manfaat teh hijau untuk bau mulut

Manfaat Teh Hijau untuk Bau Mulut, Berikut Detail Informasinya

Teh hijau oleh masyarakat luas dikenal bagus untuk menurunkan berat badan, namun tahukah Anda mengenai manfaat teh hijau untuk bau mulut?

Teh hijau yang juga akrab disapa greentea merupakan minuman tradisional yang berasal dari daun tanaman teh yang dikeringkan. Berbeda dengan teh hitam, teh hijau tidak mengalami fermentasi.

Selain proses pengolahan yang lebih pendek, juga menjadikan warna daun keringnya tetap hijau sekaligus tinggi antioksidan alami.

Antioksidan di dalam teh hijau ini sangat beragam jenisnya dan inilah salah satu alasan yang membuat teh ini kaya manfaat.

Antioksidan pula yang berperan dalam mencegah proses pembentukan lemak baru dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak heran jika sering direkomendasikan untuk menemani program diet alami.

Berkenalan dengan Manfaat Teh Hijau untuk Bau Mulut

Banyaknya kandungan antioksidan di dalam teh hijau dan kadarnya pun terbilang cukup tinggi dibanding sumber makanan dan minuman alami lainnya.

Membuat banyak pakar melakukan penelitian lebih dalam mengenai teh hijau ini.

Semakin kesini semakin diketahui manfaat lebih yang ditawarkan oleh teh hijau, sehingga tidak hanya direkomendasikan untuk menemani diet.

Akan tetapi juga dianjurkan untuk dikonsumsi rutin sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, sebab teh hijau sendiri diketahui bagus untuk mengatasi masalah nafas tak sedap.

Melalui Klik Dokter, drg Diego Dimas MM dalam tulisannya mengungkapkan mengenai hasil penelitian terbaru berkaitan teh hijau dan manfaatnya untuk bau mulut.

Penelitian yang dijelaskan oleh drg Diego menyebutkan jika di dalam teh hijau terkandung senyawa polifenol.

Polifenol selama ini diketahui baik untuk mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan mengatasi masalah radang pada gigi maupun gusi.

Salah satu jenis polifenol yang terkandung di dalam teh hijau adalah EGCG (Epigallochatecin gallate). EGCG ini memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antivirus, dan antimutagenik.

EGCG berperan penting untuk menghambat pembentukan biofilm bakteri pada mulut. Sehingga bisa mencegah terbentuknya plak yang merusak gigi sekaligus menimbulkan bau nafas tak sedap.

Rutin meminum seduhan teh hijau, paling tidak secangkir sehari bisa membantu melindungi gigi dari plak.

Tak hanya menjadikan gigi tetap putih bersih namun juga menurunkan sekaligus mengatasi masalah bau mulut.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Tak hanya efektif melindungi dan mengatasi masalah plak serta bau mulut, rutin minum teh hijau juga memberi manfata lain bagi kesehatan mulut dan gigi. Berikut detail informasinya:

Mengontrol Pertumbuhan Bakteri di Mulut

Dengan rutin minum teh hijau, maka Anda bisa mengontrol pertumbuhan bakteri di area mulut. Area mulut memang dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang menjadi sarang bakteri tumbuh subur.

Mengingat asupan makanan dan minuman melewati area ini dulu sebelum masuk ke dalam tubuh.

Sela-sela gigi menjadi tempat bagi sisa makanan untuk tertinggal sehingga menciptakan kondisi ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Kandungan katekin di dalam teh hijau, salah satu EGCG tadi bisa membantu mengontrol pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Sebab bisa membantu menurunkan keasaman air liur sehingga bisa membantu menurunkan resiko gigi berlubang.

Bantu Jaga Kesehatan Gusi

EGCG yang memiliki sifat anti radang bisa membantu menjaga kesehatan gusi, karena bisa merangsang kemampuan alami tubuh mengatasi radang pada gusi.

Sehingga Anda bisa meminimalkan resiko mengalami gusi bengkak. Sekaligus bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak, namun imbangi dengan pengobatan medis karena teh hijau tetap bukanlah obat.

Mencegah Kehilangan Gigi

Rutin minum secangkir teh hijau setiap hari bisa menurunkan tingkat keasaman di area mulut.

Sehingga tak hanya bagus untuk meredakan peradangan pada gusi yang membengkak, namun juga mengatasi masalah gigi agar tidak berkelanjutan.

Efek jangka panjangnya adalah menurunkan resiko gigi lepas, sehingga bisa mencegah kehilangan gigi.

Manfaat Teh Hijau untuk Bau Mulut Lebih Segar

Berdasarkan ulasan di atas, maka bisa disimpulkan jika rutin minum teh hijau bisa membantu mengatasi radang gigi dan gigi berlubang.

Sekaligus bisa membantu membuat masalah bau mulut tidak lagi mendekat dan nafas menjadi lebih segar.

Silahkan rutin meminumnya, antara 1-4 cangkir sehari tanpa gula pasir agar kandungan polifenol dan antioksidan lain di dalamnya tidak rusak.

Masalah pada kesehatan mulut bisa dicegah dan diatasi secara alami, salah satunya dengan teh hijau. Teh hijau sendiri bukan hanya bisa dipilih dari produk teh hijau saja namun juga turunannya.

Seperti matcha, oolong, dan bahkan teh putih selama dipanen dari tanaman teh dan tidak mengalami fermentasi.

Kandungan polifenol di dalamnya akan sama tingginya, dan akan terasa manfaatnya jika diminum rutin.

Sebagai rekomendasi untuk mendapatkan teh hijau dan produk lain dari daun teh lainnya bisa memesan di Daun Seduh. Penyedia teh premium yang punya cita rasa lebih enak dan kaya manfaat.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: