manfaat teh hijau sebelum tidur

Manfaat Teh Hijau Sebelum Tidur yang Penting untuk Diketahui

Jika selama ini mengalami masalah sulit tidur alias insomnia maka bisa mencoba manfaat teh hijau sebelum tidur. Sehingga ketika diminum menjelang tidur nantinya bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, insomnia merupakan penyakit yang akan membuat seseorang susah tidur dan mengantuk saat siang tiba.

Adapun penyebabnya beragam, beberapa di antaranya adalah masalah gastrointestinal, asma, masalah endokrin, alergi sinus, nyeri kronis atau mungkin juga karena nyeri di punggung bagian bawah.

Walau begitu, yang jadi penyebab utama terjadinya insomnia adalah stres dan depresi, kecemasan dan stres juga bisa membuat insomnia makin parah.

Jika sedang berada dalam kondisi marah, khawatir, trauma atau bipolar maka bisa mengalami insomnia. Tak perlu khawatir, ada teh hijau yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Resep Teh Hijau untuk Atasi Insomnia

Manfaat teh hijau sebelum tidur adalah untuk menenangkan sistem saraf, sehingga meringankan tekanan yang membuat Anda sulit tidur. Berikut ini adalah beberapa inspirasi racikan teh hijau untuk atasi insomnia, silahkan disimak.

1. Teh Hijau dengan Lavender

Aroma lavender yang khas dan menyejukkan, ternyata juga memiliki sifat obat yang bisa menyembuhkan insomnia. Secangkir teh lavender tak hanya bisa membuat pikiran Anda jadi lebih tenang, namun juga bisa merangsang keinginan untuk tidur sekaligus membuat tidur lebih lelap.

Jika memiliki asma, bisa diatasi menggunakan teh hijau campur lavender yang dipakai mengompres dada. Pilek membandel dan bronkhitis pun bisa diatasi dengan cara ini.

2. Teh Hijau dengan Kayu Manis

Supaya bisa mengatasi insomnia dengan cepat, mencampur teh hijau dengan kayu manis yang diseduh bersamaan bisa membantu. Minum kombinasi keduanya menjelang pergi tidur, jika rutin dilakukan maka insomnia akan kabur begitu saja.

Selain itu juga bisa mengatasi gula darah tinggi, sebab memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Juga mempercepat penurunan berat badan bagi yang sedang melakukan diet.

Menariknya kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol jahat, memperkuat sistem imun tubuh, serta mengurangi peradangan. Konsumsi teh hijau dengan kayu manis bagus untuk Anda memiliki masalah pencernaan.

3. Teh Hijau dengan Kunyit

Mungkin terdengar agak asing, tetapi jika melihat khasiat yang akan didapatkan tentu Anda tidak ragu mencoba kombinasi ini. Kunyit memiliki kemampuan untuk mengatasi insomnia, jadi sebelum tidur mengkonsumsi rimpang ini bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Selain itu akan mendapatkan manfaat lain seperti mengatasi masalah peradangan dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Bahkan mampu membantu detoksifikasi hati sekaligus meningkatkan daya tahan atau imun tubuh.

Campuran antara seduhan teh hijau dengan kunyit juga efektif memperbaiki sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kunyit yang digunakan untuk membuat resep ini bisa memakai kunyit segar yang kemudian digeprek. Apabila kesulitan mendapat kunyit segar karena musim kemarau sehingga persediannya di pasaran terbatas atau karena alasan lain.

Maka penggunaan kunyit bubuk bisa dijadikan alternatif, meskipun hasilnya akan lebih optimal memakai kunyit segar. Apalagi jika baru dipanen, misalnya saja panen di kebun rumah sendiri karena sengaja menanam rimpang berwarna kuning ini.

4. Teh Hijau dengan Jeruk Nipis

Manfaat teh hijau sebelum tidur adalah meredakan ketegangan arteri, juga bisa mengobati insomnia, dan kecemasan berlebih.

Apabila mengalami kelelahan kronis baiknya meminum teh hijau dengan jeruk nipis sebelum tidur, untuk menghindarkan terjadinya kejang dan stres.

Jika menginginkan tidur yang lebih nyenyak, serta tak ada efek samping yang buruk untuk sistem saraf maka biasakan meminum seduhan teh hijau dicampur jeruk nipis.

Beberapa resep atau racikan terkait teh hijau dengan kombinasi bahan alami lain di atas bisa dicoba. Dijamin aman karena murni terbuat dari bahan alami dan mudah untuk dibuat sendiri sehingga lebih sehat dan bersih.

Campuran dua bahan antara teh hijau dengan beberapa bahan yang sudah disebutkan bahkan tak hanya baik untuk mengatasi masalah sulit tidur.

Beberapa bahkan efektif membantu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh, sehingga hanya minum satu resep. Anda sudah bisa menikmati manfaat yang beragam supaya kualitas hidup meningkat.

Menariknya lagi, ketika masalah tidur sudah tidak dihadapi otomatis bisa menikmati tidur berkualitas. Efeknya tentu membantu memperbaiki kesehatan sehingga meminimalkan resiko menderita penyakit mematikan.

Berhubung seduhan teh hijau ini dikombinasikan dengan bahan lain, otomatis cita rasanya akan mengalami perubahan. Sekian resep yang disampaikan di atas bisa dipilih mana yang rasanya lebih cocok dengan lidah.

Bisa pula dipilih dengan cara disesuaikan kebutuhan, yakni melihat keluhan yang selama ini dialami. Misalnya saja jika terganggu insomnia dan masalah pencernaan, maka rutin minum seduhan teh hijau dicampur kunyit adalah pilihan terbaik.

Demikian adalah beberapa variasi teh hijau yang bisa dikonsumsi sebelum tidur, khasiatnya luar biasa untuk insomnia. Bahkan bukan hanya untuk atasi insomnia, namun untuk berbagai penyakit anda.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: