manfaat teh hijau matcha

Manfaat Teh Hijau Matcha yang Beragam dan Perlu Diketahui

Semua orang dijamin kenal dengan matcha namun sudahkah mengetahui manfaat teh hijau matcha ini? Matcha sangat populer terutama di kalangan anak muda di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Teh jenis ini merupakan turunan dari teh hijau atau green tea namun dijadikan bubuk. Biasanya digunakan untuk membuat minuman kekinian maupun makanan manis sebagai perasa sekaligus pewarna.

Matcha ini termasuk minuman klasik, karena pertama kali dibuat pada zaman Dinasti Song di Tiongkok. Adapun di Jepang, hanya saat upacara minum teh dengan nuansa spiritual saja matcha akan disuguhkan.

Sejak dulu matcha digunakan sebagai campuran makanan dan minuman di Jepang. Perlahan mulai dikenal pula di berbagai negara, di Indonesia pun mulai menjamur olahan dari matcha ini.

Manfaat Teh Hijau Matcha Secara Umum Bagi Tubuh

Supaya mendapatkan manfaat teh hijau matcha, ada proses khusus yang harus diikuti. Pertama yaitu menanam tanaman teh matcha selama 30 hari tanpa sinar matahari langsung.

Hal ini dimaksudkan supaya asam amino, klorofil, dan warna hijau yang dihasilkannya bisa lebih gelap. Kemudian saat tiba panen daun tehnya, batang tanaman akan dibuang sementara daunnya digiling sampai menjadi bubuk.

Namun Anda yang ingin mendapatkan manfaatnya atau merasakan kenikmatan seduhan matcha. Tak harus menanam tanaman teh sendiri dengan proses yang unik dan ribet di atas.

Anda bisa membeli matcha dalam kemasan yang bisa langsung diseduh dan dinikmati sesaat kemudian.

Tak hanya enak, seduhan matcha juga memberikan beragam manfaat bagi tubuh karena kandungan alaminya. Berikut adalah beberapa manfaat teh hijau matcha yang bisa didapatkan, dengan konsumsi rutin:

Miliki Kadar Antioksidan Yang Tinggi

Teh hijau matcha diketahui miliki katekin yang juga merupakan antioksidan kuat alami dalam teh. Seperti yang diketahui bersama jika antioksidan mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan banyak hal.

Yakni dari paparan radikal bebas seperti polusi, asap kendaraan, dan asap rokok. Dalam bubuk matcha terkandung 137 kali lebih banyak katekin dibandingkan teh hijau yang lainnya. Sehingga kemampuannya untuk menangkal radikal bebas semakin baik.

Manfaat Teh Hijau Matcha Mampu Jaga Organ Hati Tetap Sehat

Supaya tubuh bisa mengeluarkan racun secara alami maka harus menjaga kesehatan organ hati atau liver dengan baik. Salah satunya dengan mengkonsumsi matcha secara rutin, karena matcha mampu menjaga kondisi hati supaya lebih sehat.

Hati akan lebih sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik. Tak boleh ketinggalan juga adalah menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Meningkatkan Fungsi Otak

Sebanyak 23 partisipan mengkonsumsi matcha sebanyak 4 gram per hari terlihat memiliki fungsi otak yang meningkat. Contohnya seperti memori yang lebih tajam jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi teh biasa.

Kepekatan kafein dalam matcha sampai 35 ml per setengah sendok teh. Terkandung pula asam amino L-theanine yang bisa mengurangi stres, menguatkan daya ingat, dan meningkatkan energi.

Mampu Mencegah Kanker

Adanya senyawa epigallocateching 3 gallate (ECGC) dalam matcha bisa membunuh sel kanker. Juga menghambat pertumbuhannya, sekaligus mampu mencegah terjadinya supply darah baru ke tumor agar pertumbuhan tumor terhenti.

Mengingat bubuk matcha mengandung ECGC tiga kali lebih banyak, maka lebih disarankan untuk maka dianjurkan minum rutin. Minimal satu cangkir sehari agar bisa menurunkan resiko kanker dan tumor, sekaligus membantu proses pemulihan terapi medis.

Melindungi Kesehatan Jantung

Kesamaan manfaat teh hijau matcha dan teh hijau seduh biasa adalah sama-sama turunkan kolesterol jahat. Sehingga otomatis menurunkan risiko sakit jantung.

Konsumsi matcha secara teratur bisa menurunkan level trigliserida dan menurunkan risiko terjadi stroke. Memaksimalkannya, perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti seafood.

Hindari jajanan berminyak dan ganti dengan makanan sehat dan rutin minum seduhan matcha.

Matcha merupakan teh hijau yang dijadikan bubuk, sehingga proses pengolahannya sedikit lebih panjang dibanding teh hijau biasa. Meski begitu selama pengolahannya memakai standart tinggi dan cenderung manual.

Maka kandungan baik di dalam tanaman teh akan tetap terjaga.

Bahkan jika mengkonsumsi matcha dengan kualitas baik maka bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti uraian di atas.

Silahkan memilih matcha dengan kualitas bagus agar tak hanya enak di lidah namun juga bagus bagi tubuh.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Daun Seduh karena selalu menyajikan teh premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: