manfaat teh genmaicha

Manfaat Teh Genmaicha yang Membuatnya Layak Diminum Rutin

Pernahkah mendengar nama teh genmaicha? Bagi masyarakat Indonesia baik nama maupun manfaat teh genmaicha ini masih terbilang asing.

Lain halnya dengan masyarakat di Jepang yang sudah mengenal jenis teh ini sejak lama dan menjadi salah satu teh favorit setelah teh hijau.

Anda yang bosan dengan sensas seduhan teh hijau maupun teh hitam, bisa beralih ke jenis teh ini.

Genmaicha memang berasal dari Jepang dan memang terbuat dari daun teh hijau yang sudah dikeringkan. Keunikan terletak dari penambahan beras merah yang disangrai yang tentunya tidak akan dijumpai di jenis teh lainnya.

Asal-Usul Teh Genmaicha

Genmaicha bukanlah teh untuk orang-orang berada, kabarnya teh ini lebih familiar dinikmati masyarakat Jepang dengan perekonomian yang terbilang kurang.

Penambahan beras merah yang dibakar atau disangrai bertujuan untuk mengurangi penggunaan daun teh hijau.

Pada zaman dulu, harga teh hijau di Jepang masih terbilang mahal dan baru bisa dinikmati kalangan terbatas.

Tidka mengherankan jika teh ini kemudian dikenal pula sebagai “teh rakyat”, saat ini banyak pula yang mengenalnya sebagai “teh popcorn”.

Istilah popcorn digunakan untuk mempresentasikan rasanya yang memang memiliki cita rasa popcorn yang tipis.

Selain itu ketika beras merah disangrai maka akan mekar dan menimbulkan bunyi berisik di penggorengan, sama persis ketika membuat popcorn.

Seiring berjalannya waktu genmaicha tak hanya disukai oleh masyarakat ekonomis terbatas, namun juga mulai dilirik semua kalangan.

Penggunaan teh hijau berkualitas dan beras merah pilihan mampu memberikan kualitas rasa terbaik sekaligus tinggi manfaat.

Diketahui jika teh dengan beras merah sangrai ini juga punya sejuta manfaat bagi kesehatan, tidak kalah bagus dengan teh hijau maupun teh putih.

Apa Saja Manfaat Teh Genmaicha Ini?

Genmaicha merupakan kombinasi teh hijau dengan beras merah, di Jepang ada pula yang menambahkan matcha atau teh hijau bubuk.

Dikenal dengan nama matcha-iri genmaicha yang ketika diseduh menghasilkan warna hijau yang pekat. Sementara genmaicha biasa umumnya berwarna kekuningan cerah ketika diseduh.

Rutin meminum genmaicha ini secara teratur, antara satu cangkir sampai empat cangkir sehari memberikan banyak manfaat. Seperti:

Manfaat Teh Genmaicha untuk Kolesterol

Rutin meminum seduhan genmaicha bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah kolesterol yang sering meroket.

Sebab teh jenis ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik yakni HDL.

Kadar kolesterol yang seimbang juga membantu melancarkan peredaran darah karena dapat mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Sumber Antioksidan Alami

Teh genmaicha juga bisa menjadi sumber antioksidan alami berkat kandungan teh hijau dna beras merah di dalamnya. Antioksidan ini bisa membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

Radikal bebas diketahui bisa memicu masalah kesehatan kronis, dimulai dari gangguan kulit yang berasal dari sinar ultraviolet dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Radikal bebas juga seringkali merusak organ vital di dalam tubuh, seperti paru-paru, ginjal, dan juga jantung. Menurut berbagai penelitian, serangan radikal bebas juga menjadi salah satu penyebab terjadinya proses penuaan dini.

Asupan antioksidan yang cukup bisa meredam berbagai efek merugikan tersebut.

Membantu Mengurangi Tumpukan Lemak

Genmaicha juga mengandung katekin yang cukup lumayan dan bisa membantu mengurangi tumpukan lemak di dalam tubuh.

Katekin diketahui mampu masuk ke aliran darah dan nantinya bisa masuk ke organ hati.

Katekin selanjutnya bisa membantu meningkatkan metabolisme lemak sehingga bisa mengurangi kadarnya di dalam tubuh, baik yang menumpuk di sistem pencernaan maupun sistem tubuh.

Bersifat Anti Bakteri

Genmaicha juga bisa berfungsi sebagai antibakteri, sehingga bisa rutin diminum untuk Anda yang diketahui sakit akibat serangan bakteri. Misalnya saja menderita sakit yang disebabkan oleh bakteri TBC.

Namun perlu diketahui bahwa genmaicha bukanlah obat, sehingga kurang bijak jika hanya mengandalkannya untuk mengobati penyakit yang diderita.

Idealnya adalah untuk mendampingi pengobatan medis yang Anda lakukan, kecuali sebagai pencegahan.

Baik pula diminum rutin pasca sembuh dari penyakit akibat serangan bakteri tersebut agar tidak kembali sakit.

Bisa Berperan Sebagai Antivirus

Tak hanya bersifat anti bakteri, teh genmaicha juga bersifat antivirus sehingga bisa digunakan untuk meredakan serangan virus.

Diketahui bahwa berkumur dengan seduhan genmaicha pada saat pilek atau terkena flu dan bahkan sakit tenggorokan. Bisa mengurangi rasa tidak nyaman dari serangan penyakit akibat virus tersebut.

Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi

Anda yang sangat memperhatikan kesehatan mulut dan gigi bisa mencoba rutin minum teh genmaicha 30 menit setelah makan.

Sebab kandungan katekin di dalamnya bisa membantu mensterilkan mulut dari sisa makanan supaya tidak menyebabkan bau mulut maupun karang gigi.

Konsumsi rutin genmaicha juga bagus untuk menjaga gigi tetap aman dari karang gigi, sehingga tidak perlu keluar biaya mahal untuk mengangkat karang gigi ke dokter.

Namun usahakan tetap rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi per enam bulan sekali.

Manfaat Teh Genmaicha untuk Mengurangi Efek Alergi

Punya alergi? Baik terhadap makanan, cuaca dingin, debu, dan lain sebagainya maka bisa mencoba rutin minum seduhan genmaicha.

Sebab katekin yang terkandung di dalam teh genmaicha ini efektif mengurangi gejala alergi.

Sehingga bisa membantu mengurangi rasa gatal maupun bersin-bersin ketika melakukan kontak dengan alergen.

Genmaicha bisa menjadi pilihan untuk menemani rutinitas, berkat manfaat beragam yang dimilikinya. Pastikan untuk menyeduhnya dengan benar, karena genmaicha lebih ideal diseduh dengan air hangat.

Supaya kandungan antioksidannya tidak rusak seperti ketika diseduh dengan air mendidih sekaligus mencegah hasil seduhannya lebih pahit.

Membantu menikmati genmaicha dengan rasa terbaik, maka Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh yang senantiasa menyediakan teh premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: