manfaat teh hangat

Manfaat Teh Hangat Bagi Tubuh yang Ternyata Beragam

Minuman teh yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia ternyata punya manfaat, sebab manfaat teh hangat ternyata beragam.

Jika diperhatikan minum teh telah menjadi kebiasaan masyarakat yang dilakukan di pagi hari dan sore hari.

Banyak pula  kegiatan seperti acara formal dan non formal yang menyajikan teh sebagai minuman di tengah acara tersebut. Terutama teh hangat yang cocok diminum ketika cuaca dingin.

Manfaat teh hangat ternyata tidak sedikit sehingga meminumnya secara rutin memberikan keuntungan tersendiri selain kenikmatan rasa sepat dan aroma harumnya.

Rempah daun satu ini sangat cocok dikonsumsi dengan campuran lemon, bunga melati, dan buah ceri. Secangkir teh hangat juga dapat dicampur dengan susu dan madu sehingga rasanya semakin memanjakan lidah.

Agar memperoleh manfaat kesehatan secara optimal Anda dapat mengkonsumsi teh hangat  secara teratur.

Detail Manfaat yang Diberikan

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Teh sangat ampuh untuk memberikan perlindungan pada imunitas tubuh. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin E dalam teh hangat berfungsi meningkatkan sistem imun.

Sehingga kekebalan tubuh Anda lebih terjaga dari berbagai penyakit dan serangan radikal bebas. Ditunjang oleh daya tahan tubuh yang baik maka dipastikan akan lebih leluasa dalam menjalani aktifitas.

Tidak ada salahnya dari sekarang mulai membiasakan diri minum teh hangat sebelum beraktifitas untuk memperoleh manfaat tersebut.

2. Membantu Membuang Racun Tubuh

Tubuh manusia sangat rentan terkena racun karena bakteri dan virus yang berasal dari berbagai sumber, seperti makanan maupun udara sekitar yang telah tercemar.

Hanya saja serangan virus dan bakteri ini bisa diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup sehat. Menariknya lagi ada salah satu manfaat minum teh hangat, yakni baik untuk menangkis serangan kedua penyebab penyakit tersebut.

Sebab terdapat zat unik yang terkandung dalam minuman teh yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga serangan virus dan bakteri tak perlu dicemaskan lagi.

Agar memperoleh hasil lebih optimal sebaiknya konsumsi teh hangat  tanpa gula agar kandungan zat baik di dalamnya tidak rusak.

Namun jika terasa terlalu pahit karena belum familiar dengan cita rasa teh yang sepat, seperti pada teh hijau ataupun jenis teh lainnya. Bisa menambahkan pemanis dari madu yang lebih alami atau dengan gula batu, pastikan rasa manisnya pas agar sesuai selera.

3. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi pada siapa saja, penyakit yang dianggap ringan ini tidak mengenal usia. Banyak orang yang minum obat generik maupun jamu untuk menghilangkan masalah kesehatan yang dialami sejuta umat tersebut.

Jika Anda ingin mengobatinya secara alami cukup dengan meminum teh hangat. Sebab dalam secangkir teh hangat terkandung zat alami yang memberi efek relaksasi pada otak, sehingga bisa meredakan rasa sakit di kepala.

Inilah alasan ada banyak orang yang minum teh hangat ketika merasakan pusing atau sakit kepala. Anda yang tidak ingin terlalu sering minum obat atas serangan sakit kepala yang sering menerpa bisa mempertimbangkan alternatif ini.

4. Menyehatkan Jantung

Jantung yang sehat didapatkan dari aktifitas olahraga yang teratur, makanan yang terjaga, dan kadar kolesterol yang seimbang.

Rupanya kesehatan jantung juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi teh hangat secara teratur.

Hal ini didapatkan dari kandungan Vitamin E dalam seduhan daun teh, vitamin ini akan bekerja menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan kadar kolesterol.

Memiliki jantung yang sehat dan tidak lagi was-was mengenai lonjakan kolesterol ternyata sangat simpel, yakni dengan secangkir teh hangat setiap hari.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Ternyata secangkir teh hangat kaya akan kandungan vitamin B kompleks. Kandungan ini membantu meningkatkan dan menjaga metabolisme di dalam tubuh.

Kinerja ini akan memaksimalkan proses pembakaran energi sehingga tubuh lebih bertenaga. Sangat direkomendasikan untuk meminum teh setiap hari sebelum jam 6 pagi atau sebelum beraktifitas.

Supaya bisa menikmati rutinitas tanpa merasa tubuh lemas atau terserang kantuk yang menyiksa.

6. Memperkuat dan Menutrisi Tulang

Teh hangat juga kaya akan kandungan vitamin D. Kandungan ini memberi nutrisi maksimal pada tulang agar kepadatan dan kekuatannya lebih terjaga.

Sangat baik untuk diminum rutin, terutama bagi kalangan remaja yang masih dalam masa perkembangan dan pertumbuhan.

Sehingga bisa meningkatkan kemungkinan tumbuh lebih tinggi dan meminimalkan resiko osteoporosis ketika sudah dewasa.

Teh juga mengandung protein yang membantu mempercepat proses pembentukan tulang manusia, sehingga ketika mengalami cedera pada tulang misalnya patah tulang.

Asalkan rutin minum teh hangat maka proses pemulihan tulang tersebut menjadi lebih cepat.

7. Memperbaiki Sel yang Rusak

Tubuh manusia memiliki jutaan sel yang sangat rentan rusak karena serangan radikal bebas, bakteri, virus, dan aktifitas berat yang berlebihan.

Jika salah satu sel tersebut rusak sekali saja maka akan sangat sulit untuk memperbaikinya. Anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan protein.

Salah satu minuman yang kaya akan protein dan menjadi favorit banyak orang adalah teh. Terutama teh yang diminum dalam keadaan hangat.

Teh hangat tersebut sangat ampuh membantu regenerasi sel kulit, tulang, otot, dan otak yang rusak. Sehingga proses perbaikan sel rusak menjadi lebih cepat untuk menunjang aktifitas dengan lebih baik.

Teh yang selama ini sekedar dikenal sebagai teman untuk menikmati kue kering atau makanan berat di jam-jam makan.

Ternyata ketika disajikan hangat dan tanpa menambahkan gula menawarkan manfaat bagi kesehatan. Sebab daun teh sendiri kaya akan beragam zat yang baik dan diperlukan oleh tubuh.

Informasinya seperti yang disampaikan di atas, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak minum teh hangat secara rutin. Pastikan pula meminum teh terbaik, entah itu teh hijau, teh hitam, ataupun jenis teh lainnya.

Kenali tempat penjual teh mana saja yang memang diketahui menyediakan teh berkualitas agar tidak salah pilih.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: