitamin E dalam teh tidak akan hilang meskipun teh tersebut telah digunakan, sehingga teh basi bisa digunakan sebagai pencerah wajah alami.
Mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan mengambil sisa seduhan matcha pure, tentunya berbentuk bubuk dan kental mirip pasta.

Oleskan secara merata ke kulit wajah dan diamkan selama 15 menit baru dibilas dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, setidaknya seminggu sekali maka kulit akan mengalami perubahan menjadi lebih cerah.

Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah

Teh basi juga bermanfaat untuk melembutkan dan melembabkan kulit wajah Anda. Cucilah muka dengan teh basi yang telah didiamkan selama 12 jam.

Kulit wajah akan terasa lebih lembab dan lembut. Lakukan pencucian muka dengan teh basi satu hari dua kali untuk hasil maksimal, jika tidak tahan dengan baunya. Bisa sekali sehari saja namun usahakan rutin dilakukan.

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Uban menjadi masalah umum bagi orang yang telah memasuki usia lanjut. Akan tetapi uban dapat dialami siapa saja, bisa karena salah menggunakan shampo atau kulit kepala yang kurang sehat.

Banyak orang memilih pergi ke salon untuk menghitamkan rambut, yakni dengan mengaplikasikan pewarna atau melakukan perawatan lainnya.

Padahal teh basi bisa menjadi solusi mengembalikan warna hitam rambut secara alami dan tentunya layak untuk dicoba. Caranya dengan mengendapkan serbuk teh bekas selama semalaman.

Lalu sebelum keramas ratakan serbuk teh tersebut secara merata di kulit kepala. Diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Membaca ulasan di atas tentu dapat disimpulkan bahwa teh basi bisa dimanfaatkan kembali, dan tidak harus segera dibuang. Meski aromanya lebih tajam dan kurang sedap namun kandungan bahan alaminya membantu memberikan banyak manfaat.

Silahkan mencoba beberapa pemanfaatan teh basi yang disampaikan di atas, supaya bisa mengatasi masalah yang tengah dihadapi. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: